hero
(BRIGHTSIDE)

EDITOR : RIKHA INDRIASWARI

5 Juli 2018, 07:50 WIB

JAKARTA, INDONESIA

Pernah enggak sih kamu terbangun tengah malam karena dengkuran pasangan? Atau jangan-jangan kamu terbangun karena dengkuranmu sendiri?

Dengkuran memang bisa jadi biang masalah tidur nyenyak setiap malam. Tapi mendengkur sejatinya juga hal yang alami.

Orang mendengkur karena tenggorokannya menjadi sangat rileks ketika tidur, sehingga mulai bergerak. Namun, dengkuran yang parah dapat menyebabkan insomnia, mengganggu pola tidur, dan tentu saja mengganggu orang-orang di sekitar.

Nah, berikut beberapa informasi tentang solusi alami untuk menghentikan dengkuran dan mencegah masalah yang lebih serius. Seperti insomnia, kenaikan berat badan, dan kecemasan.

1Konsumsi vitamin C

Konsumsi vitamin C. (BRIGHTSIDE)

Vitamin C adalah obat alami untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan kesehatan pernapasan. Salah satu penyebab utama mendengkur adalah sumbatan saluran udara yang disebabkan oleh sinus.

Ini membuat mulut terbuka. Dan uvula atau ekstensi bulu di bagian belakang langit-langit yang menggantung di atas tenggorokan bergetar.

Dengan mengonsumsi cukup vitamin C, sinus akan berangsur bersih. Beberapa makanan terbaik yang kaya vitamin C untuk dikonsumsi adalah brokoli, jeruk, lemon, paprika merah, pepaya dan yang paling penting, nanas.

Nanas juga mengandung zat pemecah sinus yang disebut bromelain atau enzim yang dikenal karena kemampuan anti-inflamasi dan anti-pembengkakan. Minumlah segelas jus jeruk segar atau beberapa potong nanas satu jam sebelum tidur.

2Hirup uap eukaliptus atau minyak kayu putih

Hirup uap eukaliptus atau minyak kayu putih. (BRIGHTSIDE)

Dalam pengobatan herbal, eukaliptus atau minyak kayu putih dikenal membantu meredakan pilek. Juga mengurangi peradangan dan memperbaiki kondisi pernapasan. Sekitar 70% - 90% minyak kayu putih kaya akan antioksidan, anti-inflamasi, dan menghilangkan rasa sakit.

Eukaliptus juga dapat melawan infeksi bakteri, virus, dan jamur sementara. Juga membantu menjaga kebersihan saluran pernapasan dan mencegah lendir terbentuk.

Ada berbagai cara untuk mengaplikasikan minyak kayu putih agar terhindar dari mendengkur pada malam hari. Pertama kamu bisa tambahkan beberapa daun kayu putih dalam inhaler uap, lalu bernafaslah melalui hidung dan mulut untuk membantu membersihkan sinus.

Atau bisa juga mencoba menggunakan mangkuk uap. Taruh kepala di atas mangkuk yang berisi air panas dan tutup dengan handuk untuk menghirup uap. Lakukan ini tepat sebelum tidur untuk membantu membersihkan saluran udara dan mengurangi peradangan di saluran hidung.

3Pakai alat bantu mulut

Pakai alat bantu mulut. (BRIGHTSIDE)

Kalau kamu berkonsultasi ke dokter, bantuan oral bisa jadi akan disarankan untuk membuka saluran udara. Sehingga lidah memiliki cukup ruang dan enggak menghalangi pernapasan saat tidur.

Ada beberapa laporan dari American Dental Association bahwa perangkat yang dipakai selama jam tidur ini efektif menghilangkan dengkuran. Alat ini akan terpasang pas di mulut, seperti retainer ortodontik, untuk mendukung rahang dengan menempatkannya dalam posisi ke depan yang membuat saluran udara bagian atas terbuka.

4Kurangi lemak di leher

Kurangi lemak di leher. (BRIGHTSIDE)

Faktor kegemukan, terutama di sekitar leher, dapat menyebabkan tenggorokan kamu menjadi lebih sempit ketika berbaring. Ini berpotensi meningkatkan peluang mendengkur. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Lung India, lingkar leher pasien yang mendengkur secara signifikan lebih besar daripada lingkar leher pasien yang enggak mendengkur.

Ini menunjukkan bahwa ukuran leher individu berperan penting dalam hal mendengkur. Orang-orang yang kelebihan berat badan lebih cenderung mendengkur daripada mereka yang enggak karena penyempitan saluran udara.

Mengurangi berat badan dapat memperbaiki pola tidur. Dan meningkatkan kesehatan saluran pernapasanmu. 

5Jamu anti dengkur

Jamu anti dengkur. (BRIGHTSIDE)

Jamu ini terbuat dari bahan alami yang aman untuk membantu mengurangi jumlah lendir yang dihasilkan tubuh. Juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menyediakan nutrisi.

Selanjutnya, jamu ini berkhasiat membersihkan tenggorokan dan saluran hidung dari dahak berlebih. Menenangkan tekanan hidung dan membersihkan saluran pernapasan.

Bahan-bahannya terdiri dari 2 wortel, 2 buah apel, 1/4 buah lemon, 1 batang jahe, 1 cangkir jus jeruk. Lalu blender semua bahan ini bersama-sama dan minumlah  beberapa jam sebelum tidur.

 

BRIGHTSIDE| NCBI| LIVESTRONG

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments