hero
(GQ)

EDITOR : RIKHA INDRIASWARI

6 November 2018, 07:50 WIB

JAKARTA, INDONESIA

Banyak orang sering mengabaikan permasalahan kesehatan mulut. Enggak jarang, orang baru mulai khawatir saat menyadari produksi air liurnya sangat sedikit, sehingga menyebabkan mulut kering.

Istilah medis untuk kondisi ini dikenal dengan sebutan xerostomia. Biasanya merupakan efek samping dari penggunaan jenis obat tertentu atau konsekuensi dari kondisi gigi.

Jangan abaikan keadaan ini lho. Karena air liur berguna membersihkan mulut dari makanan dan bakteri. Serta berperan penting dalam proses pencernaan. Nah, untuk mencegah kondisi mulut kering, perhatikan kebiasaan-kebiasaan berikut ini.

1Minum banyak air

Minum banyak air. (GLORIOUSA)

Dehidrasi adalah penyebab umum mulut kering. Dokter menyarankan minum sebanyak 8 gelas air per hari atau sekitar 2 liter.

2Hindari minuman berkafein

Hindari minuman berkafein. (THE INDEPENDENT)

Sadar enggak sih bahwa setelah minum kopi, kamu biasanya merasa lebih haus sepanjang hari? Hindari minuman berkafein, karena kafein adalah diuretik yang menyebabkan tubuh kehilangan cairan. Kopi dan teh bisa membuat masalah mulut kering lebih buruk.

3Makan makanan asam

Makan makanan asam. (BRIGHTSIDE)

Makanan asam menstimulasi kelenjar ludah, misalnya dengan meminum perasan lemon yang dicampur segelas air. Tapi hati-hati dengan ini, karena asam dari lemon bisa membahayakan enamel pada gigimu.

5Mengisap permen tanpa gula

Mengisap permen tanpa gula. (CONFECTIONERYNEWS)

Mengisap permen tanpa gula bisa membantu mengatasi mulut kering untuk jangka pendek. Ini selalu lebih baik daripada permen manis biasa yang bisa menyebabkan gigi berlubang.

6Pakai pelembab bibir

Pakai pelembab bibir. (STYLE CASTER)

Gunakan pelembab atau lipstik yang dapat memberi hidrasi untuk bibirmu. Bibir yang kering hanya akan memperburuk kondisi xerostomia.

7Jaga kebersihan mulut

Jaga kebersihan mulut. (ORTHODONTICS LIMITED)

Jaga kebersihan mulutmu dengan menyikat gigi setidaknya dua kali sehari. Dan kunjungi dokter gigi secara teratur.

 

BRIGHTSIDE| KNOW YOUR TEETH

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments