hero
(YOUTUBE)

EDITOR : RIKHA INDRIASWARI

10 Agustus 2018, 07:50 WIB

JAKARTA, INDONESIA

Kalau kamu pernah merasa ada aroma enggak sedap yang keluar dari kaki kamu, mungkin kamu harus lebih merawat kebersihannya ya guys! Sebagai bagian tubuh yang banyak melakukan gerakan, kaki itu perlu perawatan khusus lho.

Jangan biarkan lingkungan sekitar terganggu karena masalah bau kaki. (I IZ CAT)

Tahukah kamu bahwa hiperhidrosis yang merupakan kondisi seseorang mengeluarkan keringat dalam jumlah banyak. Enggak hanya itu,  infeksi ragi dan stres juga merupakan beberapa penyebab munculnya bau enggak sedap di kaki.

Nah, bagi kamu yang merasa punya masalah tersebut, berikut ada solusinya seperti yang dikutip dari laman Brightside, di mana bisa kamu terapkan agar perlahan bau kaki akan sirna. Check this out!

1Potong kuku kaki

Potong kuku kaki. (BRIGHTSIDE)

Sebagian besar bakteri yang menyebabkan bau busuk berkembang biak di bawah kuku dan di area kulit yang tebal. Salah satu caranya mengusir bakteri tersebut adalah membersihkan kaki dengan batu apung. Kemudian selalu perhatikan kebersihan kuku, lebih baik dipotong pendek.

2Keringkan kaki setelah dicuci

Keringkan kaki setelah dicuci. (BRIGHTSIDE)

Ahli bedah kaki dan pergelangan kaki merekomendasikan agar tidak hanya mengusap kaki setelah mandi, melainkan mengeringkannya dengan handuk agar tidak membiarkan kelembaban berubah menjadi penyebab infeksi jamur.

3Siapkan teh untuk kaki

Siapkan teh untuk kaki. (BRIGHTSIDE)

Senyawa tanin yang terkandung dalam daun teh dapat membasmi bakteri dan mengurangi keringat. Kamu bisa melakukannya setiap hari dengan cara masukan 3 sendok makan teh dalam 1 liter air panas. Kemudian tambahkan 2 liter air dingin, dan rendam kaki selama 15 sampai 30 menit.

4Cuka apel

Cuka apel. (BRIGHTSIDE)

Biasa digunakan sebagai penyedap dan pengawet makanan, cuka apel ternyata juga bisa bantu mengurangi bau kaki. Cukup dengan mencampurkan setengah liter cuka apel dengan 200 mili liter air hangat. Kemudian rendam sepotong kasa dalam larutan ini, dan oleskan ke kaki selama 20 menit. Biarkan kulit kaki kamu kering secara alami.

5Cuci kaus kaki bagian luar dan dalam

Cuci kaus kaki bagian luar dan dalam. (BRIGHTSIDE)

Dengan mencuci kaus kaki pada bagian luar dan dalam akan membersihkan sel kulit mati dan bakteri yang menempel. Kaus kaki yang bersih pastinya membuat kaki menjadi sehat.

6Jangan berjalan pakai kaus kaki tanpa alas kaki

Jangan berjalan pakai kaus kaki tanpa alas kaki. (BRIGHTSIDE)

Saat kamu berjalan dalam rumah dengan menggunakan kaus kaki, hal tersebut justru membuat bakteri mengumpul. Karena debu-debu di lantai yang kamu injak,  praktis menempel pada kaus kaki. Kemudian, bakteri tersebut dapat dengan mudah berkembang biak karena suhu yang lembap dalam sepatu.

7Gunakan antiperspirant

Gunakan antiperspirant. (BRIGHTSIDE)

Antiperspirant mengandung bahan kimia yang membantu mengurangi keringat. Aplikasikan di sore hari setelah mandi sampai kulit kaki kamu kering.

8Konsultasikan ke dokter

Konsultasikan ke dokter. (BRIGHTSIDE)

Jika kaki kamu enggak hanya mengeluarkan aroma tak sedap, melainkan mulai gatal dan terkelupas, pergilah ke dokter. Ini mungkin adalah gejala cacing, infeksi, atau mikosis atau penyakit yang disebabkan oleh jamur parasit.

9Basmi kuman di sepatu

Sepatu yang kamu gunakan sehari-hari bisa jadi sarang kuman yang membuat kaki kamu menjadi bau. Sering-seringlah membersihkan sepatu. Bisa dengan cara merendam sepatu dengan cairan antipseptik. Atau, bisa juga lap sepatu dengan kapas yang dicelup ke antiseptik.

10Gunakan koran dan hair dryer

Jika kamu pernah pulang ke rumah dengan kondisi sepatu yang basah, jangan biarkan sepatu kamu lembab. Hal itu justru yang membuat bakteri dengan mudah berkembang biak. Letakan gumpalan koran dalam sepatu kamu dan biarkan selama satu malam. Kertas koran ternyata dapat menyerap kelembaban. Atau kalau enggak mau ribet, kamu bisa gunakan hair dryer.

 

 

 

BRIGHTSIDE| DAILY CALIFORNIAN

 

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments