hero
(Pixabay)

EDITOR : YAYAN SUPRIYANTO

16 Mei 2018, 06:05 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Sebagai minuman terpopuler di dunia, minum kopi sudah menjadi kebutuhan tren dan gaya hidup. Hampir setiap orang memiliki selera penyajian kopi yang berbeda-beda, mulai dari dicampur susu, disajikan panas, dengan gula, atapun diaduk bersama coklat. Ternyata selain sebagai teman bersantai dan penambah energi, kopi memiliki banyak kegunaan yang jarang diketahui loh, seperti yang berikut ini:

1. PENGHARUM TANGAN

(Brightside)

Selain rasa pahit khas, aroma kopi memang menjadi salah satu daya pikat. Jika kamu suka dengan aroma kopi, kamu bisa menggunakan bubuk kopi segar sebagai penghilang aroma tajam seperti bawang dari tangan kamu loh. Cukup gosok bubuk kopi ke seluruh permukaan tanganmu lalu bilas dengan air.

 

2. MASKER WAJAH

(Brightside)

Kandungan antioksidan yang tinggi dalam kopi ternyata bisa dimanfaatkan sebagai masker wajah yang mampu mengurangi kerutan. Kamu bisa mencampurkan bubuk kopi dengan satu sendok baking soda, lalu usapkan ke seluruh wajah, diamkan selama 20 menit, lalu bilas dengan air hangat, jangan lupa gunakan pelembab wajah setelahnya. Jika digunakan secara berkala, dijamin wajah kembali muda.

3. PENYEGAR RUANGAN

(Brightside)

Beragam jenis bahan makanan berbau tajam seringkali membuat lemari es beraroma tidak sedap. Cukup letakan cangkir kopi sisa yang baru saja kamu minum di dalam lemari es, maka aroma kopi akan menlenyapkan bau menyengat lemari es kamu.

4. OBAT ANTI SELULIT

(Brightside)

Selain peningkat adrenalin dan metabolisme, kandungan kafein pada kopi juga bisa digunakan sebagai penghilang selulit. Campurkan saja sisa kopimu dengan minyak kelapa secukupnya, letakan pada area selulit dan pijat memutar, bilas dengan air, dan kamu sudah menghemat uang untuk pengobatan selulit yang mahal.

5. PENGHILANG KUTU

(Brightside)

Aroma kopi yang kuat ternyata tidak disukai oleh kutu hewan. Jika kamu punya binatang peliharaan dengan kutu parasit yang mengganggu, kamu bisa menggosoknya dengan sisa bubuk kopi setelah mandi, dijamin kutu-kutu bakal pergi.

 

6. NUTRISI RAMBUT

(Brightside)

Selain kulit, rambutmu juga bisa tambah cantik dengan kopi. Seduh kopi secukupnya, setelah dingin usapkan pada rambutmu, pijat kulit kepala dengan gerakan melingkar, lalu diamkan selama 20 menit, bilas hingga bersih, dan rambutmu akan lembut, bersinar, serta jauh dari rontok.

7. MENYUBURKAN TANAMAN

(Brightside)

Bubuk kopi juga bisa membantu menyuburkan tanaman. Campurkan perbandingan 20% kopi dengan kompos, lalu tuangkan pada tanah di kebun atau di dalam pot, tanamanmu pun akan subur dan semakin ternutrisi.

8. PENGUSIR KUCING

(Brightside)

Tanaman semakin subur dan ternutrisi tapi rusak akibat kucing liar? Cukup taburkan bubuk kopi yang dicampur kulit jeruk di sekitar kebunmu, aroma kuatnya akan membuat kucing liar takut dan enggak balik lagi.

9. SCRUB TUBUH

(Brightside)

Daripada menggunakan scrub berbahan kimia, kamu bisa memanfaatkan bubuk kopi sebagai scrub alami yang dicampur dengan minyak zaitun, gosokan ke seluruh area tubuhmu, diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air hangat.

10. PENYEGAR UDARA

(Brightside)

Jika kamu enggak suka dengan aroma pengharum ruangan yang mengandung bahan-bahan kimia, gunakan saja sisa bubuk kopimu dengan memasukannya ke dalam stocking bekas, lalu letakan di ruangan, mobil, ataupun lemarimu.

 

11. PENGKILAP PERABOTAN

(Brightside)

Setelah udara segar dengan aroma kopi, giliran perabotanmu yang harus terlihat segar dan mengkilap. Gunakan saja sisa bubuk kopimu, gosok pada permukaan perabotan dengan menggunakan kain, maka perabotanmu akan terlihat seperti baru. 

12. DEKORASI

(Brightside)

Perabotan yang sudah mengkilap bisa kamu percantik dengan hiasan dari biji kopi. Kreasikan biji-biji kopi dengan meletakannya pada botol kaca transparan berbentuk unik, lalu letakan di sudut-sudut perabotan favoritmu.

13. BAHAN MASAKAN

(Brightside)

Kenikmatan rasa kopi juga bisa kamu kreasikan dalam bentuk makanan. Beragam cara bisa dilakukan, mulai dari menambahkan air seduhan kopi kedalam adoonan kue, hingga menaburkan bubuk kopi instan sebagai dekorasi.

BRIGHTSIDE

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments