hero
(XENOVIDA)

EDITOR : RIKHA INDRIASWARI

21 Agustus 2018, 07:50 WIB

JAKARTA, INDONESIA

Beragam faktor dapat menyebabkan seseorang menjadi sulit tidur atau insomnia. Bisa karena stres kerjaan, ujian, atau sedang galau karena percintaan.

Padahal akibatnya enggak baik bagi kesehatan dan keselamatan jiwa. Mulai dari jantung, tekanan darah tinggi, masalah kejiwaan, hingga kecelakaan. Nah, agar masalah susah tidur ini dapat teratasi, ada baiknya kamu melakukan 7 cara berikut ini.

1Buat jadwal tidur

Buat jadwal tidur. (BRIGHTSIDE)

Studi menunjukkan bahwa orang yang menderita insomnia mencari distraksi saat larut malam dengan mengemil. Sehingga mereka bertambah berat badan.

Cobalah mengatur jadwal tidur yang ketat di mana kamu akan tidur setiap malam, pada waktu yang sama. Dan bangun di pagi hari pada waktu yang sama pula. Ini akan memberimu lebih banyak waktu untuk beristirahat, untuk mengatur suasana hati, dan mencegah dari mengemil di larut malam.

2Minum teh chamomile

Minum teh chamomile. (BRIGHTSIDE)

Teh chamomile adalah resep legendaris untuk mengobati insomnia. Karena efeknya yang menenangkan, dapat menyebabkan sedasi alias membuat kamu merasa mengantuk.

Teh chamomile dianggap sebagai obat penenang ringan. Dan memiliki flavonoid yang disebut apigenin yang menghubungkan reseptor benzodiazepine di otak , yang meningkatkan aktivitas hipnosis,  90 menit setelah teh chamomile diminum dan diserap oleh tubuh.

3Udara kamar sejuk

Udara kamar sejuk. (BRIGHTSIDE)

Tidur dalam suhu yang lebih dingin akan membantumu tertidur jauh lebih mudah. Terutama jika kamu mengalami insomnia karena kegerahan dan berkeringat.

Selama tidur, suhu tubuh menurun. Ruangan yang dingin membantu memudahkan kamu memasuki tahap-tahap tidur. Suhu kamar yang ideal adalah antara 14°C hingga 18°C.

4Pakai penutup mata

Pakai penutup mata. (BRIGHTSIDE)

Tidur dalam kegelapan total membantu produksi hormon alami tubuh manusia yang disebut melatonin. Hormon tersebut diproduksi pada kelenjar pineal tubuh yang terletak di bagian atas dan di tengah otak. Begitu kadar melatonin meningkat, tubuh dan otak menjadi lebih rileks.

5Hindari gadget

Hindari gadget. (BRIGHTSIDE)

Matikan semua gadgetmu sebelum tidur dan jauhkan mereka dari kamar tidur agar kamu tidak tergoda menggunakannya. Menggunakan iPad, smartphone, atau laptop, bahkan menonton televisi sebelum tidur mengganggu produksi alami melatonin. Dan menghalangi metabolisme tubuh sehingga kamu sulit tertidur tepat waktu dan memperburuk insomnia.

6Tambah asupan makanan ini

Tambah asupan makanan ini. (BRIGHTSIDE)

Sebuah penelitian baru-baru menunjukkan bahwa 0,25 gram ayam atau 3 ons kalkun cukup untuk meningkatkan jumlah tidur pada orang yang insomnia.

Selain itu, makanan lain yang kaya akan asam amino triptofan juga dapat membantu tidur dan menurunkan berat badan. Seperti ayam, ikan, kacang-kacangan, dan telur.

7Minyak esensial

Minyak esensial. (BRIGHTSIDE)

Minyak esensial telah dikenal luas untuk relaksasi dan meningkatkan kesehatan mental. Baik mawar dan lemon dianggap ampuh meningkatkan relaksasi psikologis dan fisiologis. Manfaat minyak esensial jeruk adalah relaksasi mental dan pengurangan stres dan kecemasan.

Sementara manfaat dari minyak mawar adalah efek sedatif yang luar biasa pada tubuh. Cara terbaik untuk menggunakannya adalah dengan menambahkan 2 tetes minyak ke diffuser, satu jam tepat sebelum tidur untuk mengaktifkannya.

 

 BRIGHTSIDE|NCBI

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments