hero
Presiden Jokowi. (Setkab/OJI/Humas)

EDITOR : ALFIAN SYAFRIL

6 Agustus 2018, 12:35 WIB

JAKARTA, INDONESIA

Presiden Joko Widodo menyampaikan dukacita mendalam kepada korban bencana gempa yang mengguncang Lombok, Nusa Tenggara Barat, Minggu, 5 Agustus 2018.

"Atas nama pribadi dan atas nama masyarakat Indonesia, mengucapkan duka yang mendalam atas banyaknya saudara-saudara kita di Nusa Tenggara Barat yang meninggal karena gempa pada sore hari kemarin," kata Presiden Jokowi di sela meninjau venue Pencak Silat di Padepokan Pencak Silat Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur, Senin, 6 Agustus 2018.

Presiden Jokowi memerintahkan penanganan cepat terkait penanganan gempa. Apa saja perintah Presiden. NET.Z rangkum sebagai berikut:

1Menkopolhukam Koordinator Penanganan Pasca Gempa

Presiden Jokowi memerintahkan Menkopolhukam Wiranto untuk mengoordinasikan penanganan yang timbul akibat gempa, khususnya menyangkut masalah evakuasi terhadap korban meninggal maupun luka-luka.

“Tadi malam saya sudah memerintahkan Menko Polhukam Wiranto untuk mengoordinasi seluruh jajaran yang terkait dengan ini, baik BNPB, Mensos, TNI, Polri, dan yang lainnya agar penanganan masalah gempa bisa dilakukan secepat-cepatnya,” kata Presiden Jokowi.

2Penanganan Wisatawan Sebaik-baiknya

Selain bantuan untuk korban gempa, Presiden Jokowi juga memerintahkan penanganan wisatawan di NTB dilakukan dengan baik. Arahan sudah disampaikan ke Menkopolhukam Wiranto.

"Saya juga sudah pesan (ke Menko Polhukam), di sana (NTB) kan banyak turis, pelayanan untuk turis agar juga dilakukan sebaik-baiknya," ujar Jokowi.

Wisatawan asing menyeret koper pascagempa di Kecamatan Pemenang,Tanjung, Lombok Utara, NTB, Senin (6/8). Para wisatawan yang berkunjung ke Tiga Gili pascagempa 7 (SR) di Kabupaten Lombok Utara memilih meninggalkan kawasan wisata tersebut dengan alasan keamanan. (ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi)

Presiden juga berharap manajemen penerbangan segera pulih agar dapat melayani wisatawan asing yang ingin kembali ke negara asal. Karena kita lihat, tadi malam itu, banyak (penerbangan) yang tertunda," kata Presiden.

3Bantuan Pangan Sudah Terkirim

Presiden Jokowi memastikan pemerintah pusat sudah mengirim bantuan bahan pangan bagi korban gempa NTB.  Menurut Presiden, logistik sudah dikirim ke NTB tadi malam.

"Termasuk dokter-dokter juga sudah meluncur semuanya," ujar Jokowi.

Presiden Joko Widodo memberikan keterangan terkait gempa lombok berkekuatan 7 pada skala richter (SR) seusai meninjau latihan pelatnas Pencak Silat di TMII, Jakarta, Senin (6/8). (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)

BACA JUGA: Yang Terjadi Saat Gempa Lombok Minggu Malam

Saat ditanya mengenai kemungkinan mengunjungi korban gempa di NTB itu, Presiden mengatakan, sudah menyerahkan kepada Menko Polhukam. Justru kalau berkunjung ke lokasi gempa saat ini, dinilai Presiden Jokowi bisa mengganggu konsentrasi aparat yang sekarang ini sedang bekerja di lapangan.

“Saya akan mencari waktu yang pas agar tidak mengganggu seluruh proses-proses evakuasi, proses-proses penanganan yang ada di lapangan,” terang Presiden.

IREZ ANGGRAEINI

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments