hero
BRIGHTSIDE

EDITOR : DIAN KENCANA DEWI

22 Juni 2018, 08:45 WIB

INDONESIA

Tubuh punya cara tersendiri untuk mengkomunikasikan kondisinya kepada kita. Terkadang tubuh memberi tanda adanya penyakit atau gangguan kesehatan hanya lewat perubahan warna di salah satu bagian tubuh sampai sensasi yang tidak biasa kita rasakan. Oleh karena itu, kita harus lebih peka buat tahu arti dari tanda-tanda gangguan kesehatan tersebut. Yuk, simak tanda-tandanya berikut:

 

 

1. Kaki Berwarna Merah Muda

Coba cek kaki kamu, apakah ada perubahan? (BRIGHTSIDE)

Banyak losion yang menjanjikan kamu "kaki bayi" atau kaki yang kemerah-mudaan setelah menggunakannya. Tapi, kalau kaki kamu warnanya sangat merah muda, kulitnya tipis serta keriput berarti kamu harus waspada dan segera cek kadar gula darahmu. Sebab, hal itu menunjukkan masalah metabolisme seperti diabetes. 

Dokter yang harus kamu temui : Endokrinologis.

2. Sensasi seperti Dipeluk

Kalau kamu merasakan sensasi dipeluk, coba dicek kesehatan kamu. (BRIGHTSIDE)

Jika kamu terkadang merasa seolah-olah seseorang sedang memeluk kamu dengan sangat erat atau bagian pinggang, tubuh, dan kaki seperti diikat erat, kamu harus segera melakukan tes kesehatan. Selain itu, kamu mungkin juga merasakan sensasi tidak menyenangkan di bagian lengan dan kaki seolah-olah sedang pakai sarung tangan atau sepatu berat. Oleh sebab itu, kamu pun harus memperhatikan tubuhmu sendiri. 

Dokter yang harus kamu temui : neurologis (ahli saraf).

3. Alis Menipis

Alis yang tiba-tiba menipis juga perlu diwaspadai. (BRIGHTSIDE)

Jika alis kamu tiba-tiba menipis sendiri kamu harus cepat-cepat menemui dokter dan periksa kelenjar tiroid kamu. Kemungkinan itu termasuk gejala hipotiroid.

Dokter yang harus kamu temui: Endokrinologis.

4. Jari Kaki Membengkak

Hati-hati juga kalau kakimu membengkak. (BRIGHTSIDE)

Kalau kaki kamu kulitnya bersih, tidak ada iritasi, tidak gatal, tapi jari-jari kaki membengkak, kamu harus menemui dokter. Gejala ini bisa jadi pertanda adanya penyakit psoriatic arthritis

Dokter yang harus kamu temui: dokter kulit dan rheumatologis.

5. Nafsu Makan Hilang

Nafsu makan terus berkurang? Cek apakah kamu punya gangguan metabolisme. (BRIGHTSIDE)

Apabila nafsu makan kamu hilang secara tiba-tiba dan berat badan kamu turun, kamu harus segera periksa ke dokter. Sebab, bisa jadi itu adalah gangguan metabolisme.

Dokter yang harus kamu temui: gastroenterologis.

6. Kulit yang Gatal

Gatal kulit bisa jadi pertanda penyakit diabetes. (BRIGHTSIDE)

Jika kamu merasa kulit kamu gatal, ini mungkin salah satu tanda diabetes. Tetapi sebelum kamu menemui dokter, periksalah tempat yang gatal, misalnya gatal mungkin disebabkan oleh gigitan serangga atau reaksi alergi terhadap losion baru. Jika tidak ada dari alasan ini yang menjelaskan gatal, kamu harus menemui dokter untuk pemeriksaan.

Dokter yang harus kamu temui: endokrinologis

7. Tidak Bisa Berada di dalam Ruangan

Lebih suka saat di luar rumah? Coba dicek, deh! (BRIGHTSIDE)

Jika kamu adalah salah satu orang yang suka minta buka jendela kalau lagi di dalam transportasi umum atau di rumah dan kalau kamu lebih mudah bernapas di luar rumah atau tempat kerja, kamu harus segera memeriksa kesehatan kamu. Sebab, kemungkinan kamu ada gangguan jantung. Selain itu, tiroid kamu juga perlu dicek karena hipotiroid disertai dengan gejala tersebut.

Dokter yang harus kamu temui: ahli jantung dan endokrinologis.

Nah, kalau coba cek apakah kamu mengalami gejala-gejala seperti yang dipaparkan di atas? Kalau iya, segera periksakan diri kamu, ya!

BRIGHTSIDE | HEALTH

3

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments