hero
(VIDEO BLOCKS)

EDITOR : RIKHA INDRIASWARI

10 Oktober 2018, 11:15 WIB

JAKARTA, INDONESIA

Memburu bahan makanan di pasar maupun supermarket memang salah satu kegiatan yang menyenangkan, terutama bagi kamu yang hobi berkreasi di dapur.

Namun, enggak dipungkiri, memilih sayur dan buah yang berkualitas dan tepat sering menjadi persoalan tricky yang bikin belanja memakan waktu lama. Belum lagi, kalau harus kecewa karena sayur dan buah yang kamu pilih ternyata kurang bagus untuk diolah.

Nah, daripada terjebak dalam kasus yang sama lagi, coba simak beberapa tips di bawah ini yang spesifik untuk memandumu memilih jenis sayur atau buah tertentu, yang berkualitas.

1Tomat

Tomat. (BRIGHTSIDE)

Tangkai bukanlah indikator kesegaran tomat, tetapi justru menandakan tomat masih belum matang sempurna. Tomat matang akan jatuh dari pohon dengan sendirinya. Jika pohon masih menahan mereka, itu berarti tomat dipotong sebelum matang. Dan dibiarkan matang di dalam kotak. Sementara, tomat yang matang secara alami lebih banyak vitamin dan elemen yang bermanfaat.

2Apel

Apel. (BRIGHTSIDE)

Pilihlah apel berukuran sedang. Apel harus keras dan berat. Jangan beli apel karena mengkilap karena untuk membuat buah terlihat bagus, produsen sering melapisinya dengan lilin atau resin alami.

Saat membeli apel hijau, perhatikan jaring abu-abu di dekat tangkai.  Jika ada, artinya apel sudah matang.

3Timun

Timun. (BRIGHTSIDE)

Pilihlah mentimun yang berwarna hijau cerah. Jika mentimun segar, warna kulitnya harus hijau jenuh, tanpa kilap. Kulit yang terlalu mengkilap menandakan mentimun telah dibuahi oleh nitrat dan dilapisi dengan lilin. Jangan pilih menitmun dengan noda, retakan, dan memar pada permukaannya. 

4Kiwi

Kiwi. (BRIGHTSIDE)

Saat memilih kiwi, letakkan satu buah di antara jempol dan telunjuk lalu remas buah. Buah yang matang akan lembut tetapi elastis. Selain itu, cium aromanya. Kiwi matang memiliki aroma citrus yang tajam. Dan jangan memilih kiwi yang rusak kulitnya.

5Alpukat

Alpukat. (BRIGHTSIDE)

Kulit alpukat matang biasanya jauh lebih gelap. Namun perlu diingat bahwa ada jenis alpukat yang bisa tetap hijau. Kulit alpukat seharusnya sedikit berkerikil, tetapi seharusnya enggak ada penyok yang parah.

Langkah terakhir adalah memeriksa batangnya. Jika area di bawah batang berwarna hijau atau kuning, buah ini layak dibeli. Jika coklat, alpukat sudah terlalu matang. Balik lagi, semua tergantung kamu mau pilih yang mana.

 

BRIGHTSIDE| STEMILT

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments