hero

EDITOR : DIAN KENCANA DEWI

7 November 2018, 08:45 WIB

INDONESIA

Kebanyakan orang mengira hanya penderita diabetes yang punya kadar gula tinggi. Padahal, setiap orang bisa saja memiliki kadar gula tinggi dan tidak menyadarinya, hingga akhirnya sudah telanjur merusak organ tubuh. Agar kamu tidak kebablasan, ini tanda-tanda tubuh sudah terlalu banyak mengonsumsi gula!

 

 

1. Selalu merasa lapar

Sering lapar salah satu tanda kadar gula darah tinggi. (BRIGHTSIDE)

Kadar gula darah tinggi menghambat masuknya glukosa ke dalam sel. Akibatnya, tubuh tidak mendapat energi dan terus meminta makan, lagi dan lagi.

2. Mudah lelah

Mudah lelah. (BRIGHTSIDE)

Ketika kadar gula dalam darah tinggi, tubuh tidak bisa menyimpan dan menyerap glukosa dengan baik. Energi yang dipakai jadi tidak efisien dan sel tubuh tidak mendapat bahan bakar yang dibutuhkan. Ini semua memicu rasa lelah terus menerus.

3. Buang air kecil terus-menerus

Hati-hati kalau kamu kebelet pipis terus. (BRIGHTSIDE)

Kadar gula darah tinggi membuat ginjal tidak maksimal menyerap cairan. Akibatnya, tubuh kamu mencoba menyeimbangkan konsentrasi glukosa dalam darah dan sel, melarutkan darah dengan cairan intrasel sampai kadar konsentrasi glukosa normal. Inilah yang menyebabkan kamu sering buang air kecil

4. Mulut kering dan haus berlebihan

Haus berlebihan juga tanda tubuh kebanyakan gula. (BRIGHTSIDE)

Mulut kering dan rasa haus berlebihan menjadi pertanda tubuh kehilangan cairan dalam jumlah besar. Hipotalamus yang berfungsi menilai tingkat dehidrasi dan menyebabkan rasa haus, mengirimkan sinyal ke otak. Tentu saja, kamu tidak bisa menolak untuk minum, namun akan lebih baik jika kamu memilih air atau teh tanpa gula.

5. Berat badan turun

Berat badan turun, cek gula darah kamu. (BRIGHTSIDE)

Dengan tingginya kadar gula darah kamu bisa kehilangan berat badan dalam waktu singkat, meski makanan kamu mengandung banyak kalori. Ada beberapa alasan di balik hal ini, yaitu berat badan turun karena cairan dalam tubuh keluar terlalu banyak. Jumlah glukosa yang terlalu banyak dalam urine membuat tubuh mengeluarkan banyak kalori sebagai cara untuk membuang kelebihan glukosa.

6. Kulit kering

Kulit kering bisa jadi pertanda tubuh kebanyakan gula. (BRIGHTSIDE)

Kenapa kulit jadi kering ketika kadar gula darah tinggi? Karena kamu akan sering buang air kecil, sehingga kulit mulai kering. Lalu sistem saraf yang rusak dapat mengganggu fungsi kelenjar keringat sehingga mempengaruhi keseimbangan kadar air dalam kulit.

7. Sulit konsentrasi

Sulit konsentrasi. (BRIGHTSIDE)

Kadar gula darah yang tinggi menghambat glukosa memasuki sel otak, sehingga otak kamu kesulitan memperoleh energi. Akibatnya kecepatan berpikir dan membuat keputusan juga terpengaruh.

8. Penglihatan berkurang

Mata sering blur? Bisa jadi pertanda tubuh kebanyakan gula. (BRIGHTSIDE)

Penglihatan yang berkurang juga merupakan efek dehidrasi yang disebabkan tingginya kadar gula darah dan berpengaruh ke sel mata.

9. Luka susah sembuh

Luka kamu susah sembuh? Coba cek kadar gula darah. (BRIGHTSIDE)

Hal ini disebabkan adanya kerusakan vaskular akibat tinggi kadar gula darah. Hal ini memicu buruknya sirkulasi darah, terutama pada anggota badan dan nutrisi jaringan tidak mencukupi.

10. Mudah tersinggung

Mood kamu sering memburuk tiba-tiba? Pertanda gula darah di tubuh tinggi. (BRIGHTSIDE)

Menurut penelitian, orang dengan kadar gula darah tinggi cenderung lebih cemas, mudah tersinggung dan depresi. Otak bergantung pada pasukan glukosa yang jumlahnya sama, jika ada lompatan tajam maka akan mempengaruhi fungsinya. Akibatnya suasana hati tiba-tiba memburuk.  Gula juga mempengaruhi penyerapan nutrisi lain yang bertanggung jawab untuk suasana hati: kromium. Mineral ini diperlukan untuk menjaga tingkat gula darah yang stabil karena insulin, yang membersihkan glukosa dari darah, tidak dapat berfungsi dengan baik tanpanya.

BRIGHTSIDE | HEALTH

 

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments