hero
(BRIGHTSIDE)

EDITOR : RIKHA INDRIASWARI

12 November 2018, 07:50 WIB

JAKARTA, INDONESIA

Urusan makan memang patut jadi concern, terutama kalau kamu ingin menjaga kebugaran dan kesehatan badan. Enggak heran, banyak tips maupun produk-produk diet sehat berseliweran. Disertai banyak aturan ketat yang wajib diikuti demi tubuh ideal.

Tapi, pernah enggak sih kamu mempertanyakan mitos-mitos soal makanan tersebut? Apa semuanya benar? Nah, coba cek beberapa mitos yang mungkin kamu sering dengar seperti berikut ini. 

1Dilarang minum kopi di malam hari supaya tidur nyenyak

Dilarang minum kopi di malam hari supaya tidur nyenyak. (BRIGHTSIDE)

Efek stimulan kafein sebenarnya tergantung pada individu, yaitu gen CYP1A2 yang bertanggung jawab untuk metabolisme kafein. Kebanyakan orang tergolong kelompok yang memiliki sensitivitas normal pada kafein.

Disarankan jangan minum kopi kurang dari 6 jam sebelum tidur. Orang dengan sensitivitas tinggi mungkin mengalami insomnia bahkan jika mereka minum kopi dari pagi hari.

2Ganti garam meja dengan garam sehat

Ganti garam meja dengan garam sehat. (BRIGHTSIDE)

Kamu mungkin sering dengar saran untuk mengganti garam biasa dengan garam laut, Himalaya, hitam, atau banyak jenis garam lainnya. Tetapi perbedaan antara jenis ini ternyata sangat kecil, mengingat konsumsi garam juga terbatas.

Satu-satunya hal yang berbeda adalah jumlah yodium, dan ternyata garam meja biasa justru lebih banyak menandung yodium. Garam meja diberi tambahan yodium untuk mengatasi kekurangan yodium dan konsekuensinya. Sebab, menurut Organisasi Kesehatan Dunia, sekitar 1/3 orang di dunia kurang mengonsumsi yodium.

3Daging merah dan olahan menyebabkan kanker usus

Daging merah dan olahan menyebabkan kanker usus. (BRIGHTSIDE)

Daging yang dimasak hingga matang belum tergolong daging yang diproses. Istilah ini hanya berlaku untuk produk daging yang disimpan dalam jangka panjang.

Badan Internasional untuk Penelitian Kanker (IARC) memang berasumsi bahwa daging merah diklasifikasikan sebagai Kelompok 2A, karsinogenik pada manusia. Namun, bukti penelitian ini terbatas.

Hanya saja ingat, dokter enggak menyarankan mengonsumsi lebih dari 70 gram daging merah sehari.  Dan lebih baik hindari makan daging olahan.

4Mayones mengandung kolesterol tinggi

Mayones mengandung kolesterol tinggi. (BRIGHTSIDE)

Mayones memang mengandung banyak lemak. Tetapi bukan berarti menggantinya dengan minyak zaitun atau wijen dalam salad itu lebih baik. Masalahnya, mayones memiliki 50-80% lemak, sedangkan minyak memiliki 95-99% lemak.

Sumber kolesterol dalam mayones adalah telur, tetapi mitos bahwa telur memiliki kolesterol yang berbahaya bagi tubuh telah dibantah. Namun hati-hati buat yang alergi telur, sebaiknya hindari mengonsumsi mayones.

5 Kulit ayam buruk buat kesehatan dan jangan dimakan

 Kulit ayam buruk buat kesehatan dan jangan dimakan. (BRIGHTSIDE)

Dikatakan bahwa kulit ayam mengandung banyak lemak dan kolesterol. Tetapi orang-orang biasanya enggak memperhitungkan bahwa lipid kulit ayam terdiri dari asam lemak tak jenuh. Yang justru berguna menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik. Terlebih lagi, kulit ayam adalah sumber kolagen yang memiliki pengaruh besar pada otot, kulit, dan persendianmu.

 

BRIGHTSIDE| COFFEEANDHEALTH| SCIENTIFICAMERICAN

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments