hero
Heterochromia, bola mata dengan dua warna berbeda. (SCIENCE ABC)

EDITOR : FIRZA ARIFIEN

4 September 2018, 10:15 WIB

AMERIKA SERIKAT

Di dunia ini, kita bisa menemui seseorang yang memiliki warna bola mata ganda atau warna yang berbeda pada bola mata kiri dan kanan. Seperti karakter James McAvoy di film 'X-Man: First Class', yang jika diperhatikan baik-baik memiliki warna bola mata hijau dan biru. 

Seorang profesor bernama Charles Xavier menjelaskan bahwa seseorang yang memiliki dua warna bola mata berbeda disebut dengan heterochromia. Istilah tersebut berasal dari dua kata, yaitu hetero yang berarti berbeda dan chromia yang berarti warna. 

Sang profesor juga menjelaskan bahwa warna mata seseorang dipengaruhi oleh pigmen melanin di dalam tubuhnya, yang juga berpengaruh terhadap warna kulit dan rambut. Semakin banyak melanin dalam tubuh seseorang, semakin gelap warna matanya. Sedangkan mereka yang memiliki sedikit melanin cenderung memiliki mata berwarna cerah. 

via GIPHY

Heterochromia sendiri terjadi karena distribusi melanin yang tidak merata di mata. Hal ini mungkin saja terjadi secara alami atau karena penyakit tertentu. Seperti, cedera mata, infeksi, dan lainnya. 

Di dunia sains sebelumnya diyakini bahwa warna mata mengikuti pola standar dari warisan dominan resesif. Sekarang telah terbukti bahwa warna mata adalah sifat poligenik, yaitu dipengaruhi oleh beberapa gen. Jika itu tidak terjadi, maka orang tua bermata biru tidak akan pernah bisa melahirkan bayi bermata cokelat karena warna mata biru adalah sifat resesif.

Profesor Charles kemudian mengklasifikasi heterochromia dalam 3 karakteristik yang berbeda. 

1. Heterochromia Penuh.

Alice Eve, selebriti dengan Heterochromia Penuh. (SCIENCE ABC)

Pada tipe ini, kedua mata berbeda warna. Heterochromia lengkap tidak terlalu umum pada manusia, meski masih terjadi. Salah satu public figure yang memiliki jenis ini adalah Alice Eve. 

2. Heterochromia Sektoral.

Henry Cavill, selebriti dengan Heterochromia Sektoral. (SCIENCE ABC)

Dalam heterochromia sektoral ada pencampuran warna parsial. Ini berarti bahwa kedua mata sebagian besar memiliki warna yang sama, tetapi ada tambalan kecil di salah satu atau kedua mata dengan warna yang berbeda. Seperti yang terjadi pada mata aktor Henry Cavill. 

3. Heterochromia Sentral.

Heterochromia Sentral. (SCIENCE ABC)

Dalam heterochromia sentral, iris memiliki 2 warna berbeda yang mengelilingi pupil seperti cincin. Lingkaran luar biasanya adalah warna mata yang sebenarnya. Sedangkan cincin bagian dalam terpancar keluar dari pupil. 

Heterochromia adalah hal yang terjadi karena kekurangan atau kelebihan melanin. Salah satu sisi menariknya, mungkin saja bisa menambah pesona seseorang.

SCIENCE ABC | MASHABLE

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments