hero
(INSTAGRAM/ sarahnienkeschiffer)

EDITOR : RIKHA INDRIASWARI

7 November 2018, 15:00 WIB

JEPANG

Jepang memang sudah terkenal dengan keunikannya. Banyak hal dan benda-benda enggak biasa yang bisa ditemui para wisatawan di sana. Memberikan kamu pengalaman yang bisa jadi pertama seumur hidup atau hanya akan pernah kamu coba di Negeri Sakura itu saja.

Itulah kenapa Jepang merupakan salah satu destinasi wisata yang spesial. Jadi kalau kamu belum pernah melancong ke sana, enggak ada salah memasukkan Jepang ke dalam wish-listmu. Dijamin, kamu akan bertemu dan mengalami banyak hal aneh, unik, namun sekaligus mengesankan seperti berikut ini.

1Hotel kapsul

Hotel kapsul. (BRIGHTSIDE)

Kamu mungkin sudah tahu, budget untuk menginap di hotel reguler di Jepang sangat mahal. Sementara, enggak semua orang nyaman untuk tinggal di kamar hostel bersama dengan orang-orang yang enggak dikenal. Tenang, ada jalan keluar yaitu hotel kapsul. Hotel yang relatif murah, simple, tetapi masih cukup privat.

2Toko serba 100 yen

Ada jenis toko lain di mana kamu dapat menemukan berbagai macam barang hanya seharga 100 yen atau sekitar Rp13 ribu. Kamu dapat membeli makanan ringan, deterjen, kosmetik, mainan, pakaian, sepatu, suvenir dan banyak hal lainnya.

Kualitasnya terbilang bagus untuk kisaran harganya. Pantas saja, toko ini sangat populer di kalangan mahasiswa asing dan turis dengan anggaran terbatas.

3Ingat pajak saat belanja

Ingat pajak saat belanja. (BRIGHTSIDE)

Ketika membeli sesuatu di Jepang, jangan lupa bahwa harga bisa jadi belum termasuk pajak yang saat ini 8% dan akan naik menjadi 10% di tahun 2019. Jadi, berhati-hatilah untuk menghindari kesalahpahaman saat membayar tagihan di restoran, misalnya.

Kecuali, kamu menghabiskan lebih dari 5.000 yen untuk pembelian. Sehingga pajak dapat ditebus untuk dikembalikan. Tapi bukan berati enggak ada toko yang bebas pajak di Jepang.

4Budaya melepas alas kaki

Hampir mirip dengan di Indonesia, orang Jepang juga selalu membiasakan diri untuk melepas alas kakinya sebelum memasuki tempat tinggal orang lain. Peraturan ini juga kadang berlaku di hotel, kuil, pusat komunitas, sekolah, dan beberapa restoran.

Kalau berkunjung ke suatu tempat untuk pertama kalinya, pastikan melihat apakah ada tanda-tanda yang mengharuskanmu melepas sepatu. Selain itu, di Jepang ada jenis sepatu khusus untuk ke kamar mandi karena dianggap kotor. Atau kadang kamu juga dilarang bertelanjang kaki dan harus mengenakan sepasang kaus kaki.

5Banyak pos polisi

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

What did the child say? #japan #koban

A post shared by Bimo 비모 (@kimbimski) on

Lebih dari 100 tahun yang lalu di Tokyo, dan kemudian di seluruh Jepang, sistem kantor polisi yang diciptakan diberi nama KOBAN. Sejak tahun 1990, kata ini ditulis dalam huruf besar: KOBAN. Tanggung jawab para polisi ini jauh lebih besar daripada hanya sekedar menjaga dan menegakan peraturan saja .

Polisi juga membantu orang mencari tempat-tempat tertentu dan mengangkut orang-orang yang mabuk kembali ke rumah mereka. Mereka juga mengembalikan barang-barang yang hilang karena biasanya orang Jepang enggak suka mengambil apa pun yang bukan milik mereka. Itu sebabnya banyak orang membawa apa pun yang mereka temukan ke KOBAN terdekat.

6Negeri "Tanpa Masalah"

Sejak zaman kuno, orang-orang di Jepang tinggal di wilayah kecil dan enggak ada cukup ruang untuk semua orang. Jadi, mereka terbiasa hidup dengan enggak menimbulkan masalah bagi orang lain.

Makanya, di Jepang ada banyak aturan, seperti mereka dilarang berbicara di telepon dengan keras di tempat umum. Dan di mal, kamu akan melihat tanda-tanda yang memperingatkan orang-orang agar enggak berbaring di sofa untuk waktu yang lama.

 

BRIGHTSIDE| TAX-FREESHOP| PASSPORT CHOP

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments