hero
(THE JAPAN TIMES)

EDITOR : RIKHA INDRIASWARI

15 Oktober 2018, 07:50 WIB

JAKARTA, INDONESIA

Tahukah kamu kalau perempuan Jepang telah memegang rekor dunia untuk umur panjang selama lebih dari 25 tahun? Mereka memukau dunia dengan bentuk fisik ideal seiring dengan pertambahan usia. Enggak heran, olahraga dan makan sehat jadi salah satu rahasia di balik budaya hidup masyarakat Jepang.

Katsuzo Nishi adalah salah satu orang yang memperkenalkan metode olahraga efektif bagi perempuan Jepang. Katsuzo pernah didiagnosis dengan penyakit mematikan saat berusi 20 tahun. Namun ia enggak menyerah dan malah mengembangkan sistem kesehatannya sendiri dan hidup sampai usia 75 tahun. Seperti apa metodenya? 

1Reed in the wind

Reed in the wind. (BRIGHTSIDE)

Latihan ini membantu meningkatkan aliran darah ke kaki dan mencegah kaki sakit dan kelelahan. Cara yang bisa kamu lakukan yakni dengan berbaring telungkup di atas permukaan keras. Lalu tekuk lutut dengan rileks dan bayangkan kakimu diayunkan oleh angin.

Lambaikan kaki yang rileks sambil mencoba meraih bokong dengan tumitmu. Ini mungkin sulit di awal, tapi teruslah berusaha. Lakukan latihan ini setiap hari dan kamu akan melihat hasilnya.

2A leaf

A leaf. (BRIGHTSIDE)

Latihan ini membantu memperbaiki postur dan sirkulasi serebral. Yang harus kamu lakukan adalah berbaring telentang di atas permukaan keras. Rileks, lalu bayangkan tubuhmu kosong dan ringan. Kemuidan tekuk lutut.

 Jangan angkat kakimu. Untuk melakukannya, perlahan tarik kaki ke bokong sedekat mungkin. Perlahan angkat kepala dan coba untuk mencapai lutut dengan telapak tangan. Jangan mengangkat tulang punggungmu.

Setelah mencapai lutut dengan telapak tangan, angkat kepala ke atas dan pastikan tulang belakang dalam posisi horizontal. Tahan posisi ini selama yang kamu bisa. Bayangkan energi mengalir melalui kepalamu. Setelah itu, kembalilah ke posisi awal dan rileks.

3A willow branch

A willow branch. (BRIGHTSIDE)

Latihan ini efektif membantu mengurangi nyeri punggung, memperkuat pembuluh darah dan vena. Yang harus kamu lakukan adalah berdiri tegak dan lebarkan kaki namun tetap sejajar.

Berfokuslah pada tubuh dan bayangkan tubuh ringan dan kosong. Kemudian letakkan tangan pinggul, perlahan lekukkan punggung dan tekuk kepala ke belakang.

Pada tingkat maksimal, kendurkan lengan. Perlahan-lahan bergerak ke kiri dan kanan. Saat merasa sedikit lelah, kembalilah ke posisi awal dengan tangan di atas pinggul.

4The sky near the river

Latihan ini membantu menghilangkan lemak perut dan bagus buat tulang belakang serta sistem sirkulasi darah. Ini juga membantu mengembangkan imajinasi dan menenangkan pikiranmu.

Berbaring telentang di atas permukaan keras dan rilekskan tubuh. Genggam tangan di belakang kepala.

Perlahan angkat tubuh ke posisi duduk. Tekuk tubuh ke kaki sedalam yang kamu bisa. Pada tingkat maksimum bayangkan kamu berdiri di dekat sungai.

Perlahan kembali ke posisi awal. Ingat perasaan larut dalam sungai. Pandang ke atas dan bayangkan kamu sedang melihat ke langit.

5 A vine

Latihan ini mengurangi nyeri punggung dan kaki. Yang harus kamu lakukan yakni berdiri tegak. Perlahan-lahan pijat pinggang dan bayangkan tubuhmu menjadi fleksibel.

Dengan lembut namun berenergi, membungkuklah dan coba meraih tanah dengan tangan. Kembalilah ke posisi awal dan bungkukkan punggung serendah mungkin. Lalu, perlahan condong ke kiri dan ke kanan. Setelah itu, kembalilah ke posisi awal dan rileks.

6Bowstring

Bowstring. (BRIGHTSIDE)

Latihan ini efektif mengurangi lemak di paha, meredakan nyeri punggung bawah, membuka pinggul dan memperbaiki pernapasan. Yang harus kamu lakukan yakni mulai posisi dengan berlutut. Lalu, luruskan punggung dan raih pergelangan kaki dengan tangan.

Tahan hingga 5 detik dan kembali ke posisi awal. Ulangi hingga 10 kali tergantung pada usia dan kondisi umum tubuhmu.

 

BRIGHTSIDE| WOMENFITNESS

3

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments