hero
(PINTEREST)

EDITOR : RIKHA INDRIASWARI

10 Oktober 2018, 15:00 WIB

MEKSIKO

Suku Maya merupakan salah satu suku dengan banyak peninggalan rahasia yang masih tersembunyi. Enggak sedikit rahasia itu ada di balik sisa-sisa konstruksi bangunan megah.

Setiap tahun, arkeolog dan peneliti berupaya membongkar rahasia-rahasia Suku Maya dengan menggunakan teknologi paling canggih. Baik di balik dinding kompleks kuil, atau di kedalaman cenote dan gua suci.

Berikut beberapa lokasi yang mengungkapkan peradaban Suku Maya dan rahasia yang tersembunyi selama berabad-abad di Meksiko. Yang mungkin enggak pernah diketahui para turis sebelumnya.

1Kuil Kukulkan, Chichen Itza

Kuil Kukulkan, Chichen Itza, Meksiko. (BRIGHTSIDE)

Kuil Kukulkan memiliki 9 platform dan 4 tangga dengan total 365 langkah, yang sama dengan jumlah hari dalam setahun. Konon, pada titik balik musim semi setelah jam 5 sore, seseorang dapat melihat bayangan ular merangkak di pagar batu piramida.

Kuil Kukulkan, Chichen Itza, Meksiko. (BRIGHTSIDE)

Pada bulan Maret, bayangan ular bergerak ke atas, sedangkan bulan September bergerak ke bawah. Ilusi berlangsung selama hampir 3 jam dan menarik ribuan turis yang datang ke sini untuk melihat momentum yang unik ini.

Kuil Kukulkan, Chichen Itza, Meksiko. (BRIGHTSIDE)

Baru-baru ini, para peneliti menggunakan eksplorasi magnetosfer tanah dan menemukan sebuah danau bawah tanah 65 kaki di bawah piramida Kukulkan. Ini mungkin salah satu Cenote Suci Maya. Sayang, kuil ini tertutup untuk turis dan hanya bisa dilihat dari kejauhan.

Kuil Kukulkan, Chichen Itza, Meksiko. (BRIGHTSIDE)

 

2Cenote Ik Kil

Dalam perjalanan kembali dari Chichen Itza, bus pemandu turis biasanya akan mampir ke salah satu Cenote Suci Suku Maya, Ik Kil. Suku Maya menggunakan cenote ini sebagai tempat untuk ritual pengorbanan.

Cenote Ik Kil, Meksiko. (POPSUGAR AUSTRALIA)

Pada kedalaman 130 kaki, arkeolog menemukan kerangka manusia, tulang, dan perhiasan Maya kuno. Kini, kamu bisa menikmati cenote ini dengan berenang bersama turis lain. 

3Piramida Coba

Kalau kamu melakukan perjalanan ke Piramida Maya Kuno, itu artinya wajib memanjat struktur di sini. Dan jangan lupa mengambil foto yang mengesankan. Salah satunya adalah di Kota Kuno Coba, tepatnya Piramida El Castillo setinggi 135 kaki. Kamu dapat mendaki ke atas dengan 120 langkah yang benar-benar curam.

Piramida Coba, Meksiko. (BRIGHTSIDE)

Kalau berhasil mendaki ke puncak, kamu akan melihat pemandangan indah kota kuno. Dan bahkan bisa melihat ke dalam ruang, di mana Suku Maya biasa membuat ritual pengorbanan.

4Kota Tua Tulum

Kota Tua Tulum adalah satu-satunya kota Maya yang terletak di pantai Laut Karibia. Di tebing setinggi 40 kaki, Semenanjung Yucatan. Tulum dulu disebut Zama, yang berarti ‘Kota Fajar’.

Kota Tua Tulum, Meksiko. (BRIGHTSIDE)

Enggak seperti kota Maya lainnya, Tulum dikelilingi oleh dinding kedap yang melindungi kota. Dari serangan suku nomaden utara.

Kota Tua Tulum, Meksiko. (BRIGHTSIDE)

Selain struktur kuno, pantai pasir putih yang indah dengan air laut yang jernih menarik banyak wisatawan. Cuaca di kota ini juga sangat menyenangkan sepanjang tahunnya.

5Piramida Pesihir Uxmal

Piramida Pesihir Uxmal, Meksiko. (BRIGHTSIDE)

Uxmal adalah Piramida Penyihir setinggi 130 kaki, yang memiliki nama lain Piramida Kurcaci. Enggak hanya satu piramida, tetapi 5 dari piramida yang dibangun di atas satu sama lain selama berabad-abad. Menurut legenda Maya kuno, piramida itu dibangun oleh dewa penyihir bernama Itzamna hanya dalam waktu satu malam. Dia kemudian menjadi dewa lokal Suku Maya.

 

BRIGHTSIDE| FOX NEWS

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments