hero

EDITOR : DIAN KENCANA DEWI

15 Mei 2018, 14:00 WIB

INDONESIA

Pada 2013 lalu, American College of Cardiology, Heart Association, dan Obesity Society meneliti 15 macam diet yang paling populer. Mereka menyatakan bahwa terdapat beberapa kesamaan dalam semua diet yang mereka analisis. Jika kamu ingin diet, sebaiknya makan banyak sayuran, hindari gula tambahan, dan kurangi konsumsi makanan olahan. Namun, ada satu hal penting yang sering dilupakan yaitu fakta kalau ada beberapa makanan yang tidak boleh dikonsumsi dalam keadaan perut kosong.

Bright Side telah mengumpulkan beberapa jenis makanan yang tidak disarankan untuk dikonsumsi saat perut kamu kosong. Yuk baca ulasannya berikut ini!

1. Pisang

Ternyata mengonsumsi pisang saat perut kamu kosong tidak baik untuk kesehatan. Pisang memang mengandung potasium, serat, dan magnesium, namun pisang juga mengandung asam dan kadar gula yang tinggi.

Pisang enggak boleh dikonsumsi saat perut kosong. (PIXABAY)

Mengonsumsi makanan yang mengandung asam saat perut sedang kosong, dapat menyebabkan masalah pada organ usus. Selain itu, kadar gula yang tinggi bisa membuat kamu mengantuk dan kehabisan energi setelah beberapa jam mengonsumsi makanan tersebut. Solusinya, kamu bisa mencampurkan pisang dengan bahan makanan lain.

2. Sayuran Hijau Mentah

Jangan makan sayur mentah di saat perut kosong. (BRIGHT SIDE)

Walaupun pada umumnya sayuran itu menyehatkan, tapi memakannya saat perut kosong dapat menyebabkan iritasi di dalam perut dan bahkan dapat menyebabkan adanya gas di dalam sistem pencernaan, kembung, dan sakit perut. Pemicunya ialah adanya kandungan serat tidak terlarut yang ada di dalam sayuran hijau. Ini harus dihindari oleh mereka yang punya masalah dengan pencernaan.

3. Tomat

Tomat bisa menyebabkan naiknya asam lambung kalau dikonsumsi saat perut kosong. (BRIGHT SIDE)

Tomat kaya akan vitamin, rendah kalori, dan bergizi. Tapi, tomat tidak boleh dikonsumsi saat perut sedang kosong karena dapat menyebabkan sakit perut. Sama seperti sayuran hijau, tomat mengandung astringen terlarut yang dapat memicu reaksi asam lambung. 

4. Buah Citrus

Hindari mengonsumsi keluarga jeruk saat perut kosong. (PIXABAY)

Memakan buah citrus seperti jeruk, lemon, limau, dan grapefruit saat perut sedang kosong harus dihindari oleh orang yang menderita diabetes atau mereka yang memiliki perut sensitif. Buah-buahan asam tinggi tersebut berinteraksi secara negatif dengan cairan pencernaan kita dan bisa menyebabkan iritasi, mulas, dan masalah lambung. 

5. Buah Pir

Serat pir yang kasar bisa merusak selaput lendir halus di perut. (PIXABAY)

Meskipun pir adalah jenis makanan ringan yang menyehatkan karena mengandung vitamin, kalium, dan rendah kalori, disarankan untuk tidak makan pir untuk sarapan. Pir mengandung serat kasar yang dapat merusak selaput lendir halus di dalam perut apabila dimakan ketika perut kosong. Hal ini berlaku terutama untuk jenis pir yang keras. Tapi, bukan artinya kamu enggak boleh makan pir sama sekali. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang makan pir cenderung susah menjadi gemuk dan memiliki diet yang lebih berkualitas.

BRIGHT SIDE | INDIA TIMES

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments