hero

EDITOR : ALFIAN SYAFRIL

6 Agustus 2018, 11:55 WIB

NUSA TENGGARA BARAT, INDONESIA

Gempa 7 SR mengguncang Lombok, Nusa Tenggara Barat, Minggu, 8 Agustus 2018. Hingga Senin siang, korban meninggal dunia akibat gempa berjumlah 91 orang. Sementara 209 orang luka-luka dan ribuan rumah rusak.

"Ini data sementara yang kita perkirakan. Jumlah ini masih akan bertambah," kata Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana Sutopo Purwo Nugroho dalam jumpa pers, Senin, 6 Agustus 2018.

Apa yang terjadi saat gempa melanda pada Minggu malam? NET.Z merangkumnya sebagai berikut:

1Gempa Terjadi Pukul 18.46 WIB

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melansir gempa yang mengguncang kawasan Lombok Utara berkekuatan 7 skala ricther. Gempa terjadi, Minggu, 5 Agustus 2018, pukul 18.46 WIB.

Gempa berpusat di 8.37 LS,116.48 BT, sekitar 27 km di arah timur laut. Pusat gempa berada di kedalaman 15 kilometer.

2Peringatan Tsunami Dikeluarkan

BMKG mengeluarkan peringatan gempa berpotensi tsunami. Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, status tsunami dalam level waspada.

"Peringatan dini tsunami telah diaktivasi. Potensi tsunami terjadi di pantai Lombok Barat bagian utara dengan status waspada dan pantai Lombok Timur bagian Utara dengan status Waspada," kata Sutopo.

Warga yang panik menaiki sepeda motor ketika terjadi gempa berkekuatan 7 pada skala richter (SR) di Kecamatan Ampenan, Mataram, NTB, Minggu (5/8). (ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi)

BNPB meminta pemerintah daerah untuk memperhatikan peringatan dini tsunami. Masyarakat diarahkan untuk menjauhi pantai dan menuju dataran tinggi.

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments