hero

EDITOR : DIAN KENCANA DEWI

12 Juni 2018, 18:30 WIB

UZBEKISTAN

Beberapa tahun belakangan ini, Uzbekistan menjadi salah satu negara yang diincar para traveler dunia. Penyebabnya adalah banyaknya jejak sejarah jalur sutera yang ada di negeri para bidadari ini.  Nah, buat traveler Indonesia, menjejakkan kaki di Uzbekistan juga makin mudah, karena sudah bebas visa! Berikut ada beberapa tempat rekomendasi wisata di Uzbekistan yang bisa kamu datangi.

1. Metro Tashkent

Suasana di stasiun bawah tanah Metro Tashkent.

Begitu tiba di ibu kota Uzbekistan, Tashkent, cobain sistem transportasi bawah tanahnya. Sistem kereta bawah tanah yang dibangun pada tahun 1977, di masa pemerintahan Uni Soviet. Stasiun kereta bawah ini jadi atraksi wisata populer karena keindahannya, sehingga disebut salah satu stasiun bawah tanah terindah di dunia.

2. Kompleks Hast Imam

Kawasan Hast Imam di Tashkent. 

Masih di Tashkent, pastikan juga kamu mengunjungi kawasan kota tuanya. Di sana ada kompleks Hast Imam, kawasan bangunan peninggalan abad pertengahan yang menyimpan warisan penting untuk muslim dunia.

Kopian Al-Quran tertua di dunia, di museum Muyi Mubarak.

Di Hast Imam ada museum Muyi Mubarak yang menyimpan salah satu kopian Al-Quran tertua di dunia. Al-Quran ini dibuat pada abad ke-7, di zaman khalifah Utsman Bin Affan.

3. Amir Temur Square

Alun-alun Amir Temur, tempat warga Tashkent berkumpul.

Alun-alun Amir Temur adalah ikon kota Tashkent.  Terletak tepat di pusat kota, alun-alun ini jadi tempat bersantai warga kota. Di sana ada patung Amir Temur yang terbuat dari tembaga berukuran besar. Amir Temur adalah tokoh penting penyebar agama Islam di Asia Tengah, dan pemimpin Dinasti Timurid yang kini dikenal dengan Uzbekistan.

4. Chorzu Bazaar

Pasar Chorzu, salah satu pasar tertua peninggalan jalur sutera.

Pasar Chorzu adalah salah satu pasar peninggalan masa jalur sutera. Pasar ini sudah berusia lebih dari 1000 tahun, dan masih beroperasi hingga sekarang.

Aneka buah kering yang jadi oleh-oleh khas.

Kamu bisa belanja aneka makanan ringan dan oleh-oleh khas Uzbekistan di pasar ini. Bangunannya kece buat foto-foto, loh!

5. Registan Square

Registan Square, dilihat dari atas.

Bangunan bersejarah ini terletak di kota Samarkand, kota berusia 3000 tahun yang dulu jadi sentra perdagangan jalur sutera. Cantiknya Registan Square membuat bangunan ini atraksi wisata utama di Samarkand. Ada 3 bangunan utama di sini, yaitu Ulug Beg Madrasah, Tilya Kori Madrasah dan Sherdor Madrasah.  

Pemandangan Registan saat malam.

Sekarang bangunan ini tak lagi jadi madrasah, melainkan jadi rumah para perajin lokal. Sst, pastikan kamu kesini hingga malam menjelang, cantik banget pemandangannya.

6. Makam Imam Al Bukhari

Makam Imam Al Bukhari.

Enggak jauh dari pusat kota Samarkand, makam penjaga hadist, Imam Al Bukhari, jadi salah satu atraksi wisata religi yang populer.  Kompleks makam Imam Al Bukhari yang cantik, memanjakan mata wisatawan. Peran Presiden Soekarno dalam menemukan makam ini juga jadi cerita sendiri di sini.

7. Yurt Camp

Yurt camp versi modern, bisa kamu cobain.

Nah, untuk merasakan sensasi perpindahan para pedagang jalur sutera, kamu bisa mencoba Yurt Camp. Yurt adalah rumah nomaden yang digunakan para pedagang jalur sutera di masa lampau, untuk melepas lelah dalam perjalanan. Banyak pilihan yurt, kamu tinggal pilih. Mau yang tradisional atau modern. Semua ada!

DIAN KENCANA DEWI

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments