hero
(ilgiornale.it)

EDITOR : YAYAN SUPRIYANTO

7 Agustus 2018, 17:05 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Anjing termasuk hewan peliharaan yang jadi favorit banyak orang. Tapi sebaiknya enggak asal pelihara. Kamu juga mesti menjaga kesehatannya, termasuk kesehatan gigi dan mulut. Tips-tips ini bisa kamu ikuti agar gigi anjing kamu tetap sehat. 

 

1. Rutin sikat gigi.

Sama seperti manusia, gigi anjing juga mesti rutin dibersihkan. Sikat gigi doggy kamu, setidaknya 2-3 kali seminggu. Kalau hanya seminggu sekali, atau malah lebih dari itu, dijamin akan ada banyak kuman dan bakteri di gigi hewan peliharaan kamu. Rajin menyikat akan membuat gigi anjing kamu bersih dan terjaga kesehatannya. 

2. Berikan tulang mentah.

Saat memberi makan, berikan tulang mentah daripada tulang yang sudah matang. Tekstur yang keras akan ikut "membersihkan" sela-sela gigi sekaligus memuaskan nafsu makan anjing secara alami.

Kalau susah memberikan tulang mentah setiap hari, kamu bisa memberikan tulang sintetik buat digigiti si anjing. Tulang buatan ini dapat membersihkan plak pada area gigi yang enggak terjangkau sekaligus merangsang kesehatan gusinya.

3. Minyak kelapa.

Minyak kelapa dikenal sebagai pasta gigi alami. Dalam kandungannya terdapat antimikroba alami yang menjaga kesehatan gigi dan mulut. Selain itu, anjing kamu juga dijamin suka sama rasanya.

Kamu bisa memberikan minyak kelapa dengan sayuran. Misalnya dengan membolongi wortel sampai bagian tengah. Lalu isi minyak kelapa dan simpan di freezer agar minyak membeku. Setelah itu, berikan wortel beku ini ke anjing kamu. Nyam, dia pun bakal menikmatinya. 

4. Berikan makanan yang kering dan crunchy.

Makanan bertekstur kering dan crunchy akan memperlambat pembentukan plak pada gigi. Sebaliknya makanan yang lembut cenderung menempel pada gigi si anjing. Kamu bisa mencampur makanannya dengan sayuran renyah seperti wortel. Atau berikan makanan anjing yang didesain sesuai perkembangan gigi dan kebutuhan gizinya. 

 

5. Dibersihkan oleh ahlinya.

Nah, biar kamu makin tenang nih soal kesehatan gigi anjing kesayangan, kamu bisa loh sesekali membawanya ke dokter hewan untuk membersihkan giginya. Dokter hewan akan tahu bagian apa yang perlu diperhatikan dan bagaimana perawatan yang sesuai. Meskipun harganya agak mahal, tapi hasil yang didapat bakal setimpal. 

Sekarang sudah tahu kan cara menjaga kebersihan gigi dan mulut si anjing peliharaan kamu. Usahakan mulai dari rutinitas yang termudah, baru ke perawatan profesional agar hasilnya optimal. 

WONDERSLIST

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments