hero
(QSOTA)

EDITOR : RIKHA INDRIASWARI

12 Juni 2018, 07:50 WIB

JAKARTA, INDONESIA

Berdasarkan pedoman pola makan ideal, seseorang disarankan mengonsumsi 2.300 miligram. Atau sekitar 1 sendok teh sodium setiap harinya. Namun, konsumsi harian rata-rata kebanyakan orang justru diperkirakan melebihi itu. Yakni sekitar 3.400 miligram sodium atau satu sepertiga sendok teh.

Nah, tahukah kamu kalau asupan garam yang berlebihan dapat menyebabkan hipernatremia dan juga masalah kesehatan yang serius seiring berjalannya waktu? Berikut ini beberapa gejala yang akan muncul pada tubuh kalau konsumsi garam sudah berlebihan, seperti dilansir Brightside: 

1Pembengkakan

Pembengkakan. (BRIGHTSIDE)

Kalau kamu merasa cincinmu menyempit, atau kaki dan area mata membengkak di pagi hari, bisa jadi itu merupakan pertanda konsumsi garam berlebih. Kondisi ini menunjukkan tubuh mulai mengandung banyak air akibat asupan garam yang tinggi, yang biasa disebut edema. Kondisi ini bisa diatasi dengan mengatur diet garam ketat.

2Haus berkepanjangan

Haus berkepanjangan. (BRIGHTSIDE)

Sodium yang terkandung dalam garam membantu menyeimbangkan cairan dalam tubuh. Ketika kamu makan terlalu banyak garam, tubuh membutuhkan lebih banyak cairan untuk membersihkan sistem. Supaya otot dan organ lain dapat berfungsi dengan baik.

Itulah cara tubuh mengoreksi rasio natrium dan air. Yaitu dengan meminta diberi lebih banyak asupan minum agar semuanya kembali normal.

3Mengubah urin

Mengubah urin. (BRIGHTSIDE)

Mengonsumsi banyak garam membuat ginjal bekerja keras mengeluarkannya dari tubuh. Ini dapat menyebabkan penyakit ginjal yang biasanya membuat buang air kecil lebih sering, dengan urin yang tampak transparan atau benar-benar bersih.

Sementara, tingkat sodium yang terlalu tinggi dalam tubuh bisa menyebabkan dehidrasi. Ketika tubuh kehilangan air secara signifikan, output urin pun menurun dan berubah menjadi kuning pekat dan gelap.

4Rasa ngilu di tulang

Rasa ngilu di tulang. (BRIGHTSIDE)

Asupan garam berlebih bisa merusak kekokohan kerangka tubuh. Saat ginjal enggak dapat benar-benar mengeluarkannya, tubuh akan kehilangan kalsium. Kurangnya kalsium yang kronis dapat menyebabkan tulang lemah, masalah gigi, dan menyebabkan osteoporosis.

5Kram otot

Kram otot. (BRIGHTSIDE)

Mempertahankan keseimbangan natrium dan kalium yang tepat sangat penting untuk kesehatan. Unsur-unsur kimia ini bertanggung jawab untuk kontraksi otot. Sehingga konsumsi makanan asin berlebihan berpotensi membuatmu lebih sering mengalami kram atau sesak dan nyeri di otot-otot tubuhmu.

6Sakit kepala terus menerus

Sakit kepala terus menerus. (BRIGHTSIDE)

Konsumsi natrium yang berlebih dapat meningkatkan volume darah. Sehingga semakin banyak ruang dibutuhkan di pembuluh darah. Ekspansi pembuluh darah ini menyebabkan tekanan darah tinggi atau hipertensi. Dan sebagai hasilnya, dapat memicu sakit kepala parah.

7Degradasi kognisi

Degradasi kognisi. (BRIGHTSIDE)

Hipertensi akibat asupan garam yang tinggi dapat merusak arteri yang menuju ke otak. Hal ini bisa memengaruhi kemampuanmu untuk berpikir jernih dan mempersulit berkonsentrasi pada tugas sehari-hari. Selain itu, dehidrasi konstan dapat menyebabkan ingatan memburuk, perasaan lelah, dan reaksi yang lambat.

 

BRIGHTSIDE| NEW ATLAS

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments