hero
Film 'Halloween (2018)'. (IMDB)

EDITOR : FIRZA ARIFIEN

30 Oktober 2018, 07:00 WIB

AMERIKA SERIKAT

Kisah pembunuh berantai bernama Michael Myers dalam franchise 'Halloween' memang sudah menjadi ikon horor legendaris. Kisahnya pun sudah berkali kali di-remake dan dibuatkan sekuel. Bahkan terdapat versi komik, novel, dan video game dari pembunuhan di malam Halloween ini.

Sejak pertama kali rilis pada 1978, 'Halloween' telah mendapat banyak penggemar setia yang selalu mengikuti alur kisahnya, hingga versi terbaru yang sedang tayang di biskop. Namun, ada beberapa detil yang mungkin penonton bahkan para penggemar lewatkan dalam berbagai versi franchise 'Halloween', seperti 5 hal berikut ini.

1. Pohon Palem Menghilang.

Pohon Palem Menghilang. (LOOPER)

Sejak pertama kali merilis film original-nya yaitu 'Halloween' (1978), film ini memiliki set lokasi di kota fiksi Haddonfield, Illinois. Kota ini digambarkan bernuansa tenang dan indah khas kota kecil di Amerika.

Namun, proses syuting ini berlangsung di South Pasadena dan Hollywood, California. Sutradara John Carpenter dan krunya harus memilah latar belakang set agar pohon Palem yang ikonik di California tidak terlihat. Namun tetap saja, pohon tersebut beberapa kali masih terlihat di dalam adegan film.

2. Nasib Tragis Kekasih Laurie Strode.

Nasib Tragis Kekasih Laurie Strode. (LOOPER)

Dalam 'Halloween II' (1981), karakter Dr. Loomis (Donald Pleasence) melihat seorang pria sedang berjalan mengenakan topeng yang mirip dengan Michael Myers (Nick Castle) di malam Halloween. Loomis yang panik kemudian menodongkan pistol pada orang tersebut. Sebuah mobil polisi pun tiba-tiba datang menabrak sosok bertopeng itu dan membuatnya terbakar hidup-hidup. 

Pada credit, karakter tersebut diketahui bernama Bennett Tramer. Nama Ben Tramer sebelumnya disinggung sebagai orang yang disukai sang karakter utama, yaitu Laurie Strode (Jamie Lee Curtis). Karakter Annie (Nancy Kyes) pun berusaha membuat Laurie pergi ke pesta dansa dengan Ben. Namun, kemudian Annie mengatakan Ben sudah meninggal saat pergi minum di malam Halloween.

3. Suara Laurie Strode.

Suara Laurie Strode. (LOOPER)

Film 'Halloween III: Season of the Witch' (1982) mengusung tema yang berbeda dengan dua film pendahulunya. Film ini tidak menampilkan karakter Michael Myers, Dr. Loomis, dan Laurie Strode. Namun, lebih menyajikan kisah topeng Halloween pembunuh dan ritual kuno.

Meski tidak menampilkan wujudnya, ternyata aktris Jamie Lee Curtis sang pemeran Laurie tetap terlibat dalam produksi film ini. Ia menjadi penyiar radio jam malam dan operator telepon.

4. Nomor Kamar yang Familiar.

Nomor Kamar yang Familiar. (LOOPER)

Dalam film 'Halloween: The Curse of Michael Myers' (1995), Karakter Kara Strode (Marianne Hagan) diculik oleh Cult of Thorn dan dibawa ke Smith's Grove sanitarium, yaitu tempat Michael Myers pernah ditahan. Karakter Tommy Doyle (Paul Rudd) pun mencoba menyelamatkan Kara dengan mendobrak pintu dari ruangan tempat Kara ditahan. 

Pintu itu terlihat memiliki nomor 237. Bukan sembarang angka, ruang 237 sebelumnya terkenal di film seri horor legendaris 'The Shining' (1980), yang diangkat dari novel karangan Stephen King dengan judul yang sama.

5. Boneka Raggedy Ann.

Boneka Raggedy Ann. (LOOPER)

Film 'Halloween: Resurrection' (2002) dianggap sebagai sebagai film terburuk sepanjang franchise Halloween. Di film tersebut, karakter Laurie dirawat di lembaga rehabilitasi mental setelah kejadian dalam film 'Halloween H20: 20 Years Later' (1998).

Laurie sebenarnya hanya berpura-pura sakit sambil menunggu Michael kembali menemukannya. Saat Michael mendatanginya, terlihat sebuah boneka Raggedy Ann berada di ruangan Laurie. Boneka itu ternyata boneka yang sama dalam kamar tidur masa kecil Laurie.

LOOPER | MOVIE WEB

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments