hero

EDITOR : DIAN KENCANA DEWI

12 Juli 2018, 08:45 WIB

INDONESIA

Tahukah kamu kalau menurut  Guinnes World Records, otot mata adalah organ yang paling aktif di tubuh kita. Dalam sehari aja, mata kita bergerak lebih dari 100 ribu kali! Banyak banget, kan? Sayangnya, enggak kaya otot lain, makin banyak gerak bukannya makin sehat, kadang tetap aja mata kita punya kondisi buruk. Bisa buram, bisa juga ada penyakit lain. Nah, agar kamu bisa menjaga mata tetap sehat, ada beberapa cara yang bisa kamu lalukan.

 

1. Rajin Konsumsi Makanan Hijau dan Makanan Kaya Vitamin A, C serta Beta Karoten

Makanan ini membantu sehatnya mata kamu. (BRIGHTSIDE)

Seperti kata pepatah “we are what we eat”! Enggak hanya berlaku untuk kesehatan badan aja, kesehatan mata juga termasuk. Karena itu, pastikan kamu mengonsumsi makanan-makanan yang mengandung vitamin dan mineral tersebut.  Untuk sumber vitamin A, kamu bisa mengonsumsi daging sapi, hati ayam, telur dan susu. Sumber vitamin C, mulai dari kale, stroberi, brokoli, jeruk. Aneka makanan hijau seperti bayam juga oke. Dan beta karoten bisa kamu temukan di dalam wortel, ubi, dan bayam.

2. Hindari Terpaku Terlalu Lama di Satu Aktivitas

Terlalu lama di depan komputer bisa membuat mata lelah. (BRIGHTSIDE)

Banyak pekerja yang enggak mempedulikan anjuran untuk beristirahat tiap 15 menit sekali atau 2 kali perhari. Padahal, menurut penelitian, mata lelah, buram dan rasa tidak nyaman di tubuh bagian atas,  akan sangat berkurang kalau kamu menuruti anjuran tersebut.

3. Lakukan Olahraga Mata

Olahraga mata dilakukan rutin, ya. (BRIGHTSIDE)

Percaya atau enggak, ada loh yang namanya olahraga untuk otot mata. Jika kamu melakukannya dengan rutin, gerakan olahraga ini sangat membantu untuk menjaga mata tetap sehat dan mengoptimalkan penglihatan. Tinggal ikuti saja gerakan dalam gambar di atas, ulangi masing-masing gerakan sebanyak 3 kali dan mengedip beberapa kali sebelum pindah ke gerakan lain.

4. Cukup Tidur

Tidur minimal 5 jam sehari agar mata pulih dari rasa lelah. (BRIGHTSIDE)

Tidur adalah salah satu kegiatan paling penting untuk tubuh. Dan kalau kamu cukup tidur, mata kamu juga ikutan sehat. Pastikan kamu tidur minimal 5 jam sehari agar mata bisa pulih dari kelelahan seharian. Kalau kamu kurang tidur, mata akan merah, gatal, buram dan sensitif terhadap cahaya.

5. Hindari Merokok

Merokok juga berdampak pada kesehatan mata. (BRIGHTSIDE)

Tahukah kamu kalau merokok juga enggak baik untuk mata. Perokok disebut memiliki risiko 4 kali lebih tinggi kehilangan penglihatan saat jadi lansia. Perokok juga terindikasi naik 2 kali lipat terkena katarak.

BRIGHTSIDE

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments