hero
(BRIGHTSIDE)

EDITOR : RIKHA INDRIASWARI

9 Agustus 2018, 11:15 WIB

JAKARTA, INDONESIA

Penelitian menunjukkan, seenggaknya satu dari sepuluh orang pernah sekali mengalami keracunan makanan ringan. Lantaran mengonsumsi bahan makanan atau minuman yang enggak segar.

Nah, enggak mau dong kejadian yang sama menimpa kamu dan keluarga di rumah? Berikut beberapa panduan yang bisa menolong kamu mengenali tanda-tanda makanan atau minuman masih segar atau sudah seharusnya disingkirkan.

1Susu

Susu. (BRIGHTSIDE)

Susu yang masih tertutup biasanya berkualitas bagus hanya dalam seminggu sejak tanggal penjualan yang tercantum. Sementara untuk susu yang sudah terbuka agar tetap segar, atur suhu di dalam kulkas hingga setidaknya 4,4 derajat celcius. Dan jangan pernah menaruh susu karton di rak pintu kulkas, tetapi simpanlah di bagian tengah lemari esnya.

2Daging cincang

Daging cincang. (BRIGHTSIDE)

Kamu dapat menyimpan daging giling di kulkas hingga 2 hari atau beberapa bulan jika dalam keadaan beku total. Namun, segera buang daging jika warnanya berubah kusam, tampak berlendir, dan bau enggak sedap, seperti bau asam.

3Telur

Telur. (BRIGHTSIDE)

Kualitas telur terjaga jika disimpan selama 3 minggu di kulkas atau 1 tahun di freezer. Namun, kalau kamu meragukan kualitas telur, cobalah ambil gelas atau mangkuk berisi air lalu masukkan telur ke dalamnya.

Jika telur mudah tenggelam, segera buang. Sebaliknya kalau telur mengapung, kualitasnya mulai menurun.

4Semangka

Semangka. (BRIGHTSIDE)

Menyimpan semangka di dalam kulkas memang enak. Karena bisa disantap dingin setelahnya. Tapi hati-hati juga kalau semangkan mulai berubah saat disimpan. Singkirkan buah semangka jika mulai terlihat kering dan mudah lepas biji-bijinya. Kemudian cek apakah sudah berlendir dan lembek.

Serta ingat, warna semangka seharusnya memang merah cerah. Jika warna kusam, ada kemungkinan kualitas semangka itu memburuk. Periksa juga baunya apakah masih segar dan manis. 

5Minyak zaitun

Minyak zaitun. (BRIGHTSIDE)

Minyak zaitun atau olive oil, memiliki masa simpan 1 hingga 2 tahun. Tapi olive oil bisa jadi gampang rusak kalau kamu menempatkannya di lingkungan yang hangat atau cerah.

Simpanlah olive oil dalam kulkas, meski nanti minyak akan memadat. Toh, minyak akan kembali mencair kalau kamu keluarkan sebelum dipakai memasak.

 

BRIGHTSIDE| WHO

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments