hero

EDITOR : YAYAN SUPRIYANTO

7 Juni 2018, 12:05 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Orang tua tentunya bertanggung jawab memberikan bekal ke anak mereka untuk masa depannya. Bukan cuma bekal materi, tapi juga penanaman sifat yang bermanfaat bagi kehidupan mereka nantinya. Apa saja bekalnya?

1. Berani mengatakan tidak.

(Brightside)

Anak penurut tidak selalu baik. Ada kalanya mereka harus berani menolak suatu hal yang gak baik buat mereka. Misalnya, waktu di sekolah ada temannya yang minta contekan jawaban. Kalau anak kamu memberikannya, tentu jadi hal yang merugikan mereka. Jadi, ajarkan mereka untuk tidak mengiyakan permintaan temannya itu.

 

2. Tidak gampang terpancing bully.

(Brightside)

Disukai atau tidak, praktek bullying memang bisa terjadi di lingkungan. Untuk itu, penting bagi orang tua untuk menanamkan nilai anti bullying ke anak. Misalnya, dengan tidak mudah terpancing emosi saat ada teman sekolahnya yang mengejek. Beri tahu ke mereka, kalau pihak yang membully sebenarnya hanya ingin menarik perhatian dengan membuat orang lain sedih. Jadi gak perlu ditakutin.

3. Peringkat bukan yang terpenting.

(Brightside)

Kalau kita dulu, rasanya penting banget buat dapat peringkat terbaik di kelas. Padahal sebenarnya yang terpenting adalah proses belajarnya bukan hasil akhir yang didapat. Jadi jika nanti anak kamu sedih karena enggak berhasil mendapat peringkat terbaik, sampaikan kalau suatu hari mereka bisa mendapat yang lebih baik lagi. Buat anak merasa optimis dengan usaha belajarnya dan yakinkan kalau kamu tetap sayang, apapun hasil yang didapat.

4. Membantu orang lain.

(Brightside)

Ajarkan anak untuk membantu siapapun. Kamu bisa melatihnya dengan memberi keleluasan pada mereka saat ingin membantu pekerjaan rumah. Beri tanggung jawab untuk memperhatikan sesuatu, misalnya, adiknya yang lebih kecil, sepupunya yang sedang main atau hewan peliharaan di rumah. Cara ini menumbuhkan sikap penolong dan melatih mereka berani membantu orang yang lebih lemah.

5. Mencintai apa yang dilakukan.

(Brightside)

Banyak orang dewasa yang merasa stuck karena melakukan hal yang enggak dia suka. Jadi, jangan sampai Si Kecil merasakan hal yang sama. Bebaskan anak untuk melakukan hobi yang ia suka, asalkan tetap positif ya. Luangkan waktu setidaknya 1 jam per hari agar anak bebas mengeksplorasi dirinya lewat hobi. Kalau terus diasah, hal ini bisa jadi kunci sukses mereka setelah dewasa nanti loh.

6. Olahraga.

(Brightside)

Olahraga berperan dalam membentuk rasa percaya diri dan sportifitas anak. Jadi kalau Si Kecil termasuk pemalu, coba deh ajak dia mengikuti aktivitas olahraga yang berkelompok. Di sisi lain, tetap perhatikan minat anak. Contohnya, kalau dia menyukai dance, jangan paksakan untuk menekuni olahraga baseball. Biarkan anak memilih olahraga yang membuatnya tertarik.

7. Mencintai diri apa adanya.

(Brightside)

Seiring waktu, anak bisa saja memiliki tokoh idola yang membuat mereka membandingkan tampilan tokoh itu dengan diri mereka sendiri. Sebagai orang tua, kamu bisa mengingatkan agar anak tidak terpaku pada kesempurnaan penampilan. Apalagi membandingkan diri sendiri dengan orang lain. Sampaikan ke anak, kalau diri mereka adalah pribadi yang unik dan punya keistimewaan tersendiri. Buat mereka percaya diri dan mencintai dirinya sendiri apa adanya.

BRIGHTSIDE

 

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments