hero

EDITOR : DIAN KENCANA DEWI

13 Juni 2018, 08:45 WIB

INDONESIA

Ketombe bisa muncul pada usia berapa pun. Namun, ketombe kemungkinan besar terjadi saat seseorang berusia antara 20-30 tahun. Rasa tidak nyaman yang disebabkan oleh ketombe biasanya menyebabkan kulit kepala kering, rambut rontok, dan bikin kamu enggak percaya diri. Inilah beberapa cara alami yang efektif untuk menyingkirkan ketombe dari kulit kepalamu.

1. Tea Tree Oil

Cukup 5% tea tree oil dalam sampo kamu dapat secara signifikan memperbaiki kondisi kulit kepala. Ketika ketombe datang, tea tree oil menjadi penyelamat karena memberikan efek langsung dari sifat antibakteri dan antijamurnya.

Teteskan tea tree oil ke dalam sampo. (BRIGHTSIDE)

Cara menggunakannya:

Salah satu caranya adalah dengan menambahkan 8-10 tetes tea tree oil ke dalam sampo. Cuci rambut seperti biasanya, tapi kali ini diamkan sampo agak lama sebelum dibilas agar tea tree oil dapat menyerap. Kemudian, bilas sampai bersih.

2. Cuka Sari Apel

Sifat antijamur pada cuka sari apel dapat mengatasi rasa gatal dan kulit kering penyebab ketombe. Kandungan asam yang ada dalam cuka sari apel mengubah pH kulit kepala, sehingga membuat jamur lebih sulit untuk tumbuh.

Cuka apel dicampur air dan usapkan ke rambut saat basah. (BRIGHTSIDE)

Cara menggunakannya:

Campur cuka sari apel dengan air dalam proporsi yang sama. Setelah mencuci rambut, aplikasikan campuran itu ke rambut selagi basah. Pijat secara perlahan sampai menyerap ke dalam kulit kepala dan diamkan selama 15 menit sebelum kamu membilasnya.

3. Minyak Kelapa

Minyak kelapa sering disebut sebagai "berkah untuk rambut" karena hampir tidak ada masalah rambut yang tidak dapat disembuhkan minyak kelapa. Minyak ini memiliki sifat antijamur yang membantu menyembuhkan ketombe. Tak hanya itu, minyak kelapa juga mengandung asam laurat, kaprilat, dan kaprat, yang berguna untuk merawat rambut rusak.

Minyak kelapa, penyembuh segala penyakit rambut. (BRIGHTSIDE)

Cara menggunakannya:

Taruh minyak kelapa ke dalam mangkuk. Gosokkan minyak ke kulit kepala dan rambut selama 5 menit dan diamkan hingga semalaman.Pada pagi hari, bilas rambut dengan sampo yang biasa kamu pakai.

4. Madu

Madu menawarkan banyak manfaat ketika digunakan dalam bentuk mentah. Madu adalah humektan alami, yang berfungsi melembabkan rambut dan mencegahnya dari kerusakan. Madu juga sangat efektif mengatasi ketombe dan dermatitis seboroik.

Madu punya banyak manfaat, termasuk diantaranya mengatasi ketombe. (BRIGHTSIDE)

Cara menggunakannya:

Basahi rambut kamu. Larutkan madu dengan air (90% madu dan 10% air). Gosokkan ke kulit kepala selama 3-5 menit. Kemudian diamkan selama beberapa jam.Bilas dengan air.

5. Baking Soda

Sodium bikarbonat atau yang biasa dikenal sebagai baking soda, telah terbukti dapat mengatasi 40 dermatofita, 18 jamur, dan 12 infeksi terkait jamur pada tubuh. Baking soda juga merupakan eksfoliator yang sangat baik sehingga kalau diaplikasikan ke kulit kepala akan mengangkat sel kulit mati. Oleh karena baking soda bersifat basa / alkalin, maka dapat membantu menyeimbangkan pH kulit kepala. Baking soda punya banyak manfaat untuk kulit karena merupakan zat berbahan kuat.

Baking soda tidak boleh diaplikasikan langsung ke kulit kepala. (BRIGHTSIDE)

Cara menggunakannya:

Campurkan baking soda ke dalam sampo yang biasa kamu pakai dan aplikasikan seperti kamu keramas biasanya. Kamu juga bisa memakai kombinasi cuka sari apel dan baking soda secara bersamaan. Kamu hanya perlu mencampurnya dan aplikasikan ke kulit kepala, kemudian bilas dengan air. Jangan aplikasikan baking soda secara langsung di kulit. Kamu harus mencampurnya terlebih dahulu.

6. Lemon

Lemon adalah dikenal sebagai obat untuk mengatasi masalah ketombe. Lemon menyeimbangkan pH kulit kepala dan mengurangi rasa gatal. Selain itu, lemon juga membantu menyingkirkan kelebihan lemak dan minyak dari kulit kepala yang dapat mengurangi penyebaran jamur penyebab ketombe.

Jus lemon jadi salah satu penangkal ketombe. (BRIGHTSIDE)

Cara menggunakannya:

Aplikasikan jus lemon ke kulit kepala. Diamkan selama 35-40 menit. Bilas dengan air. Kamu juga bisa mencampurkan lemon dengan madu atau lemon dengan air.

BRIGHTSIDE | HUFFINGTON POST

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments