hero

EDITOR : DIAN KENCANA DEWI

16 Mei 2018, 14:00 WIB

INDONESIA

Obesitas meningkat sebanyak tiga kali lipat di seluruh dunia pada tahun 1975 sampai 2017 dengan total sekitar 1,9 miliar orang dewasa kelebihan berat badan. Dari jumlah tersebut, sebanyak 650 juta orang dewasa mengalami obesitas. Tidak mudah menjaga komitmen untuk memiliki tubuh yang sehat. Selain itu, kesibukkan pun membuat kita tak punya banyak waktu. Bright Side telah merangkum cara simple yang bisa membantu menurunkan berat badan agar kamu tetap sehat dan bahagia!

1. Matikan Lampu

Siapa sangka, mematikan lampu saat tidur membantu proses penurunan berat badan? (BRIGHT SIDE)

Sebuah studi yang dilakukan oleh Ohio State University menujukkan bahwa berada di dalam ruangan yang gelap dapat membuat berat badan tubuh jadi lebih ringan. 

2. Tidur dalam Ruangan Bersuhu Dingin

Saat kita tidur di dalam ruangan bersuhu dingin, tubuh akan membakar lemak yang tersimpan di perut untuk menghangatkan tubuh. Sebuah penelitian yang diterbitkan jurnal berjudul "Diabetes" menyatakan bahwa orang yang tidur dengan suhu kamar sekitar 66° fahrenheit atau 19° celcius membakar lemak 7% lebih banyak dibanding dengan  mereka yang tidur di kamar dengan suhu lebih hangat.

3. Minum Teh

Minum teh hijau lebih sering untuk membantu diet kamu.

Mengonsumsi 8 gelas air putih sehari sudah biasa. Kamu harus tetap minum air putih, tetapi hanya ketika kamu haus saja. Pada kesempatan lain, lebih baik kamu meminum teh (terutama teh hijau) karena mengandung banyak antioksidan dan dapat membantu menurunkan berat badan. Sebagai manfaat tambahan, teh hijau membantu melindungi kita dari penyakit  kanker.

4. Tidur Cukup

Tidur cukup membantu metabolisme tubuh.

Beristirahat yang cukup sangat penting agar tubuh dapat berfungsi dengan baik. Sebuah penelitian menemukan bahwa orang yang berdiet mengonsumsi kalori 6% lebih sedikit ketika mereka tidur cukup.

5. Makan Camilan Sehat

Camilan sehat untuk mengisi perut di antara waktu makan.

 

Makanlah yang banyak tapi tidak pada waktu makan. Kalau kamu menunggu sampai kamu benar-benar lapar, maka kamu akan makan lebih banyak sampai kamu kekenyangan. Lalu, kamu makannya juga jadi cepat-cepat yang mana sangat tidak disarankan.

Simpan camilan sehatmu seperti biji bunga matahari, kacang almond, irisan apel, keripik gandum, serta keju rendah lemak dan makanlah setiap beberapa jam.

6. Bikin Makanan Pedas

Buat pecinta pedas, lanjutkan!

Makan makanan pedas dapat meningkatkan metabolisme kamu sampai 8% sehingga meningkatkan kecepatan pembakaran kalori di tubuh kamu. Selain itu, makan makanan pedas membuat orang untuk makan perlahan. Hal ini sangat bagus untuk metabolisme tubuh kamu.

7. Makan Sup Sebelum Makan Makanan Utama

Sop sebelum makanan utama sangat disarankan.

Baru-baru ini, sebuah penelitian menyatakan bahwa mangonsumsi semangkuk sup sebelum makan makanan utama dapat membantu mengurangi nafsu makan. Ketika kamu menunggu sup sampai menjadi dingin, kamu pun memakannya secara perlahan. Itu akan memberi otak, hormon, dan perut kamu waktu yang cukup untuk mengoordinasikan pesan “kenyang”.

BRIGHT SIDE | COSMOPOLITAN

 

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments