hero

EDITOR : DIAN KENCANA DEWI

5 September 2018, 18:30 WIB

JEPANG

Ada rencana untuk jalan-jalan ke Tokyo, Jepang? Buat kamu yang suka mengeksplor tempat nongkrong kekinian, jangan lewatkan banyaknya tempat kece di Tokyo, ya. Ada 10 kafe unik di Jepang yang bisa jadi referensi agar agenda hang out kamu jadi enggak biasa!

 

 

 

 

 

1. Cafe Stay Happy in Shimokitazawa

Kafe ini bisa kamu temukan di kawasan Shibuya. 

Di Cafe Stay Happy, yang terletak di Shimokitazawa dekat Shibuya, kamu bisa cobain apa yang disebut dengan kotatsu. Jepang sering banget mengalami penurunan cuaca mendadak walaupun di musim panas. Jadi, kafe ini tawarkan sensasi ngopi sambil berlindung dalam meja hangat lengkap dengan selimutnya. Item pada menu berfokus pada produk organik yang diperoleh melalui metode tumbuh alami, dengan penggunaan bahan kimia dan bahan beku yang minimal. Pilihan vegan juga tersedia.

2. Momi No Yu Cafe in Ueno

Ngopi sambil berendam kaki, seru banget, ya.
Momi no Yu adalah tempat yang tepat untuk merilekskan kaki lelah kamu ketika berkunjung ke Ueno. Momi no Yu lebih dari sekedar kafe! Kamu bisa menikmati mandi kaki santai (dikenal sebagai ashi-yu) sambil menyeruput secangkir teh hangat. Untuk menggunakan fasilitas rendam kaki ini kamu harus merogoh kocek sebesar ¥ 1080 atau sekitar Rp140 ribu-an. Ini sudah termasuk  secangkir teh herbal yang lezat dan lima menit pijat! Harga yang layak untuk mendapatkan pelayanan ekstra ya.

3. Matsuzaki Senbei Cafe in Ginza

Kopi dan kerupuk beras berusia 200 tahun. 
Matsuzaki Senbei adalah toko senbei (kerupuk beras) yang terkenal karena sudah berdiri sejak 200 tahun lalu. Toko ini pertama kali dibuka pada tahun 1804 dan pindah ke lokasinya saat ini pada tahun 1865. Meskipun sebagian besar toko ini menjual kerupuk beras, mereka ternyata punya kopi khusus. Resepnya hanya menggunakan kacang yang dibeli dari toko khusus kecil yang terletak di dekat pantai Prefektur Kanagawa. Mereka menawarkan kopi dan menu makan siang, dan dengan setiap memesan minuman kamu dapat kerupuk beras gratis. Nikmati kombinasi langka kopi dan senbei tradisional di kafe bersejarah di Ginza ini!

4. Manju Cafe Mugimaru 2 In Kagurazaka

Ngopi seru ditemani roti manis khas Jepang.
Toko ini terkenal dengan manju segar (roti manis) dan pasti patut dikunjungi, bahkan banyak yang datang hanya untuk menikmati snack tradisional Jepang ini. Mereka enggak hanya menawarkan manju tradisional dengan isian anko (pasta kacang merah), tetapi juga manju unik dengan isi keju atau cokelat.
Kamu bisa memesan manju untuk dibawa keluar atau bersantai di kafe yang sangat istimewa ini dengan menikmati manju segar dan minuman.

5. Kosoan in Jiyugaoka

Nuansa Jepang tradisionalnya terasa banget, ya.
Kosoan adalah toko permen tradisional yang terletak di dalam rumah Jepang tua yang otentik. Rumah itu dibangun selama periode Taisho (1912-1926) dan baru-baru ini direnovasi dan sekarang berfungsi sebagai toko permen dan galeri seni. Meskipun bukan kafe tradisional, ini adalah tempat di mana kamu bisa menikmati berbagai manisan dan minuman tradisional buatan tangan Jepang pada abad ke-19.
Rumah tradisional ini juga memiliki taman Jepang yang indah yang mengundang para pelanggan untuk melamun sambil menikmati kesenangan manis mereka.

6. Akarimado in Akasaka

Nikmati wa-caroons, macaroons versi Jepang.
Akarimado adalah kafe kecil yang tenang di Akasaka, terinspirasi oleh suasana nostalgia Periode Taisho (1912–1926). Keistimewaan kafe ini adalah perpaduan gaya kembang gula Timur dan Barat. Mereka menawarkan permen unik seperti Ukishima Dolce, kue bolu bergaya Jepang dengan adonan pasta kacang manis dan dekorasi bergaya Barat, dan wa-caroons (macaroon yang menggunakan bahan-bahan Jepang). The wa-caroons sebenarnya adalah jenis permen yang unik untuk Akarimado. Kamu bisa menikmatinya dalam rasa Jepang seperti anko dan miso putih.
Akarimado juga memiliki ruang upacara minum teh. Namun, kalau kamu ingin menggunakannya, disarankan untuk membuat reservasi terlebih dahulu.

7. Kagurachaka Petit in Asakusa

Aneka pilihan menu yang bisa kamu pilih. 
Kagurachaka Petit adalah Kafe di Asakusa di mana kamu bisa menikmati teh hijau segar, yang kaya akan aroma, rasa, dan warna. Saat makan siang (12: 00-17: 00), kafe menawarkan parfait yang dibuat dengan teh hijau matcha segar. Kamu bisa memilih lima bahan dari daftar 21 item untuk membuat parfait favoritmu. Pada waktu makan malam (18:00 - 22:00), kamu bisa menikmati kelezatan lain yang dibuat dengan teh hijau segar, seperti Matcha Beer, Matcha Cocktails atau Matcha Potato Chips.

8. Cafe Kissa Seikatsu in Higashi-Koenji

Kopi di kafe ini disajikan dalam gelas anggur. 
Di Kissa Seikatsu di lingkungan Suginami, kamu bisa memesan kopi dengan biji kopi pilihan kamu sendiri. Istimewanya adalah, kopi yang disajikan bukan dengan cangkir melainkan dalam gelas anggur. Kopi yang baru digiling dan dituangkan di gelas anggur tampaknya membuat pengalaman yang sangat istimewa.
Musik Jazz yang santai dan suasana yang nyaman menjadikan tempat ini sempurna untuk bersantai. Hal hebat lainnya tentang kafe ini adalah buka sampai jam 12 pagi, jadi kalau kamu enggak berencana untuk tidur, kamu bisa bermalam di kafe ini.

9. Les Grands Arbres In Minami-Azabu

Kafe bernuansa alam di tengah sibuknya Tokyo.
Les Grands Arbres adalah sebuah kafe seperti oase hijau di jantung kota Tokyo. Semua orang yang lewat pasti berhenti di sini untuk mengagumi bunga dan tanaman yang ditanam di kafe yang enggak biasa.  Lantai pertama dan kedua ditempati oleh toko bunga, sementara lantai ketiga dan keempat adalah kafe yang sebenarnya. Kamu bisa menikmati kopi, teh, dan kudapan manis atau hidangan sehat yang dibuat oleh pakar memasak dengan sayuran yang dipetik pagi-pagi.
Bangunan ini juga memiliki rumah pohon sendiri. Kafe ini rekomendasi untuk kamu yang merindukan alam di kota yang sibuk ini.

10. R-za Dokushakan in Koenji

Ngopi samnil baca buku di sini aja.
Kopi dan buku adalah pasangan paling serasi di dunia ini. R-za Dokushokan di Koenji adalah kafe yang tenang dengan gaya yang unik. Dirancang sebagai kafe di mana kamu bisa bersantai dengan buku yang bagus, tetapi jauh lebih dari itu. Dokushokan R-za jauh lebih besar daripada yang terlihat dari luar dan interiornya mengingatkan pada perpustakaan di negeri dongeng.
Di kafe ini, pelanggan diminta untuk tidak berbicara dengan keras, sehingga semua orang dapat benar-benar menikmati waktu tenang. Dan kamu bisa menikmati pengalaman bersantai dengan berbagai minuman seperti kopi dan teh standar serta minuman dari Cina, Korea, dan Mongolia. Luangkan waktu istirahat, tanpa meninggalkan kota besar di R-za Dokushokan.
MATCHA JP | JAPAN TIMES
 

2

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments