hero

EDITOR : DIAN KENCANA DEWI

12 September 2018, 08:45 WIB

INDONESIA

Awet muda! Ini dia salah satu dambaan semua orang di seluruh dunia. Berbagai cara dilakukan agar keinginan awet muda tercapai. Namun yang perlu diingat, untuk terlihat awet muda kamu harus menjaga kadar kolagen di kulit. Kolagen adalah strukur utama dalam protein, yang menhubungkan jaringan dalam tubuh manusia. Kolagen bertanggung jawab untuk elastisitas kulit. Jadi kalau kadarnya berkurang, maka akan timbul keriput di kulit.

Apa yang bisa dilakukan untuk mencegah berkurangnya kolagen di kulit? Jaga pola makan kamu dengan mengonsumsi makanan yang kaya kolagen. Kolagen biasanya tercukupi dari hasil produksi tubuh hingga usia kamu mencapai 25 tahun. Lalu produksinya perlahanmenurun. Karena itulah, jaga kadar kolagen dengan mengonsumsi makanan berikut.

 

1. Kaldu Daging dan Ikan Salmon

Konsumsi kaldu tiap hari. 

Kaldu yang didapat dari rebutan tulang adalah salah satu pilihan terbaik untuk menstimulasi produksi kolagen. Kombinasikan kaldu sapi dan kaldu ayam bergantian, karena masing-masing punya fungsi yang berbeda. Minumlah kaldu setiap hari.

Salmon bisa dikonsumsi 2 kali seminggu.

Untuk ikan, salmon jadi pilihan karena kaya omega 3 dan zat besi  yang bisa menstimulasi produksi kolagen. Konsumsilah ikan salmon 2 kali seminggu.

2. Telur

Kuning telur kaya kolagen, loh. 

Sama seperti kaldu, telur juga sudah mengandung kolagen, terutama di bagian kuningnya. Selain itu, kandungan sulgur di dalam telur juga memicu produksi kolagen dan bermanfaat mendetoks hati. Ini artinya, racun-racun yang bisa menghancurkan kolagen dibasmi dari tubuh. Disarankan konsumsi telur maksimal 2 butir perhari.

3. Sayuran Hijau

Klorofil baik untuk kesehatan kulit.

Kandungan klorofil di dalam sayiran hijau memicu peningkatan produksi pro-kolagen di kulit. Selain itu, klorofil juga melindungi kulit dari radiasi sinar ultraviolet yang bisa merusak keremajaan kulit. Disarankan untuk mengonsumsi 2-3 mangkuk sayuran hijau perhari.

4. Sitrus

Vitamin C juga baik untuk menjaga kadar kolagen kulit.

Sitrus adalah buah-buahan yang mengandung banyak vitamin C. Vitamin C membantu asam amino memproduksi proline. Proline diperlukan untuk memproduksi kolagen. Vitamin C juga membantu tubuh membuang racun yang didapat dari lingkungan sekitar. Konsumsilah 2 jenis buah setiap hari.

5. Alpukat

Konsumsi alpukat setengah buah setiap hari.

Alpukat mengandung banyak vitamin E yang ampuh menjaga kadar kolagen dalam tubuh. Direkomendasikan untuk mengonsumsi setengah buah alpukat perhari untuk menjaga kulit yang awet muda.

6. Tomat

Likopen di dalam tomat baik untuk menjaga kulit. 

Kandungan likopen di tomat melindungi kulit dari radiasi ultraviolet. Likopen juga menstimulasi produksi kolagen dalam kulit. Agar mendapat manfaat maksimal, disarankan mengonsumsi sedikitnya satu gelas jus tomat perhari.

Nah, itu sebagian makanan yang bisa kamu konsumsi untuk menjaga kulit awet muda. Semuanya mudah ditemukan di sekitar kamu, kan? Selain pola makan, kamu juga harus memperhatikan hal-hal lain, seperti polusi udara, rokok dan gula tambahan. Hal-hal ini juga enggak baik untuk kesehatan kulit kamu.

BRIGHT SIDE | HEALTH

2

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments