hero

EDITOR : DIAN KENCANA DEWI

15 Oktober 2018, 18:45 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Proyek Mass Rapit Transit atau MRT Jakarta Fase 1 koridor Selatan-Utara telah mencapai lebih dari 96 persen pengerjaan per bulan Oktober 2018 ini. Sejak 9 Agustus hingga Desember mendatang, System Acceptance Test atau Tes Sistem Integrasi juga sudah dilakukan. Tes pemeriksaan sistem ini dilakukan untuk mengecek dan menguji berfungsinya sistem berbagai instrumen yang dipasang. Mulai dari rel kereta, sistem sinyal hingga listrik di jalur MRT Jakarta. Warga yang kepo juga bisa memantau tahap-tahap penyelesaian MRT Jakarta dari unggahan di akun YouTube mereka.

Proses pengerjaan stasiun MRT Jakarta bisa kamu lihat di akun medsos. 
MRT Jakarta.

Direktur Utama MRT Jakarta, William Syahbandar, optimistis MRT akan mengubah gaya hidup masyarakat, “Saya yakin, sebagai transportasi massal perkotaan yang cepat, aman, nyaman dan moderen, kereta MRT secara langsung maupun tidak langsung, akan mengubah gaya hidup masyarakat Jakarta”.

MRT Jakarta akan diluncurkan perdana Maret 2019. Dan untuk menarik minat warga Jakarta menggunakan moda transportasi ini, pihak MRT Jakarta sudah menyiapkan sejumlah trik!

1. Janjikan Layanan Tepat Waktu dan Bebas Macet

MRT Jakarta diperkirakan menempuh perjalanan dari Lebak Bulus, Jakarta Selatan ke Bundaran HI dalam waktu 30 menit. Ketepatan waktu ini dijamin oleh MRT, dan perhentian di tiap stasiun akan memakan waktu maksimal 1,5 menit. Jalur rel yang dibangun di bawah tanah dan melayang, menjamin MRT bebas dari macet!

2. Terintegrasi dengan Moda Transportasi Lain

Untuk mendorong perubahan gaya hidup tersebut, pihaknya akan menjalin kerja sama dengan BUMD Jakarta lainya, seperti Transjakarta, LRT serta menggandeng Kereta Commuter Indonesia (KCI) untuk mengintegrasikan transportasi antarmoda di Ibukota. Salah satu bentuk kerja samanya adalah Sistem Kawasan Berorentasi Transit (KBT) Dukuh Atas yang saat ini sedang dibangun.

3. Sosialisasi ke Anak Muda

Menyasar ke sejumlah kalangan,  khususnya pekerja dan anak muda yang ada di Jakarta dan sekitarnya, MRT Jakarta juga telah lakukan sosialisasi ke sejumlah sekolah dan universitas., MRT punya program bertajuk “MRT Jakarta Goes to School”. Program ini memberikan pengetahuan dan informasi terkini tentang layanan angkutan umum di ibu kota.

4. Fasilitas Pendukung yang Kekinian

Selayaknya stasiun MRT yang ada di luar negeri,  PT MRT Jakarta juga berencana melengkapi 13 stasiunnya dengan berbagai kelengkapan fasilitas. Seperti pedestrian untuk pejalan kaki, pembangunan bisnis retail yang ada di sekitaran dan di dalam area stasiun, hingga penyediaan WI-Fi gratis.

Salah satu selfie spot di stasiun MRT di Seoul, Korsel.

Nah, bukan enggak mungkin kalau nantinya akan disediakan selfie spot seperti yang ada di Seoul, Korea Selatan. Selfie spot ini bisa menjadi daya tarik wisata selfie dan menarik generasi muda untuk naik transportasi umum. Menurut kamu, gimana?

AULIA KURNIA

 

2

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments