hero
Bumi. (SCIENCE ABC)

EDITOR : FIRZA ARIFIEN

7 September 2018, 10:15 WIB

AMERIKA SERIKAT

Tanpa oksigen tidak ada makhluk di bumi yang mampu bertahan hidup. Tapi, bagaimana jika oksigen menghilang dari bumi selama 5 detik? 

Mungkin kamu terpikir untuk menahan napasmu seperti saat renang. Tapi, ternyata banyak bencana yang bisa terjadi jika bumi tidak memiliki oksigen hanya dalam 5 detik.

1. Langit saat siang hari menjadi gelap.

Bumi dan oksigen. (ASIAN SCIENTIST)

Permukaan bumi menerima sinar matahari setelah partikel sinar matahari dipantulkan oleh partikel di udara, yang salah satunya adalah molekul oksigen. Jika tidak ada molekul oksigen di bumi, maka semakin sedikit partikel yang dapat memantulkan sinar matahari. Hal ini membuat langit akan terlihat sangat gelap.

2. Kerak bumi akan hancur.

Bumi dan oksigen. (STEEMIT)

Permukaan bumi akan mulai retak dan menjadi abu. Hal ini terjadi karena 45% dari kerak bumi adalah oksigen. Kamu akan jatuh bebas karena tidak akan ada lagi tanah untuk berpijak.

3. Manusia di pantai akan terbakar sinar matahari.

Bumi dan oksigen. (SCIENCE DAILY)

Bumi dilindungi oleh lapisan ozon agar sinar matahari dapat tersaring sebelum masuk dan mencapai permukaan bumi. Ozon mengandung tiga molekul oksigen. Jika oksigen menghilang selama 5 detik, maka manusia dapat terpanggang sinar matahari.

4. Gendang telinga manusia pecah.

Bumi dan oksigen. (IFL SCIENCE)

Gendang telinga kita juga membutuhkan oksigen. Jika oksigen dari bumi menghilang dalam 5 detik, maka tekanan udara di bumi akan menurun sebanyak 20%. Penurunan tekanan udara yang drastis ini bisa membuat gendang telinga rusak dan manusia kehilangan pendengarannya.

5. Lautan dan sumber air lainnya akan menguap ke angkasa.

Bumi dan oksigen. (EARTH)

Air mengandung dua komponen, yaitu oksigen dan hidrogen. Jika oksigen menghilang dari bumi, maka oksigen di dalam air ikut menghilang dan menyisakan hidrogen. Hidrogen sebagai unsur kimia paling ringan dalam tabel periodik akan membuat semua air menguap ke angkasa.

6. Mesin kendaraan tidak dapat bekerja.

Bumi dan oksigen. (EAPS)

Mesin kendaraan membutuhkan oksigen untuk proses pembakaran agar dapat bergerak. Tanpa oksigen, kendaraan akan berhenti. Helikopter dan pesawat juga akan terjatuh dari langit.

7. Bangunan berbahan beton akan runtuh.

Bumi dan oksigen. (ARS TECHNICA)

Bangunan yang berbahan beton membutuhkan oksigen untuk tetap keras. Jika oksigen menghilang, maka semua bangunan, jembatan, dan jalanan yang terbuat dari beton akan hancur.

8. Logam mentah akan melebur menjadi satu.

Bumi dan oksigen. (YOUTUBE)

Selama ini berbagai macam logam di bumi tidak saling menempel karena ada lapisan oksidasi yang menyelimutinya. Jika Oksigen menghilang, logam-logam akan saling menyatu dalam sekejap tanpa berubah ke bentuk cair.

SCIENCE ABC | SLATE

6

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments