hero

EDITOR : DIAN KENCANA DEWI

22 Mei 2018, 14:00 WIB

JEPANG

Jepang merupakan negara yang kaya akan budaya, memadukan tradisi zaman dahulu dengan kecanggihan teknologi zaman sekarang. Negara matahari terbit ini, terkadang bisa membuat kita heran dan terkejut karena keunikan yang Jepang miliki seperti berasal dari planet lain. Kali ini Bright Side merangkum beberapa fakta tentang kehidupan di Jepang yang dapat membuat kamu takjub.

1. Makanan Tiruan di Restoran Jepang

Display makanan yang menggiurkan!

Restoran Jepang memajang makanan tiruan yang terbuat dari clay. Makanan tiruan tersebut dibuat mirip seperti makanan yang tersedia di dalam menu dan dipajang di etalase atau jendela restoran. Saking miripnya, bisa bikin orang yang lihat jadi ngiler loh.

2. Sandal yang Bisa Parkir Sendiri

Sandalnya ada roda dan bisa parkir sendiri, jadi kamu enggak repot. 

Sebuah hotel di Jepang menyediakan sandal yang bisa parkir sendiri untuk para tamunya. Sandal itu didesain agar dapat parkir sendiri di tempat yang sudah ditentukan. Setiap pasang sandal dilengkapi dengan dua buah roda, satu buah mesin, dan sensor. Sandal canggih ini dibuat oleh perusahaan Nissan.

3. Kompetisi yang Bersahabat

Poster iklan yang menyarankan pengunjung datang ke tempat lain.

Tempat pemandian air panas Beppu di Jepang membuat iklan demi kepentingan saingan bisnisnya sendiri yaitu pemandian air panas Kusatsu yang baru saja terkena musibah gempa bumi. Pasca musibah itu, pengunjung Kusatsu menurun drastis. Slogan di dalam iklan yang dipasang oleh pihak Beppu berbunyi "Daripada ke Beppu, lebih baik kamu pergi ke Kusatsu sekarang". Sementara itu, laman web resmi Beppu menyatakan bahwa mereka akan tetap berkompetisi dengan Kusatsu begitu keadaan sudah membaik.

4. Payung Sekali Pakai

Payung-payung rusak ini bisa kamu lihat usai hujan lebat.

Payung sekali pakai sangat populer di Jepang. Payung itu harganya murah sehingga pengguna tidak perlu khawatir untuk merusaknya. Terlebih, payung-payung di Jepang memang mudah rusak lantaran cuaca yang buruk. Kamu bisa melihat banyak sekali payung bekas pakai di dekat stasiun metro begitu hujan sudah reda.

5. Di Jepang, Ekspektasi sama dengan Realita

Makanan dan minumannya sama persis dengan iklannya!

Ketika kamu memesan makanan di Jepang, kamu akan mendapat hidangan yang tampilannya sama persis seperti di dalam menu.

6. Bando Berbentuk Kucing

Hayooo, siapa yang pede pakai bando kucing ini?

Orang Jepang sangat menyukai kucing. Oleh karena itu, mereka membuat aksesoris bagi yang enggak bisa terpisah sama kucing.

7. Kotatsu di dalam Bioskop

Bioskop dengan meja penghangat! Nonton bioskop dengan nyaman.

Baru-baru ini, sebuah bioskop baru dengan kursi super nyaman dibuka di Tokorozawa. Kamu akan berasa nonton di rumah karena semua tempat duduk dilengkapi dengan kotatsu, yaitu sebuah meja yang berguna sebagai penghangat ruangan. 

8. Antrean Masuk Kereta yang Terorganisir

Liat deh antrean kereta di Jepang. Rapi banget, ya?

Orang-orang yang ingin naik kereta akan mengantre dengan sangat rapi. Walaupun enggak ada area tersendiri di dalam antrean tersebut, mereka menjaga barisannya dengan teratur. Jadi enggak ada cerita sikut-sikutan berebut masuk kereta. Semua sesuai giliran antreannya.

9. Penjaga Eskalator Rusak

Penjaga eskalator rusak, agak tidak ada yang menggunakannya.

Ketika ada eskalator yang rusak di dalam mall Sapporo, dengan segera eskalator diberi pembatas dan tanda peringatan. Tak hanya itu, ada seorang petugas khusus yang menjaga eskalator tersebut dan memberi peringatan pada pengguna eskalator serta mengontrol situasi.

10. Bentuk Protes Supir Bus yang Menguntungkan Penumpang

Demo angkutan umum yang tetap mementingkan penumpangnya.

Supir bus di kota Okayama, Jepang mengadakan aksi protes. Biasanya aksi protes atau demo akan menyebabkan situasi yang tidak nyaman, tapi lain halnya yang terjadi di Jepang. Para supir bus itu melakukan aksi protes dengan mengangkut penumpang namun tidak memungut biaya sama sekali. Sehingga, perusahaan merugi tapi penumpang jadi senang.

BRIGHT SIDE | JAPAN TODAY

2

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments