hero
(Conde Nast Traveler)

EDITOR : YAYAN SUPRIYANTO

2 November 2018, 06:05 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Keren, punya gaji yang tinggi, dan bisa jalan-jalan kemana saja. Mungkin itu yang akan terpikirkan dibenak kamu saat melihat seorang pramugari. Meski memiliki pekerjaan yang terkesan menyenangkan, ternyata menjadi seorang pramugari bukan jadi pekerjaan yang mudah.

Selain memiliki resiko yang tinggi, pekerjaan sebagai pramugari memiliki banyak sekali tanggung jawabnya. Penasaran apa saja fakta-fakta tentang pramugari? Simak ulasannya yang telah NET.Z rangkum berikut ini!

1. Punya jam kerja lebih lama.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Kerja terus, sampe gak ada waktu buat PDKT ????????

A post shared by حقث فتر (@heksaputrie14) on

Kalau biasanya pegawai kantoran hanya bekerja selama 9 jam setiap harinya, berbeda dengan pramugari yang harus bekerja sampai 16 jam setiap hari. Dan menjadi seorang pramugari tidak mengenal libur pada tanggal merah seperti saat lebaran dan tahun baru loh.

Untungnya, gaji pramugari dihitung dari jam terbangnya. Sehingga bisa jadi semakin lama seorang pramugari bekerja, maka gaji yang ia dapatkan juga semakin banyak.

2. Pekerjaan yang menguras tenaga.

Bekerja sebagai pramugari memang sangat mengandalkan kondisi fisik. Soalnya, mereka harus sering berdiri menggunakan sepatu hak dan memastikan para penumpang sudah berada di posisi yang aman dan nyaman. Selain itu, enggak jarang mereka harus membantu penumpang saat mengangkat barang bawaan ke kabin pesawat.

 

3. Harus tampil sempurna.

Meskipun terlihat selalu cantik dan sempurna, seorang pramugari aslinya hanya manusia biasa yang bisa merasakan lelah saat bertugas. Sayangnya, mereka enggak bisa menunjukan rasa lelah mereka di depan penumpang dan harus selalu tampil sempurna. Makanya enggak heran banyak pramugari yang sering berlibur untuk menghilangkan stres yang dialaminya selama bekerja.

4. Harus selalu menuruti permintaan penumpang.

Tugas utama seorang pramugari adalah untuk membuat penumpang pesawat merasa nyaman selama penerbangan. Dan itu membuat mereka harus melayani semua permintaan penumpang selama berada di penerbangan.

Enggak heran banyak sekali pramugari yang rela mengangkat tas bawaan penumpang ke atas kabin meski tas tersebut berat.

5. Harus menutupi rasa takut.

Saat pesawat berada di kondisi darurat, tugas utama seorang pramugari adalah menenangkan menyelamatkan penumpang. Para pramugari diwajibkan untuk mementingkan nyawa penumpang terlebih dahulu baru dirinya sendiri. Padahal,  pramugari juga cuma manusia biasa yang takut akan turbulensi apalagi kecelakaan pesawat.

 

6. Lebih merasa kesal saat terjadi delay.

Saat pesawat mengalami delay, banyak penumpang yang menumpahkan kekesalannya pada awak kabin. Padahal setiap penerbangan delay, awak pesawat yang lebih banyak dirugikan. Karena tunjangan para awak kabin baru akan keluar jika mereka sampai di tempat tujuan akhir.

 

 

7. Punya jam makan yang tidak teratur.

Salah satu tugas pramugari saat sedang terbang adalah menyajikan makanan bagi para penumpang. Meski begitu, para pramugari ini tidak bisa makan dengan teratur karena harus mengutamakan penumpang terlebih dahulu. Biasanya mereka hanya makan saat para penumpang sudah selesai dilayani atau sesaat sebelum boarding.

WANDERWISDOM

2

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments