hero
(CULTURE FOR HEALTH)

EDITOR : RIKHA INDRIASWARI

9 Juli 2018, 07:50 WIB

JAKARTA, INDONESIA

Karbohidrat telah terbukti dapat meningkatkan kinerja atletik dan memaksimalkan daya tahan tubuh. Itu sebabnya, ada begitu banyak minuman energi, bar, dan shake yang tersedia di pusat kebugaran dan toko-toko olahraga.

Tapi bagaimana dengan air gula sederhana? Ternyata ada efek mengejutkan yang dimiliki air gula untuk tubuhmu lho.

Menurut Departemen Kesehatan & Layanan Manusia di Amerika Serikat, tubuh biasanya mendapatkan gula harian dari minuman ringan sekitar 33% dan minuman buah sekitar 10%. Namun, sumber-sumber ini rupanya enggak selalu menjadi pilihan terbaik untuk tubuh.

Nah, berikut sejumlah fakta tentang air gula dan manfaatnya. Yang perlu kamu tahu seperti dilansir dari Brightside.

1Memacu energi dengan cepat

Memacu energi dengan cepat. (BRIGHTSIDE)

Terlalu banyak mengonsumsi gula memang berakibat buruk bagi kesehatan. Meskipun benar bahwa ahli gizi menyarankan untuk hanya mengonsumsi gula 10% dari asupan kalori harian, ada kalanya tubuh menuntut dorongan energi segera.

Dengan mengonsumsi air gula, tubuh menyerap molekul gula ke dalam aliran darah, yang kemudian diambil oleh sel-sel dan diubah menjadi energi. Sukrosa, molekul gula yang ditemukan di gula meja, terbukti memiliki tingkat penyerapan lebih cepat daripada jenis gula lainnya.

2Terbuat dari apakah air gula itu?

Terbuat dari apakah air gula itu? (BRIGHTSIDE)

Air gula sangat mudah dibuat, hanya dengan mengaduk gula dalam segelas air. Namun, gula biasa yang digunakan di rumah sebenarnya berbeda dari gula yang digunakan dalam minuman manis lainnya.

Air gula mengandung sukrosa, sementara minuman manis lainnya mengandung glukosa dalam kombinasi dengan gula lain seperti fruktosa, sirup pati jagung, dan banyak lagi.

Sukrosa adalah disakarida yang terdiri dari 2 molekul gula, glukosa dan fruktosa. Sebuah penelitian di Inggris baru-baru ini menunjukkan bahwa tubuh menggunakan sukrosa lebih baik dan lebih efisien daripada molekul gula lainnya.

3Mengapa air gula lebih baik dari minuman manis?

Mengapa air gula lebih baik dari minuman manis? (BRIGHTSIDE)

Jus buah, minuman energi, dan air vitamin memang tampak memiliki komponen dasar yang sama dengan air gula, tetapi itu enggak benar. Ada perbedaan signifikan antara air gula dan minuman manis lainnya.

Minuman manis yang dibeli di toko sering mengandung bahan tambahan seperti kafein, penyedap makanan, dan pewarna. Minuman manis, terutama minuman energi harganya juga mahal, sedangkan air gula murah dan mudah dibuat.

Minuman energi dan minuman buah bercampur glukosa sebenarnya juga kerap menyebabkan sakit perut ringan. Sementara air gula berbasis sukrosa mudah dicerna oleh usus.

4Mengapa atlet lebih pilih air gula?

Mengapa atlet lebih pilih air gula? (BRIGHTSIDE)

Para ilmuwan menemukan bahwa atlet yang mengonsumsi air gula mengalami pemulihan yang lebih cepat dan lebih lancar daripada mereka yang mengonsumsi minuman energi. Jadi, jika kamu berlari maraton atau olahraga lainnya, lebih baik untuk mengganti minuman manis yang dibeli di toko dengan air gula buatan sendiri yang sederhana.

5Kapan waktu terbaik mengosumsi air gula?

Kapan waktu terbaik mengosumsi air gula? (BRIGHTSIDE)

Waktu terbaik mengonsumsi air gula yakni sebelum, selama, dan setelah berolahraga di gym atau di rumah. Selain itu baiknya diminum selama aktivitas berintensitas tinggi seperti hiking, bersepeda, sepatu roda, dan banyak lagi

Atau bisa juga saat waktu senjang panjang antara waktu makan. Dan, kapanpun kamu membutuhkan dorongan energi cepat tanpa efek merasa kenyang.

6Takaran yang pas untuk mengonsumsi air gula

Takaran yang pas untuk mengonsumsi air gula. (BRIGHTSIDE)

Untuk latihan berbasis ketahanan seperti bersepeda, yang terbaik adalah mengonsumsi 7 sendok makan gula per jam. Disarankan untuk mencampur sekitar 1,5 sendok makan gula dengan secangkir air.

Untuk latihan yang kurang intens, jumlahnya bisa dikurangi menjadi setengah. Tapi jika kamu enggak berolahraga, dianjurkan untuk enggak mengonsumsi lebih dari 2 sendok teh gula per cangkir air. Air gula, seperti semua makanan manis, dimaksudkan untuk dikonsumsi dalam jumlah sedang.

 

BRIGHTSIDE| CHOOLNUTRITION AND FITNESS| DHHS

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments