hero

EDITOR : DIAN KENCANA DEWI

23 Mei 2018, 14:00 WIB

INDONESIA

Seluruh kegiatan dan kesibukan yang dilakukan setiap harinya terkadang membuat kita tidak menyadari pesan atau tanda yang dikirimkan tubuh kita terkait dengan kondisi tubuh. Ternyata tanda yang dikirimkan tubuh ini merupakan pengingat bagi kita bahwa ada yang bermasalah dengan tubuh kita. Salah satunya adalah organ ginjal. Jika tanda ini didiamkan maka mungkin saja bisa berakibat fatal. Berikut ini adalah beberapa tanda yang dapat mengindikasikan kalau ginjal kamu tidak bekerja dengan baik.

 

                                                                                                                                                                                                       

1. Masalah Tidur

BRIGHTSIDE

Ketika ginjal kamu tidak berfungsi dengan baik, ini berarti bahwa racun tidak dapat keluar melalui urin dan tertinggal di dalam darah. Peningkatan jumlah racun membuat kamu sulit untuk tidur. Itulah mengapa ketika kamu kurang tidur akan meningkatkan risiko gagal ginjal.

Peringatan: Orang dengan penyakit ginjal kronis bisanya menderita apnea tidur. Apnea tidur merupakan penyakit yang menyebabkan satu atau lebih jeda dalam nafas ketika tidur. Waktu jeda ini berlangsung dari beberapa detik hingga satu menit. Setelah setiap jeda, nafas kembali normal dengan dengkuran keras. Dengkuran keras yang terus terjadi menandakan bahwa sudah saatnya menemui dokter.

2. Sakit kepala, kelelahan, dan kelelahan secara umum

BRIGHTSIDE

Fungsi dari ginjal yang benar dan sehat adalah mengubah vitamin D dalam tubuh untuk menjaga tulang tetap kuat dan memproduksi hormon yang disebut Erythropoietin (EPO). Hormon ini memainkan peranan penting dalam produksi sel darah merah. Ketika ginjal tidak berfungsi dengan benar, mereka memproduksi lebih sedikit EPO. Penurunan sel darah merah (yang membawa oksigen) berakibat pada efek cepat lelah pada otot dan tulang kamu.

Peringatan: Orang dengan penyakit ginjal kronis normal mengalami anemia. Anemia bisa mulai berkembang ketika seorang memiliki 20% hingga 50% tingkat fungsi ginjal normal. Jika kamu mendapatnya tidur dan istirahat yang cukup, tapi terus merasakan kelelahan, kurang energi, dan selalu lemah, kamu harus segera pergi ke dokter.

3. Memiliki kulit kering dan gatal

BRIGHTSIDE

Ginjal sehat melakukan pekerjaan besar dengan menghilangkan sisa dan cairan ekstra dari darah, membantu produksi sel darah merah, dan menjaga jumlah mineral dalam tubuh. Gatal dan kulit kering merupakan tanda kegagalan ginjal untuk menjaga jumlah seimbang dari mineral dan nutrisi yang dapat mengakibatkan penyakit tulang dan ginjal.

Peringatan: Jika kamu memiliki kulit kering dan gatal, cobalah untuk selalu terhidrasi. Ingat, sebelum meminum obat apapun untuk gatal, konsultasilah dengan dokter. Beberapa obat mengandung bahan yang berpotensi merusak fungsi ginjal lebih lanjut.

4. Mengalami nafas bau dan rasa besi

BRIGHTSIDE

Ketika banyak kotoran dalam darah, rasa makanan akan berubah dan meninggalkan rasa besi dalam mulut. Mengalami nafas bau merupakan tanda lain karena memiliki terlalu banyak racun dan kontaminasi dalam aliran darah. Lebih lanjut, kamu juga akan berhenti ingin makan daging dan kehilangan nafsu makan, yang dapat menyebabkan penurunan berat badan yang tidak sehat.

Peringatan: Ada berbagai alasan kenapa makanan memiliki rasa besi (dari alergi sampai kesehatan mulut buruk). Normalnya, rasa besi dalam mulut akan hilang jika penyebabnya diobati. Jika rasanya terus muncul, kamu harus cepat-cepat ke dokter.

5. Sesak nafas

BRIGHTSIDE

Hubungan antara penyakit ginjal dan mengalami sesak nafas disebabkan oleh 2 faktor. Pertama, cairan ekstra dalam tubuh yang bergerak ke paru-paru ketika ginjal tidak berfungsi dengan baik. Kedua, anemia menghilangkan oksigen dalam tubuh yang mengakibatkan sesak nafas.

Peringatan: Ada banyak alasan dari sesak nafas dari gagal ginjal hingga asthma dan kanker paru-paru atau gagal jantung. Jika kamu menyadari bahwa kamu sering sesak nafas setelah bergerak sedikit lebih banyak, kamu harus menghubungi dokter kamu secepatnya.

 

6. Pergelangan kaki dan tangan bengkak

BRIGHTSIDE

Ginjal yang gagal bekerja dengan baik tidak menghilangkan cairan ekstra dari tubuh. Ini mengarah pada retensi natrium yang menyebabkan pergelangan kaki dan tangan membengkak. Pembengkakan pada bagian bawah tubuh bisa juga menjadi tanda dari penyakit jantung dan hati atau masalah pada pembuluh darah kaki.

Peringatan: Terkadang mengonsumsi obat, mengurangi garam dan menghilangkan sisa cairan dari dalam tubuh bisa menghentikan pembengkakan. Jika tidak membantu, maka kamu membutuhkan perawatan terpisah.

7. Sakit punggung

BRIGHTSIDE

Gagal ginjal dapat mengakibatkan sakit punggung yang biasanya dapal dan berlokasi di bawah tulang rusuk. Ini bisa terasa di bagian depan selangkangan atau area pinggang. sakit punggung dan kaki dapat disebabkan oleh kita ginjal, yang merupakan kantung besar berisi cairan yang terbentuk dalam ginjal, dan merupakan akibat dari penyakit ginjal polikistik.

Saran: Sakit punggung akibat gagal ginjal disertai dengan rasa sakit, muntah, suhu tubuh tinggi, dan sering buang air kecil. Sakit punggung biasa yang tidak berhubungan dengan aktifitas abnormal ginjal: sakit hanya pada satu titik dan terjadi tiba-tiba, tidak ada demam. Jika kamu terus mengalami sakit punggung dan obat pereda nyeri tidak efektif, langsung temui dokter.

8. Mata sembab

BRIGHTSIDE

Satu tanda awal bahwa sistem penyaringan ginjal rusak dan timbulnya protein dalam urin,yang mengakibatkan sebab di area mata. Sembab di area amata dapat dijelaskan dengan fakta bahwa ginjal kamu mengirimkan sejumlah besar protein ke dalam urin dari pada menyimpannya dan menyalurkannya ke seluruh tubuh.

Saran: Jika kamu yakin tubuh kamu cukup istrahat dan protein, tapi mata kamu terus sembab, maka segera kunjungi dokter.

9. Tekanan darah tinggi

BRIGHTSIDE

Sistem sirkulasi dan ginjal saling bergantung satu sama lain. Ginjal memiliki nefron kecil yang menyaring sisa pencernaan dan cairan ekstra dari darah. Jika pembuluh darah rusak, nefron yang menyaring darah kamu tidak menerima cukup oksigen dan nutrisi. Itulah mengapa tekanan darah tinggi merupakan penyebab gagal ginjal kedua terbesar.

Saran: Belajar untuk mengatur tekanan darah tinggi kamu untuk mencegah gagal ginjal. Konsumsi makanan yang kaya akan asam folat yang digunakan dalam produksi sel darah meraj dan dapat membantu mencegah anemia.

10. Perubahan pada urin

BRIGHTSIDE

Ginjal bertugas untuk memproduksi urin dan membuang sisa percernaan melalui urin. Perubahan dalam frekuensi, bau, warna dan tampilan dari urin tidak boleh diabaikan. Perubahan yang biasa terjadi, yaitu:

- meningkatnya keinginan buang air kecil, terutama ketika malam hari. Kapan saja antara 4 hingga 10 kali pada siang hari masih dianggap normal.

- Melihat darah dalam urin. Ginjal sehat menyaring sisa dari darah untuk menghasilkan urin, tapi jika penyaring rusak sel darah merah akan mungkin mulai bercampur dalam urin.

- Memiliki urin berbusa. Busa pada urin, terutama pada urin yang membuat kamu menyiram beberapa kali sampai hilang, menandakan bahwa protein yang tidak dibutuhkan berada dalam urin.

BRIGHTSIDE | HEALTH

6

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments