hero
(POPSUGAR)

EDITOR : RIKHA INDRIASWARI

27 Juni 2018, 07:50 WIB

JAKARTA, INDONESIA

Banyak perempuan merasa kesulitan mengembalikan bentuk tubuh ideal pascamelahirkan. Biasanya area perut menjadi yang paling sering dikeluhkan, lantaran sulit membuatnya kembali datar setelah proses kehamilan dan kelahiran. Apalagi, area perut kemungkinan besar mengalami kerusakan akibat diastasis, semacam deformasi dan pelemahan otot .

Nah, buat mendapatkan bentuk perut dan tubuh seperti sebelumnya, tentu saja enggak bisa instan. Diperlukan latihan yang rutin sehingga area perut bisa kembali rata seperti semula. Berikut beberapa gerakan sederhana yang bisa kamu coba untuk melatih kembali otot-otot perut.

1Leg lifts

Leg lifts. (BRIGHTSIDE)

Mengangkat kaki akan membantu kamu memperkuat area punggung bawah dan otot perut. Berbaringlah dengan kedua lengan di sisimu. Kemudian angkat kaki dan biarkan lurus sekitar 12 inci dari lantai.

Jika itu terlalu sulit, mulailah dengan mengangkat satu kaki pada satu waktu. Lakukan 10-15 repetisi dan tambahkan 2-5 ekstra setiap hari kamu berolahraga.

2Bicycle

Bicycle. (BRIGHTSIDE)

Tetaplah berbaring telentang, lalu tekuk kaki dan angkat perlahan sehingga betismu sejajar dengan lantai. Kemudian, luruskan kaki kananmu dan turunkan perlahan-lahan ke lantai, sehingga membentuk lingkaran. Lanjutkan dengan kaki kiri, layaknya seperti mengayuh sepeda. Mulai dengan 5 repetisi dan tambahkan beberapa repetisi setiap kali kamu berolahraga.

3Waist crunch

Waist crunch. (BRIGHTSIDE)

Masih dengan posisi berbaring dengan kedua tangan di sisimu. Angkat kaki, jaga tetap lurus pada sudut 90º dengan lantai.

Mulailah menarik bahu dan dada bagian atas secara perlahan. Tahan sebentar dan kembali berbaring lagi.

Jika terlalu sulit bagi kamu di awal, mulailah dengan lutut ditekuk. Mulai dengan 10 repetisi dan tambahkan 5 setiap kali kamu berolahraga.

4Reverse crunch

Reverse crunch. (BRIGHTSIDE)

Angkat tubuh bagian atasmu ke posisi crunch. Tekuk lutut dan jaga kaki tetap di lantai. Kemudian perlahan-lahan arahkan lutut ke bahumu dan berhentilah di sekitar garis pinggang.

Terakhir, perlahan kembalikan kaki ke lantai. Dan, mulai dengan 10-15 repetisi dan tambahkan 5 setiap kali berolahraga.

5Bicycle crunch

Bicycle crunch. (BRIGHTSIDE)

Tekuk kaki sehingga betismu sejajar dengan lantai. Tekuk siku dan taruh telapak tangan di bawah tengkuk. Lalu, gerakkan lutut kanan ke bahu, kemudian angkat kepala dan dada bagian atas. Cobalah untuk menyentuh lutut kanan dengan siku kirimu.

Kembali ke posisi awal dan ulangi dengan mengganti lengan dan kaki. Mulai dengan 10 repetisi, 1 pengulangan sama dengan 2 sentuhan siku-lutut.

 

BRIGHTSIDE| OUT MAGAZINE| PREVENTION

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments