hero

EDITOR : DIAN KENCANA DEWI

15 Agustus 2018, 08:45 WIB

INDONESIA

Banyak cara yang dipercaya bisa menurunkan berat badan dengan efektif sekaligus menjaga kesehatan. Makanya, sah-sah aja kalau banyak orang mencoba berbagai cara diet tersebut. Tapi sebaiknya sebelum berdiet, kamu harus tahu dulu apakah cara yang kamu pilih sudah benar. Jangan sampai cara diet yang kamu pilih adalah mirot belaka. Bukannya langsing, nanti kesehatan kamu malah rusak. Nah, berikut ini ada sederet mitos diet yang harus kamu tahu!

 

 

1. Diet Karbohidrat adalah Satu-satunya Cara Efektif Menurunkan Berat Badan

BRIGHTSIDE

Untuk jangka pendek, diet rendah karbo ini memang efektik menurunkan berat badan. Namun, dampak jangka panjangnya kurang baik untuk badan kamu. Karena tubuh kita memerlukan karbohidrat untuk memasok energi yang mendukung segala aktifitas seharian, kekurangan karbohidrat akan mengancam kesehatan. Ingat, diet rendah karbohidrat bukan satu-satunya cara diet efektif, kamu bisa mengimbanginya dengan diet rendah lemak atau rendah protein, misalnya.

2. Makan Malam Bikin gemuk

BRIGHTSIDE

Ini adalah mitos paling populer yang beredar di masyarakat. Mitosnya, mereka enggak bisa makan apa pun setelah jam 6 sore, tapi itu enggak sepenuhnya benar kok. Studi terbaru menunjukkan kamu enggak salah kalau makan malam, tapi sebaiknya perhatikan jumlah kalori yang masuk ke tubuh. Jadi, aturan paling penting adalah membakar lebih banyak kalori daripada mengurangi porsi makan enggak jelas.

3. Makan dengan Porsi Lebih Sedikit

BRIGHTSIDE

Faktanya, kamu enggak harus makan dengan porsi yang lebih sedikit saat diet. Berat badan kamu enggak akan turun kalau kamu masih makan makanan berkalori tinggi, meskipun dengan jumlah sedikit. Makanlah secukupnya dengan memperhitungkan jumlah kalori.

4. Olahraga Harus Lama

BRIGHTSIDE

Ini dia mitos yang juga populer di masyarakat, bahwa kalau mau langsing, harus olahraga berjam-jam. Padahal, bukan lamanya olahraga yang penting, melainkan kualitas latihannya. Percuma aja kamu latihan 4 jam setiap hari, kalau enggak tahu apa yang kamu latih. Biasanya, latihan paling efektif hanya berlangsung 15-30 menit.

5. Jendela Anabolik

BRIGHTSIDE

Jendela anabolik adalah periode 30 menit setelah latihan. Di waktu inilah hasil latihan bisa ditingkatkan jika mengonsumsi nutrisi. Tapi teori ini belum didukung bukti ilmiah. Masih dipertanyakan apa korelasi antara nutrisi yang dikonsumsi setelah latihan lebih efektif dibanding yang dikonsumsi diantara latihan.

6. Lemak Bikin Gemuk

BRIGHTSIDE

Lemak mengandung 9 kalori per gram, sedangkan protein hanya memiliki 4 kalori per gram. Karena itulah kamu harus hati-hati saat mengonsumsi makanan tinggi lemak.  Tapi itu enggak berarti kamu harus menghindari lemak sama sekali. Untuk menurunkan berat badan, hitung saja asupan kalori dan keseimbangan lemak, protein, dan karbohidrat.

7. Semakin Tua Akan Makin Gemuk

BRIGHTSIDE

Tenang saja kamu enggak akan mendapatkan berat badan berlebih saat kamu bertambah umur selama kamu mempertahankan gaya hidup sehat. Kalau kamu aktif bergerak, kamu enggak akan kegemukan. Kunci untuk tetap fit adalah dengan olahraga dan menjaga pola makan.

8. Olahraga Baru Efektif Kalau Otot Terasa Sakit

BRIGHTSIDE

Banyak yang percaya kalau badan kamu pegal-pegal setelah olahraga, itu artinya olahraga kamu efektif. Opini ini sebenarnya salah! Karena, rasa pegal itu terjadi kalau otot kamu enggak pernah dilatih sebelumnya. Intinya, sakit otot bukan patokan kalau olahraga itu berhasil. 

9. Peregangan Sebelum Olahraga

BRIGHTSIDE

Kita selalu diberitahu untuk melakukan peregangan sebelum olahraga, agar tubuh kita siap. Ternyata, urutannya harus sebaliknya. Penelitian mengungkapkan bahwa orang-orang yang melewatkan peregangan mampu squat 8,36% lebih berat selama pelatihan mereka daripada yang biasa melakukan peregangan. Simpan peregangan untuk akhir, ketika otot siap untuk bersantai.

10. Makan dan Minum Semaunya Saat Jendela Makan

BRIGHTSIDE

Kalau kamu menjalankan metode diet dengan cara puasa, maka perhatikan hal ini. Jendela makan bukan berarti kamu bebas makan apapun. Intinya, jangan sampai kamu membuat diri kelaparan dan jangan juga kebanyakan makan junk food. Kamu harus mengonsumsi kalori secukupnya dan makan sesehat mungkin di saat jendela makan.

BRIGHTSIDE | HEALTH

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments