hero

EDITOR : DIAN KENCANA DEWI

5 Oktober 2018, 18:30 WIB

MEKSIKO

Peradaban manusia sudah dimulai sejak ribuan tahun lalu. Kejayaan peradaban di tiap zaman juga satu persatu terkuak dengan adanya penemuan fosil dan benda-benda arkeologi. Sejarah dan misteri masa lalu bisa terungkap dengan penemuan tersebut.

Buat kamu yang menyukai sejarah dan misteri peradaban dunia, lokasi-lokasi ini bisa jadi referensi petualangan untuk memuaskan rasa ingin tahu kamu!

 

1. Makam Ratu Merah di Meksiko

Makam Ratu Merah ini menyisakan misteri warisan kekuasaan di masa lampau. (BRIGHTSIDE)

Pada tahun 1994, para arkeolog menemukan sebuah ruang pemakaman di Palenque (kota Maya). Mereka menemukan peti mati dengan berisi tengkorak perempuan yang ditutupi bubuk merah. Di sekitar tengkorak, ada mahkota dan ada potongan topeng pemakaman. Studi menunjukkan bahwa Ratu Merah berusia sekitar 60 tahun. Hal ini menarik karena di masa itu, kekuasaan hanya bisa diwariskan oleh laki-laki. Kaum perempuan juga tidak dihormati,  karena itu makam Ratu Merah yang dikuburkan dengan harganya juga sangat langka.

2. Man of La Venta di Meksiko

Misterinya, bagaimana orang di masa lampau membuat patung kepala sebesar ini? (BRIGHTSIDE)

Foto ini menunjukkan arkeolog mempelajari kepala batu Olmec yang besar di La Venta, Meksiko. Total ditemukan 17 kepala, yang menimbulkan banyak pertanyaan. Bagaimana orang-orang pada waktu itu berhasil menciptakan patung-patung besar dan berat seperti itu? Alat apa yang mereka gunakan? Bagaimana mereka mengangkut bahannya? Dan mengapa mereka membutuhkan kepala yang begitu besar? Selain 17 patung kepala yang besar ini, juga ditemukan banyak patung kecil di tempat itu.

3. Mumi-mumi yang ditemukan di San Bernardo, Kolombia

Mumi-mumi ini ditemukan saat kuburan lokal kebanjiran. (BRIGHTSIDE)

Pada tahun 1957, kuburan lokal kebanjiran, dan orang-orang harus memindahkan jenazah dari sana. Para pekerja terkagum-kagum karena beberapa mayat entah bagaimana secara alami dimumikan dalam peti mati mereka. Penduduk setempat mengatakan bahwa alasannya adalah diet khusus yang mengandung buah chayote. Tetapi hal itu tidak menjelaskan mengapa semua pakaian mereka juga tidak rusak. Sejak saat itu semakin banyak turis datang ke kota Kolumbus, San Bernardo setiap tahun, untuk melihat mumi-mumi tersebut.

4. Makam Pomorie di Bulgaria

Tujuan dibangunnya makam ini masih menjadi misteri. (BRIGHTSIDE)

Kuburan kubah ini terletak di wilayah Necropole Anhialo dari masa pemerintahan Romawi. Makam itu memadukan tradisi Thrakia dan Romawi. Beberapa peneliti berpikir bahwa makam itu dianggap sebagai monumen untuk menghormati pahlawan saat itu. Studi berlanjut hingga hari ini karena para ilmuwan ingin mengetahui tujuan sebenarnya dari bangunan ini.

BRIGHTSIDE 

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments