hero

EDITOR : FIRZA ARIFIEN

3 November 2018, 15:00 WIB

AMERIKA SERIKAT

Dalam sebuah cerita, biasanya karakter pahlawan menjadi kegemaran pembaca atau penonton. Sebaliknya, karakter penjahat selalu dibenci dan harus dibasmi. Namun dalam beberapa film, karakter penjahat mampu membuat penonton sulit untuk tidak bersimpati dan justru membela tindakan jahatnya. 

Beberapa faktor yang menyebabkannya adalah karakter penjahat tersebut memiliki masa lalu yang menyedihkan atau mungkin memiliki tujuan baik dibalik tindakan jahatnya. Film-film berikut ini menyajikan karakter penjahat yang mampu membuat penonton jatuh hati.

1. 'Point Break' (1991).

Film 'Point Break' (1991). (LOOPER)

Tidak ada perampok bank yang lebih dicintai penonton selain karakter Bodhi (Jesse James) dari film 'Point Break' (1991). Pemimpin geng penjahat 'Ex-Presidents' ini merampok bank untuk melawan sistem masyarakat yang dianggapnya membunuh jiwa manusia.

Bodhi dan anggota gengnya merampok sambil menggunakan topeng para mantan Presiden Amerika Serikat, yaitu Ronald Reagan, Richard Nixon, Lyndon B. Johnson, dan Jimmy Carter. Uang hasil rampokannya itu pun digunakannya hanya untuk berselancar. Meski seorang penjahat, Bodhi mampu membuat penonton sangat bersimpati padanya.

2. 'The Usual Suspects' (1995).

Film 'The Usual Suspects' (1995). (LOOPER)

Film bergenre thriller ini mampu menipu penonton untuk jatuh hati pada karakter penjahatnya, yaitu Verbal Kint (Kevin Spacey). Verbal merupakan penipu ulung yang pandai berbicara dan mampu menciptakan cerita di segala situasi.

Penonton akan kasihan padanya karena Verbal mengidap cerebral palsy, yaitu cedera otak yang menyebabkan gangguan gerakan tubuh. Ia pun mencoba bertahan hidup. Dalam film, Verbal telah dikhianati, dicaci maki, dan melewati banyak kesulitan. Namun di akhir film, ternyata semua itu hanya kebohongan, termasuk penyakit yang dideritanya. Verbal sebenarnya memiliki nama Keyser Soze.

3. 'Fight Club' (1999).

Film 'Fight Club' (1999). (LOOPER)

Karakter Tyler Durden (Brad Pitt) dalam film 'Fight Club' merupakan penjahat yang sangat karismatik. Dengan seringai lebar, gaya flamboyan, serta kesan macho dari setiap kata-kata dan tindakannya, Tyler mampu membuat penonton jatuh cinta.

Dalam film, Tyler mampu mengumpulkan pengikut serta membuat fight club, di mana pria-pria muda bisa bertarung satu sama lain. Tyler dianggap psikopat paling persuasif dan telah menginspirasi orang-orang di dunia nyata untuk membuat fight club mereka sendiri.

4. 'Collateral' (2004).

Film 'Collateral' (2004). (LOOPER)

Dalam film 'Collateral', karaker penjahat bernama Vincent (Tom Cruise) merupakan seorang pembunuh bayaran. Vincent memiliki rambut berwarna silver dan kerap memakai setelan warna abu-abu, yang membuatnya mampu memikat siapa pun yang ditemuinya.

Ia juga memaksa seorang sopir taksi bernama Max (Jamie Foxx) untuk mengantarnya kemana pun. Meski begitu, Vincent selalu memberi nasihat pada Max dan mendorongnya untuk melawan bosnya yang menyebalkan. Hal tersebut membuat karakter Vincent disukai penonton.

5. 'Black Panther' (2018).

Film 'Black Panther' (2018). (LOOPER)

Marvel Studios telah menyajikan banyak penjahat yang menarik perhatian penonton dalam film-filmnya. Seperti Loki, Thanos, Vulture, dan Zemo. Namun yang paling menarik simpati adalah Erik Killmonger (Michael B. Jordan) dalam film 'Black Panther'.

Erik merupakan sosok villain yang tidak bekerja untuk kepentingan pribadi. Erik berusaha memperjuangkan hidup masyarakat golongannya dan menyuarakan kebebasan. Kisah hidupnya pun cukup tragis, ayahnya terbunuh dan dirinya harus berjuang sendiri sejak kecil. Hal ini membuat banyak penonton menganggap tindakan Erik adalah benar.

LOOPER | MOVIE WEB

3

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments