hero

EDITOR : DIAN KENCANA DEWI

31 Agustus 2018, 14:00 WIB

KOREA SELATAN

Tahun 2017 menjadi tahun emas bagi boyband asal Korea Selatan. Saat itu mereka memenangkan banyak penghargaan. Salah satunya memenangkan penghargaan Top Social Artis di Billboard Music Awards. Tahun ini, mereka kembali membawa pulang penghargaan yang sama, dengan perolehan 94 persen suara! Enggak hanya itu, BTS juga menjadi pengisi acara dalam Billboard Music Awards 2018. Mereka membawakan lagu terbarunya “Fake Love” live di depan publik Amerika Serikat. BTS adalah artis K-Pop pertama yang mendapatkan kehormatan ini.

Kesuksesan mereka tentu enggak datang dalam waktu singkat. BTS debut sejak tahun 2013, dari awal mereka mengusung konsep bermusik yang mengangkat isu-isu di dunia anak muda.  Gerakan dance yang powerful dan rumit juga jadi ciri khas BTS. Nah, bagaimana awal mulai 7 cowok ganteng ini direkrut hingga jadi BTS? Ini ceritanya!

 

1.RM-Rapper

RM, leader BTS, anggota pertama yang direkrut Big Hit.

Kim Namjoon alias RM jatuh cinta dengan rap sejak kelas 6 SD. Ia pun mulai nge-rap dan memulai karirsnya sebagai rapper underground di tahun 2007. Lalu bergabung dengan grup rap “Daenamhyup”. Seiring dengan makin jago skill rap-nya, RM diajak audisi untuk agensi hip-hop underground, disanalah ia bertemu Sleepy dari Untouchable yang jadi jurinya.

RM saat masih trainee.

Sleepy sangat terkesan dengan kemampuan rap RM dan memberikan nomor teleponnya ke Bang Shi Hyuk, produser di Big Hit Entertainment. Tahun 2010, RM lalu ikut audisi untuk Big Hit hingga akhirnya diterima dan menjadi anggota BTS pertama.

2. Suga-Rapper

Suga, rapper BTS yang dikenal dengan gaya swag-nya.

Berasal dari Daegu, Min Yoongi alias Suga sebelumnya sempat jadi rapper dan produser di tempat hip-hop underground. Menggunakan nama “Gloss”, ia mulai tampil sejak SMA. Enggak hanya skill rap-nya, Suga juga dikenal sebagai produser dan komposer untuk artis lokal daegu, terutama untuk grup “D-Town”.

Suga ketika masih trainee.

Keinginan untuk membawa musiknya ke tingkat yang lebih tinggi, Suga memutuskan ikut audisi kompetisi rap untuk Big Hit Entertainment. Suga mendapat juara kedua dan bergabung dengan Big Hit sebagai produser dan trainee. Awalnya Suga hanya ingin jadi produser, tapi ia diyakinkan untuk gabung BTS di tahun 2010. Sampai sekarang Suga sering curcol kalau Bang Shi Hyuk ngibulin dia untuk gabung BTS.

3. J-Hope-Rapper

J-Hope, rapper BTS dengan skill dance yang kece.

Kecintaan pada dunia tari membuat Jung Hoseok alias J-Hope ikut audisi untuk JYP Entertainment. Sayangnya meski ia lolos beberapa tahap, J-Hope tak diterima di JYP. Kemudian ia ikut audisi untuk Big Hit Entertainment. Dengan skill tari dan potensi rapper-nya, J-Hope akhirnya diterima dan jadi trainee.

J-Hope!

Selama jadi trainee ia juga aktif dalam berbagai kegiatan musik artis Big Hit lainnya. Baik sebagai penari latar maupun rapper.

4. Jin-Vokalis

Kim Seokjin dicasting di jalan oleh Big Hit.

Kim Seokjin alias Jin alias Mr. Worldwide Handsome. Berasal dari Anyang, inilah salah satu member BTS yang sering viral fotonya. Jin adalah anggota ke-empat BTS. Sebelum bergabung dengan Big Hit, Jin sempat dicasting di jalan oleh SM Entertainment. Namun ia tak pernah menindaklanjutinya karena mengira itu tipuan.

Jin ketika masih sekolah.

Lalu ia dicasting di jalan lagi ketika sudah kuliah. Salah satu perwakilan Big Hit Entertainment melihat Jin keluar dari bus dan menyakinnya untuk ikut audisi. Jin enggak punya pengalaman bernyanyi ataupun menari. Karena ia mengambil jurusan akting, Jin ikut audisi untuk menjadi aktor. Namun, Big Hit punya rencana lain, hingga akhirnya Jin jadi salah satu trainee untuk BTS.

5. Jungkook-Vokalis

Jungkook memilih Big Hit karena ada RM.

Jeon Jungkook adalah anggota berusia termuda alias maknae di BTS. Ia sempat ikut audisi saat usianya 15 tahun untuk acara “ Superstar K” musim ketiga di Busan. Sayangnya Jungkook enggak lolos. Namun dari audisi itu, banyak agensi yang melihat potensinya dan menawari untuk bergabung dengan mereka. Total ada 7 agensi yang berminat merekrutnya, diantaranya JYP, Starship dan FNC.

Jungkook sempat ditawari oleh 7 agensi hiburan di Korea.

Jungkook akhirnya memilih bergabung bersama Big Hit Entertainment karena kagum dengan skill rap RM. Ia ingin berlatih bersama RM.

6.V-Vokalis

V tak sengaja ikut casting di Big Hit.

Kim Taehyung alias V, penyanyi yang bersuara berat ini sebelum bergabung dengan BTS secara tidak sengaja. Dibesarkan di keluarga petani di Daegu, impiannya mengejar karir di bidang musik. Suatu hari ia mengantar temannya untuk ikut audisi di Big Hit Entertainment.

Tampilan V ketika masih sekolah.

Namun seorang perwakilan dari Big Hit melihatnya dan meminta V untuk ikut audisi juga. Siapa sangka, V jadi satu-satunya wakil Daegu yang lolos audisi Big Hit hari itu.

7. Jimin-Vokalis

Jimin jadi anggota terakhir yang direkrut.

Park Jimin adalah anggota terakhir yang direkrut untuk BTS. Berasal dari Busan, Jimin sekolah di Busan High School of Arts, dan menduduki peringkat atas untuk kelas tari.

Park Jimin saat trainee.

Melihat bakatnya, salah satu guru tari mendorongnya ikut audisi untuk Big Hit Entertainment. Jimin lolos dan pindah ke Seoul sebagai trainee dan bergabung dengan BTS.

KOREA BOO | SOOMPI

6

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments