hero
(BRIGHTSIDE)

EDITOR : RIKHA INDRIASWARI

6 Agustus 2018, 11:15 WIB

JAKARTA, INDONESIA

Siapa bilang masak itu harus repot? Mungkin kamu saja yang enggak tahu sejumlah trik sederhana, yang bisa bikin banyak proses memasak jadi lebih simpel.

Tenang, enggak harus yang jago masak kok yang bisa mengaplikasikan cara-cara ini di dapur. Justru mungkin ini bakal bikin kamu yang jarang ke dapur jadi lebih percaya diri. Nah, simak ya trik-trik dapur berikut ini yang bisa membantu kamu meracik asik di dapur sehari-hari bak koki handal, seperti dilansir Brightside.

1Menghilangkan lemak berlebih dari makanan yang dimasak

Menghilangkan lemak berlebih dari makanan yang dimasak. (BRIGHTSIDE)

Jika hidangan yang kamu masak ternyata terlalu berminyak, jangan panik. Dengan mudah kamu bisa membuang minyak atau lemak berlebih menggunakan beberapa es batu dan tisu kertas.

Caranya, bungkus es dalam handuk dan bersihkan permukaan atas makanan. Es akan bertindak sebagai magnet, menyerap lemak yang mengambang dalam jaringan tisu kertas.

2Mengupas kulit jeruk dengan mudah

Mengupas kulit jeruk dengan mudah. (BRIGHTSIDE)

Apakah mengupas jeruk atau lemon  terlalu menyusahkan? Enggak ingin merusak manicure kamu karena harus mengupas kulit yang keras dan tebal? Tempelkan saja permukaan jeruk dalam microwave selama 20 detik dan kulit pun akan menjadi lebih mudah untuk dikupas.

3Mengupas kulit telur tanpa repot

Mengupas kulit telur tanpa repot. (BRIGHTSIDE)

Tambahkan soda atau cuka ke air rebusan telur. Kandungan dalam soda atau cuka ini masuk ke dalam cangkang dan membuatnya lebih mudah untuk dikupas.

4Memotong bawang tanpa menangis

Memotong bawang tanpa menangis. (BRIGHTSIDE)

Lemari es akan membantu kamu dalam hal ini. Masukkan bawang selama 30 menit ke dalam freezer sebelum memotongnya. Tapi, ingat, lakukan trik ini hanya jika kamu berencana memasak bawang. Jangan lakukan ini jika kamu ingin mencampur bawang ke dalam salad, karena bawang akan kehilangan tekstur renyahnya.

5Memanggang ayam utuh

Memanggang ayam utuh. (BRIGHTSIDE)

Ketika kamu memanggang ayam atau bebek secara utuh, leatakkan lah dengan posisi berbaring di dadanya. Ini karena bagian dada ayam atau bebek paling banyak mengandung daging, yang mana semakin dekat dengan sumber panas, semakin cepat ia akan matang.

6Memanaskan makanan yang dipanggang

Memanaskan makanan yang dipanggang. (BRIGHTSIDE)

Saat memanaskan pizza atau makanan panggang lainnya di dalam microwave, letakkan secangkir air di sampingnya. Kelembaban akan mencegah pizza, kue kering, atau yang lainnya dari kekeringan. Trik ini menjaga makananmu tetap crunchy.

7Membuat telur mata sapi yang sempurna

Membuat telur mata sapi yang sempurna. (BRIGHTSIDE)

Pecahkan telur ke dalam wajan layaknya menggoreng telur seperti biasa. Nah, tetapi sebagai ganti minyak sayur, tambahkan air dan kemudian letakkan panci di atas kompor. Hasilnya, kamu akan mendapatkan telur yang sempurna dengan bagian kuning yang masih setengah matang.

 

BRIGHTSIDE| TESCO

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments