hero
Joaquin Phoenix dalam film 'Joker' (2019). (COMIC BOOK)

EDITOR : FIRZA ARIFIEN

27 Oktober 2018, 06:15 WIB

AMERIKA SERIKAT

Joaquin Phoenix dikenal sebagai aktor berbakat dan cerdas lantaran sering melakukan metode unik supaya bisa mendalami perannya dalam film. Aktor kelahiran Puerto Rico ini bahkan menolak berhenti memerankan karakternya selama proses produksi film berlangsung, baik di depan maupun di belakang kamera. 

Enggak sia-sia, kinerja maksimalnya tersebut akhirnya membuat Joaquin masuk nominasi hingga memenangkan piala penghargaan bergengsi. Berikut beberapa hal nekat yang pernah dilakukan Joaquin untuk perannya dalam film.

1. Menciptakan Hoax.

Joaquin Phoenix. (LOOPER)

Dalam proses pembuatan film 'I'm Still Here' (2010), Joaquin pura-pura mundur dari industri film hingga menjadi sinting  dan menjadi rapper. Hal itu dipercaya masyarakat selama 18 bulan. Demi mendalami perannya, Joaquin menaikkan berat badannya, memanjangkan rambut dan janggut, berkelahi dengan penonton, bahkan menjawab pertanyaan talk show dengan jawaban asal-asalan.

Film ini tercipta dari dari percakapan Joaquin dengan sutradara Casey Affleck mengenai bagaimana tidak ada orang yang bisa memalingkan perhatian dari seleb yang sedang mengalami kehancuran. Affleck pun merekam setiap momen saat Joaquin terpengaruh obat-obatan, untuk menunjukkan pada masyarakat efek korosif dari menjadi selebriti. Setelah 18 bulan berlalu, Joaquin dan Affleck meminta maaf kepada semua pihak dan mengakui hoax yang mereka ciptakan.

2. Menjadi Pemadam Kebakaran.

Joaquin Phoenix. (LOOPER)

Agar bisa berperan sebagai pemadam kebakaran bernama Jack Morrison dalam film 'Ladder 49' (2004), Joaquin mendaftar di Akademi Pemadam Kebakaran sungguhan di Baltimore, Amerika Serikat. Di sana Joaquin berlatih fisik dan ikut memadamkan kebakaran bersama 10 orang timnya. 

Disutradarai Jay Russell, film ini pun mendapatkan respons positif dari komunitas pemadam kebakaran. "Para petugas pemadam kebakaran melihat film ini sebagai penggambaran akurat mengenai hidup mereka dan memang itu yang kami harapkan," kata Joaquin. 

3. Membuat Dirinya Kelaparan.

Joaquin Phoenix. (LOOPER)

Berperan sebagai sosok Yesus di film 'Mary Magdalene' (2018), Joaquin hanya mengonsumsi 300 kalori per hari agar tampak benar-benar kurus. Aktor 43 tahun ini pun menumbuhkan rambut dan janggutnya hingga panjang dan lebat. 

"Bekerja bersama Joaquin seperti bekerja dengan binatang liar cantik, di mana kau harus memberinya ruang untuk bebas, agar kinerjanya dapat mengembara dengan bebas, liar, dan benar benar alami. Tidak ada lagi orang dalam pikiranku yang mampu memerankan Yesus selain dia," ungkap sutradara Garth Davis.

4. Belajar Menjadi Lumpuh.

Joaquin Phoenix. (LOOPER)

Dalam film 'Don't Worry, He Won't Get Far on Foot' (2018) garapan sutradara Gus Van Sant, Joaquin memerankan sosok mendiang John Callahan, seorang kartunis asal Amerika Serikat yang lumpuh akibat kecelakaan mobil. Joaquin pun mempelajari kemampuan fisiknya Callahan, selera humornya, hingga tingkah lakunya dari segala dokumentasi mengenai sang kartunis.

Joaquin juga datang ke rumah sakit rehabilitasi Rancho Los Amigos, tempat Callahan dirawat pasca kecelakaan. Di sana Joaquin menghabiskan waktu berbulan-bulan untuk mempelajari gerakan tubuh Callahan yang terbatas, hingga mewawancarai perawat dan pasien bagaimana rasanya tiba-tiba menjadi lumpuh.

5. Mengunci Rahangnya Agar Tertutup.

Joaquin Phoenix. (LOOPER) 

Dalam film 'The Master'(2012), Joaquin memerankan Freddy Quell, seorang veteran Perang Dunia II yang dipengaruhi seorang pimpinan sekte. Menurut sutradara Paul Thomas Anderson, Joaquin terus berada dalam karakternya selama proses syuting dan benar-benar menyakiti dirinya sendiri dalam beberapa adegan.

Joaquin bahkan sengaja ke dokter gigi untuk memasang braket dan karet di giginya agar rahangnya terus tertutup. Saking mendalami perannya, dalam sebuah adegan, Joaquin Phoenix bahkan nyaris menghancurkan sebuah toilet di set.

LOOPER | MOVIE WEB

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments