hero

EDITOR : FIRZA ARIFIEN

9 Juli 2018, 16:05 WIB

AMERIKA SERIKAT

Bertambah canggihnya teknologi di zaman sekarang ini, berdampak juga pada majunya perfilman di seluruh dunia. Salah satunya teknologi yang sudah tak asing lagi, yaitu CGI atau Computer-Generated Image. Dengan CGI, segala adegan rumit yang tak mungkin dilakukan dapat terwujud.

Namun, di tengah maraknya penggunaan teknologi CGI, percaya atau tidak, beberapa adegan di film ini justru bukan hasil rekayasa komputer. Melainkan hasil dedikasi total sang aktris dan aktor yang berperan. Kira-kira di film apa aja sih?

1. 'Mission: Impossible - Ghost Protocol'.

Burj Khalifa, gedung tertinggi di dunia ini memang sangat mengagumkan jika dilihat-lihat. Namun yang lebih mengagumkan lagi, ada seorang aktor yang rela memanjat gedung setinggi 2.722 kaki tersebut. Aktor itu adalah Tom Cruise saat berperan untuk film 'Mission: Impossible - Ghost Protocol'. 

'Mission: Impossible - Ghost Protocol'. (BRIGHTSIDE)

"Ketika adegan yang berada di gedung tinggi, pastinya orang akan berpikir jika itu adalah CGI, padahal bukan," ungkap koordinator stuntman dalam film tersebut, Gregg Smrz kepada LA Times. 

2. 'Spider-Man'.

Masih ingat dengan film 'Spider-Man' yang diperankan oleh Tobey Maguire? Ada salah satu scene yang memang kurang diperhatikan banyak orang, tapi ternyata memerlukan effort yang luar biasa dari sang aktor. 

'Spider-Man'. (BRIGHTSIDE)

Tepatnya saat Tobey beradegan menangkap benda dengan tray, sembari memegang seorang perempuan. Kelihatannya sih sepele, tapi adegan tersebut sama sekali tidak menggunakan rekayasa komputer. Para kru mengakali tray tersebut dengan lem super kuat agar benda di atasnya tak gampang jatuh dan hal tersebut dilakukan sebanyak 156 kali take. Wow!

3. 'Jurassic Park'.

Bicara tentang film yang mengangkat kehidupan binatang jaman purba ini, pastinya para penonton sudah berpikir kalau berbagai efek dalam film ini memakai rekayasa komputer. Nyatanya, dalam film yang sudah dirilis 24 tahun tersebut tak semua scene-nya memakai teknologi CGI. 

'Jurassic Park'. (BRIGHTSIDE)

Seperti dinosaurus besar yang ditampilkan adalah benar-benar dinosaurus yang dibuat dengan teknologi animatronik. Sedangkan untuk dinosaurus yang kecil merupakan seseorang yang memakai kostum. Semua itu adalah hasil tangan dingin Stan Winston, sang pemenang Academy Awards. 

4. 'The Dark Knight'.

Rasanya susah untuk menganggap bahwa film 'The Dark Knight' tak menggunakan teknologi CGI. Tapi nyatanya memang tidak. 

'The Dark Knight'. (BRIGHTSIDE)

Seperti dalam scene Batmobile yang menabrak truk sampah. Para kru memakai miniatur mobil yang dibuat serupa dengan Batmobile agar dapat menghasilkan efek tabrakan yang luar biasa. 

5. 'Iron Man'.

Tak bisa ditolak lagi kalau film 'Iron Man' itu penuh akan rekayasa CGI. Tapi dalam salah satu adegannya, terdapat suatu benda yang dimasukkan ke dada sang aktor utama, Tony Stark dan itu benar-benar nyata, bukan hasil buatan komputer. 

'Iron Man'. (BRIGHTSIDE)

Video di balik layar adegan tersebut sudah tersebar dan membuktikan kebenarannya. Enggak nyangka ya?

BRIGHTSIDE | IMDB

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments