hero

EDITOR : DIAN KENCANA DEWI

21 Mei 2018, 08:45 WIB

JEPANG

Apa kamu sudah pernah pergi ke Jepang? Negeri Sakura ini punya beragam keunikan tersendiri loh! Berikut 10 hal yang kamu cuma bisa lihat di Jepang;

 

 

1. Vending Machine

Hanya di Jepang kamu bisa menemukan apa aja di vending machine. (TSUNAGU JAPAN)

Jepang dikenal sebagai negara yang memiliki banyak vending machine atau mesin penjual otomatis. Biasanya, vending machine hanya menjual minuman saja, tapi di Jepang ada vending machine yang menjual makanan cepat saji, permen, es krim, rokok, buku, koran, payung, dan bahkan keperluan untuk orang dewasa.

2. Kit Kat Edisi Terbatas

Ini dia buruan oleh-oleh favorit wisatawan di Jepang. (TSUNAGU JAPAN)

Kit-Kat edisi terbatas ini adalah suvenir yang paling populer di kalangan turis. Di Jepang, ada beragam jenis varian rasa Kit Kat, menyenangkan sekali bukan kalau bisa nyobain semua rasanya.

3. Hotel Kapsul

Hotel Kapsul, wajib dicoba kalau ke Jepang. (TSUNAGU JAPAN)

Hotel berbentuk kapsul yang biasanya ada di dalam pesawat luar angkasa ini merupakan penginapan yang unik di Jepang. Arsitek Kisho Kurokawa, merancang hotel tersebut untuk pertama kalinya pada Osaka World Fair 1970. Hotel ini banyak menarik perhatian para turis sebab tidak hanya murah dan aman, menginap di hotel kapsul rasanya seperti tinggal dunia sains fiksi.  

4. Bagi-bagi Tisu Gratis di Jalanan

Bagi-bagi tisu gratis untuk mempromosikan produknya. (TSUNAGU JAPAN)

Pembagian tisu gratis di jalanan adalah pemandangan umum di Jepang. Biasanya, perusahaan menempatkan iklan perusahaan mereka di dalam kemasan tisu sehingga orang jadi tahu tentang produk perusahaan tersebut. Diketahui bahwa produksi tisu saku di Jepang mencapai angka 5 miliar bungkus per tahun dengan total anggaran sekitar 100 miliar yen atau setara dengan 14 triliun rupiah.

5. Handuk Basah

Handuk basah biasanya diberikan di restoran, fungsinya untuk menyeka tangan. (TSUNAGU JAPAN)

Kalau kamu duduk di sebuah restoran di Jepang, biasanya pelanggan akan disediakan handuk basah atau "oshibori". Handuk basah ini digunakan untuk menyeka tangan sehingga pelanggan restoran bisa makan secara higienis. Oshibori bisa terasa hangat atau dingin tergantung dari masing-masing restoran. Ini juga dianggap sebagai simbol keramahtamahan Jepang. 

6. Kotatsu

Kotatsu, meja penghangat di musim dingin. (TSUNAGU JAPAN)

Jika berbicara soal musim dingin di Jepang, pasti tidak terlepas dari Kotatsu. Kotatsu adalah pemanas rumah yang terdiri dari meja yang diletakkan di lantai disertai dengan selimut sehingga pamanas yang ada di dalamnya tidak kelihatan. Kotatsu sering muncul di berbagai anime atau film Jepang, jadi sudah banyak orang di seluruh dunia yang tahu tentang pemanas rumah ini. Saat musim dingin tiba, biasanya keluarga-keluarga di Jepang akan duduk di bawah kotatsu sambil makan dan menonton tv bersama. 

7. Semangka Persegi Empat

Semangka kotak yang dijual untuk pajangan. (TSUNAGU JAPAN)

Semangka dengan bentuk persegi empat ini diproduksi di Prefektur Kagawa di Jepang. Produksi semangka persegi empat membutuhkan banyak tenaga kerja, oleh karena itu mereka hanya menghasilkan beberapa ratus dalam setahun. Semangka persegi empat ini diproduksi lantaran agar mudah ditumpuk saat dikirim. Namun, semangka jenis ini banyak yang dijual sebagai pajangan bukan untuk dimakan. Jadi buah itu dipanen sebelum matang

8. Pintu Taksi Otomatis

Di Jepang, pintu taksi terbuka otomatis. (TSUNAGU JAPAN)

Hal mengejutkan bagi para turis yang baru pertama kali ke Jepang salah satunya adalah pintu taksi otomatis. Sebuah perusahaan taksi besar memperkenalkan pintu taksi otomatis ini pada Olimpiade Tokyo tahun 1964. Dengan adanya pintu taksi otomatis, pengguna taksi diharapkan memiliki perjalanan yang menyenangkan. 

9. Anak-Anak Pergi ke Sekolah Seorang Diri

Anak-anak di Jepang berangkat sekolah sendiri. (TSUNAGU JAPAN)

Di daerah Barat, sebisa mungkin orang tua mengantar anak-anak mereka ke sekolah, tetapi di Jepang, kebanyakan anak-anak pergi ke sekolah sendirian. Ada juga anak-anak yang menggunakan transportasi umum untuk pergi ke sekolah, seperti kereta bawah tanah dan bus.

10. Merendam Kaki di dalam Shinkansen

Fasilitas rendam kaki di Shinkansen. (JAPAN TIMES)

Kereta shinkansen Yamagata yang beroperasi dari Fukushima hingga Shinjo memiliki fasilitas untuk merendam kaki. Para pengguna kereta dapat menikmati pemandangan sambil bersantai merendam kaki mereka. Kereta ini juga dilengkapi dengan lantai tatami, lantai yang ada di rumah tradisional Jepang. 

JAPAN TIMES | TSUNAGU JAPAN

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments