hero
(Brightside)

EDITOR : YAYAN SUPRIYANTO

17 Juli 2018, 17:05 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Isu mengenai pencemaran lingkungan selalu jadi topik yang menarik untuk di bahas bagi milenial. Memicu perdebatan? Tentu saja! Nah, daripada hanya berkata-kata tanpa aksinya nyata mendingan kamu ikutan menjaga lingkungan sambil menghemat pengeluaran. Asyiknya lagi, aksi ini dapat kamu aplikasikan di kehidupan sehari-hari. Mau tahu apa saja? Berikut ulasannya:

 

1. Stop membeli air kemasan.

(Brightside)

Kebutuhan air tentunya enggak lepas dari kehidupan kita sehari-hari. Untuk itu kamu dapat membiasakan untuk membawa botol minum sendiri. Kalau habis, kamu bisa mengisinya di kantor. Atau kalaupun di restoran, kamu dapat meminta agar minumanmu dimasukkan ke dalam botol itu.

2. Manfaatkan barang second hand.

(Brightside)

Di garage sale atau tempat semacamnya, kamu bisa menemukan barang second hand yang masih bagus dengan harga murah meriah. Kamu dapat mencoba datangi tempat seperti ini loh. Selain hemat, kamu juga mengurangi potensi sampah dari benda-benda yang enggak dibutuhkan lagi oleh pemiliknya. 

3. Hindari pakai tisu.

(Brightside)

Tisu dibuat dari serat kayu yang tentunya mengurangi jumlah pepohonan di alam. Untuk itu kamu dapat mengganti penggunaan tisu dengan lap atau saputangan. Mau lebih hemat lagi? Manfaatkan kaos atau handuk yang sudah tidak terpakai sebagai pengganti tisu. 

4. Membaca online.

(Brightside)

Sama seperti tisu, lembaran buku juga dibuat dengan mengorbankan pohon. Kamu bisa mulai membaca koran, majalah atau e-book yang semakin banyak tersedia sekarang ini. Tinggal download, kamu bisa baca tanpa menumpuk buku banyak-banyak di rumah. 

5. Belanja ke petani lokal.

(Brightside)

Tahukah kamu? Butuh banyak energi buat mendistribusikan sayuran dari satu daerah ke daerah lain, bahkan antar negara. Nah, kamu bisa ikut menghemat energi dengan berbelanja di petani lokal yang enggak jauh dari rumah. Pastinya bakal hemat pengeluaran, lebih segar dan kamu ikut mendukung perkembangan usaha lokal. 

6. Matikan gadget.

(Brightside)

Komputer, televisi, handphone dan berbagai gadget lain tetap menghabiskan energi walaupun dalam sleep mode. Jadi, kalau sudah enggak dipakai lagi, lebih baik matikan gadget tersebut. Atau untuk televisi, kamu bisa mencabut colokannya biar lebih hemat listrik. 

7. Gunakan transportasi publik.

(Brightside)

Pemakaian kendaraan pribadi enggak hanya bikin macet tapi juga menguras stok bahan bakar minyak. Kamu dapat berkontribusi menjaga lingkungan dengan memakai transportasi publik untuk bepergian. Kalau lokasi yang kamu tuju enggak terlalu jauh, kamu dapat memakai sepeda atau berjalan kaki biar makin sehat. 

Sebenarnya usaha-usaha tersebut enggak hanya membuat kita lebih hemat. Dampak jangka panjangnya, kita ikut menyelamatkan lingkungan dan menjaga kelestarian bumi demi kehidupan generasi nanti. 

BRIGHTSIDE

2

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments