hero
(HUFFINGTON POST)

EDITOR : RIKHA INDRIASWARI

3 Juli 2018, 07:50 WIB

JAKARTA, INDONESIA

Selama ini, kamu mungkin terbiasa mengetahui beberapa tips hidup sehat yang sangat umum. Namun, pernahkah kamu benar-benar mencari tahu faktanya? Ternyata, banyak tips hidup sehat yang enggak sepenuhnya berlaku layaknya dulu di zaman sekarang. Apa saja kah itu? Simak beberapa di antaranya seperti dilansir Brightside berikut ini.

1Tidur 8 jam

Tidur 8 jam. (HUFFINGTON POST)

Penelitian yang dilakukan oleh American Academy of Sleep Medicine membuktikan bahwa seseorang  hanya membutuhkan 7 jam tidur agar tubuh bekerja secara efisien dan merasa berenergi di siang hari. Tubuh membutuhkan waktu istirahat untuk mendapatkan kekuatan dan memulihkannya di malam hari.

2Sarapan porsi besar

Sarapan porsi besar. (PIXABAY)

Kuantitas dan kekayaan nutrisi saat sarapan harus selalu disesuaikan pada kebutuhan spesifik individu setiap orang. Makanan hanya berguna ketika kamu benar-benar butuh mengonsumsinya. Itu sebabnya jika kamu bukan tipe orang yang bisa makan di pagi hari, jangan menyiksa diri sendiri. Cukup minum segelas air sebagai gantinya.

3Joging pagi

Joging pagi. (PIXABAY)

Joging sama bergunanya, baik dilakukan di pagi hari maupun di malam hari. Jadi jika kamu enggak punya waktu atau niat joging di pagi hari, maka enggak perlu.

Selain itu, pastikan tubuh bangun dengan benar sebelum berlari di pagi hari. Lebih baik sarapan dulu 40 menit sebelum melakukan latihan fisik apa pun. Kalau enggak, kamu bisa pingsan, sakit kepala, atau detak jantung menjadi enggak teratur.

4Menghindari makanan manis

Menghindari makanan manis. (PIXABAY)

Mengonsumsi gula sebenarnya baik untuk tubuh karena mengandung glukosa, elemen kunci untuk fungsi otak. Itu sebabnya kamu enggak boleh benar-benar menghilangkan gula dari dietmu. Cobalah meminimalkan jumlah gula yang dimakan. Misalnya, makan yogurt alami, minum minuman panas tanpa gula, atau makan buah-buahan kering.

5Olahraga sampai letih

Olahraga sampai letih. (SELF)

Ada pepatah yang mengatakan selama tubuh enggak merasa sakit keesokan harinya, berarti kamu belum melakukan olahraga dengan baik. Eits!Pepatah ini sungguh salah, karena nyeri otot setelah latihan dapat juga terjadi ketika ketegangan di tubuh terlalu besar.

Nyeri otot juga bisa menjadi tanda cedera jaringan otot. Dalam hal ini, lebih baik menghentikan sesi latihan hingga tubuh benar-benar pulih.

6Makan tanpa diselingi minum

Makan tanpa diselingi minum. (VIDEEZY)

Air adalah elemen penting dari sistem pencernaan yang berfungsi dengan baik. Kalau tubuh enggak mendapat cukup cairan, perut akan mengambilnya dari air liur.

Itu sebabnya minum air putih bagus dan perlu untuk tubuh saat makan. Untuk mempermudah perut mencerna dan menyerap makanan.

7Jam makan sama setiap hari

Jam makan sama setiap hari. (HILLCLINIC)

Kamu tidak harus makan jika enggak merasa lapar. Aturan utamanya adalah makan hanya ketika kamu merasa lapar. Tubuh akan memberi isyarat ketika saatnya untuk makan. Untuk jumlah makanan, ada baiknya membagi asupan makanan harianmu menjadi 5-6 makanan terpisah.

8Sikat gigi setiap habis makan

Sikat gigi setiap habis makan. (PIXABAY)

Sisa-sisa makanan yang bersifat asam dapat merusak enamel gigi. Menyikat gigi tepat setelah makan dapat membuat kerusakan lebih parah.

Selain itu, sering menyikat gigi dapat menyebabkan sakit dan gusi berdarah. Jangan mengikuti setiap aturan baru yang kamu dengar, cukup sikat gigi di pagi hari dan di malam hari seperti biasanya.

9Berhenti makan roti-rotian

Berhenti makan roti-rotian. (ULTIMATE HEALTH GUIDE)

Roti mengandung banyak serat makanan yang diperlukan yang menarik kolesterol dan asam empedu keluar dari tubuh. Roti juga berkontribusi pada cara kerja sistem pencernaan yang baik. Tentu saja, bukan berarti kamu harus makan banyak roti, sebab 200 gram sehari saja seharusnya cukup.

 

BRIGHTSIDE| GREATIST| CNN

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments