hero
(YOUTUBE)

EDITOR : RIKHA INDRIASWARI

3 Agustus 2018, 07:50 WIB

JAKARTA, INDONESIA

Diabetes selama ini terkenal sebagai salah satu penyakit paling mematikan di dunia. Diabetes sendiri merupakan penyakit di mana tubuh enggak mampu memproduksi hormon insulin dengan kadar yang cukup, untuk mengatur jumlah gula darah.

Tingkat gula darah yang tinggi dapat menjadi masalah yang menimbulkan komplikasi pada organ-organ vital dalam tubuh, seperti ginjal, empedu, dan sebagainya. Ada berbagai cara untuk membantu tubuh menurunkan kadar gula darah, di antaranya dengan mengonsumsi sejumlah bahan alami seperti berikut ini.

1Lobak putih

Lobak putih. (BRIGHTSIDE)

Lobak putih dipercaya sebagai sumber alami pengurangan gula darah. Enggak hanya berkhasiat untuk diabetes, lobak putih juga menjadi sumber baru vitamin B1, B2, B3, B5, B6, B9, dan C. Buatlah salad dan konsumsi setiap hari. 

2Daun sirih

Daun sirih. (BRIGHTSIDE)

Daun sirih dikonsumsi di seluruh Asia dan diketahui memiliki efek terapeutik pada kadar glukosa. Kamu bisa makan daun sirih segar atau dibuat menjadi smoothie dengan campuran sayuran hijau lainnya. Tambahkan beberapa madu mentah untuk mengurangi rasa pahit daunnya.

3Madu dan kayu manis

Madu dan kayu manis. (BRIGHTSIDE)

Orang yang menderita diabetes harus menemukan pengganti gula untuk mengurangi risiko peningkatan kadar glukosa. Madu mentah bisa menjadi salah satunya. Menambahkan kayu manis ke madu mentah dapat mengurangi gula darah dan membersihkan sistem peredaran darah dari kolesterol jahat.

4 Madu dan yoghurt

Madu dan yoghurt . (BRIGHTSIDE)

Probiotik yang terkandung pada yogurt polos diyakini bisa membantu usus untuk bekerja lebih baik. Sehingga dapat menghasilkan jumlah hormon yang tepat untuk keseluruhan metabolisme. Selain itu, campuran ini juga bisa mengurangi kadar gula darah.

5Jus pisang mentah

Jus pisang mentah. (BRIGHTSIDE)

Pisang mentah memiliki kandungan pektin dan pati yang berkhasiat mengurangi gula darah. Campuran ini ampuh dikonsumsi tepat setelah kamu makan agar manfaatnya lebih kentara. 

6Teh jahe

Teh jahe. (BRIGHTSIDE)

Jahe enggak hanya dapat dimanfaatkan sebagai obat penghangat yang ampu. Namun juga bisa mereduksi glukosa dengan baik.

Mengonsumsi jahe diketahui bisa menurunkan kadar gula darah hingga 35%. Sekaligus meningkatkan produksi insulin hingga 10%.

 

7Brokoli dan sayur hijau

Brokoli dan sayur hijau. (BRIGHTSIDE)

Menambahkan sayuran hijau, seperti brokoli dan bayam, ke dalam makanan kamu dapat mengurangi kadar glukosa dalam darah. Dan membuat produksi insulin kembali ke jalur semula. Campurkan brokoli, nanas, pisang, daun bayam, dan susu almond, lalu blender menjadi smoothie.

 

BRIGHTSIDE| NCBI| HEALTHLINE

6

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments