hero
(NET/Christ Messakh)

EDITOR : FEBRY ARIFMAWAN

30 Mei 2018, 13:45 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Tanggal 25 Mei 2018 lalu, Tokopedia meluncurkan festival belanja online pertamanya yang bertajuk Ramadan Ekstra. Lewat akun facebook-nya, pendiri sekaligus CEO Tokopedia, William Tanuwijaya menyampaikan sejumlah hal menarik dari festival belanja mereka ini: 

1Kolaborasi E-Commerce dan Televisi

Sebagai acara pengantar untuk Ramadan Ekstra, Tokopedia bekerja sama dengan Net TV untuk memproduksi acara TV “Semarak Ramadan Ekstra” yang disiarkan di 3 televisi nasional sekaligus. Acara TV ini mengedepankan inovasi pertama kalinya di Indonesia, dimana pemirsa TV dapat berinteraksi secara langsung dengan layar televisi. 

Mulai dari “See now, Buy now” dimana pemirsa TV dapat membeli apa yang mereka lihat di layar TV, chatting dengan pemirsa TV lainnya, ikut menentukan pilihan acara yang lebih diminati, hingga hujan hadiah lewat program ketupat kejutan.

NET bekerjasama dengan Tokopedia memproduksi "Semarak Ramadan Ekstra". (NET/Christ Messakh) 

 

2Aplikasi Tokopedia Kalahkan Facebook dan Instagram

Animo dan antusias dari masyarakat ternyata sangat besar menyambut program Ramadan Ekstra ini. Aplikasi Tokopedia berhasil menjadi apilkasi #1 Top Chart di Apple Store dan #3 Top Chart di Google Play mengalahkan Facebook dan Instagram.

Menurut data Google Analytic, sepanjang bulan Mei 2018, Tokopedia sudah melayani lebih dari 65 juta masyarakat Indonesia yang mengunjungi Tokopedia setidaknya 300 juta kali kunjungan di bulan ini. 65 juta pengunjung setara dengan 11x populasi Singapura.

3Nominal Transaksi di Hari H Cetak Rekor

Di hari H program Ramadan Ekstra, nominal transaksi yang terjadi setara dengan akumulasi nominal transaksi Tokopedia sepanjang 5 tahun pertama (Agustus 2009-Juni 2014). Dalam 10 menit pertama saja, nominal transaksi yang terjadi sudah mengalahkan nominal transaksi sepanjang tahun pertama Tokopedia (Agustus 2009-July 2010).

"Semarak Ramadan Ekstra" di ICE BSD, Tangerang Selatan, 24 Mei 2018. (NET/Christ Messakh)

 

4Pengalaman Baru bagi Tokopedia

Kemeriahan dan antusiasme Ramadan Ekstra pun bukan tanpa masalah, beberapa kali situs dan aplikasi Tokopedia sempat mengalami kendala teknis. William Tanuwijaya mengapresiasi kegigihan para Nakama untuk menghadapi kendala itu. Nakama merupakan sebutan untuk karyawan Tokopedia yang diambil dari Bahasa Jepang, artinya teman atau keluarga. 

Program "Semarak Ramadan Ekstra disiarkan di 3 stasiun televisi, 24 Mei 2018. (NET/Christ Messakh)

“Dalam momen-momen ketidak-sempurnaan itulah, kami mendapatkan pelajaran dan pengalaman berharga yang menjadi motivasi kami agar di tahun-tahun mendatang, Ramadan Ekstra akan menghadirkan pengalaman yang jauh lebih baik lagi,” tulis William.

5Ramadan Ekstra Sebagai Festival Tahunan

Suasana program Semarak Ramadan Ekstra, 24 Mei 2018. (NET/Christ Messakh) 

William Tanuwijaya bercita-cita agar Ramadan Ekstra di tahun-tahun mendatang bisa menjadi festival tahunan yang dirayakan seperti Black Friday di Amerika, Boxing Day di Eropa, Single Day di China, atau Big Billion Day di India. Festival tahunan yang sarat dengan kearifan lokal, sesuai budaya setempat.

TIM LIPUTAN

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments