hero
(INSTAGRAM/ david_rizal) (INSTAGRAM/ idzndr) (INSTAGRAM/ lesmanpasaribu) (INSTAGRAM/ reza1602)

EDITOR : RIKHA INDRIASWARI

1 Desember 2018, 11:15 WIB

INDONESIA

Indonesia memiliki berbagai lokasi air terjun yang memukau, yang masing-masing dikenal dengan karakter dan ciri khas wilayahnya. Ini dia 5 air terjun yang patut kamu jadikan destinasi wisata alam berikutnya, karena memiliki keindahan bak kepingan surga.

 

1Air Terjun Sumber Pitu

Dalam bahasa indonesia, arti dari nama air terjun Sumber Pitu yan berada di Malang, Jawa Timur ini adalah air terjun yang memiliki tujuh sumber. Disebut seperti itu karena memang air terjun Sumber Pitu memiliki 7 air terjun lain yang saling berdekatan dan memenuhi tebing selebar kurang lebih 50 meter.

Untuk mencapai titik air terjun, pengunjung harus melalui jalur tracking menuju hutan milik perhutani tempat dimana air terjun berada. Dari ketinggian lokasi air terjun, pemandangan yang tersaji adalah para petani lokal yang berkebun memetik sayuran.

2Air Terjun Sipiso-piso

Siapa enggak kenal dengan keindahan Danau Toba yang terbentuk dari letusan dahsyat gunung berapi di Sumatera Utara. Selain pemadangan alam sekitarnya yang indah, ada juga Air Terjun Sipiso-piso yang menambah pesona di wilayah Danau Toba. Air yang terjun berasal dari ketinggian 120 meter di atas permukaan tanah ini jadi salah satu primadona wisata bagi wisatawan yang berkunjung ke Sumetera Utara. 

3Air Terjun Sirawe

Dataran Tinggi Dieng di Banjarnegara, Jawa Tengah memiliki banyak objek wisata yang belum terekspos. Salah satunya adalah Air Terjun Sirawe. Yang menarik, Air Terjun Sirawe ini merupakan gabungan dari air panas dari proses geotermal pegunungan Dieng dan air dingin dari sungai biasa. Serta tiga air terjun yang berjejer di ketinggian 60 meter.

Selain itu, air terjun ini juga masih dikelilingi dengan hutan heterogen yang khas. Lengkap dengan pohon-pohon besar, rimbunan ilalang, dan sulur pohon rotan yang akan memanjakan mata wisatawan. 

4Air Terjun Salodik

Air terjun ini berada di ujung Kota Luwuk, Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah. Terkenal dengan undakan air terjunnya yang terdapat pada beberapa titik bebatuan alam datar.

Untuk mencapai Air Tejun Salodik, dibutuhkan waktu perjalanan dengan mobil selama 1 jam dari pusat Kota Luwuk. Jalan yang harus dilalui pun cukup berkelok tajam, namun dihiasi pemandangan hijau hutan tropis di sepanjangnya yang menyegarkan mata.

5Air Terjun Tanggedu

Air terjun ini memiliki julukan Grand Canyon-nya Sumba Timur atau Twin Canyon. Karena tebing-tebing batu dan aliran airnya yang begitu memukau.

Aliran air sungainya berwarna biru kehijauan, diapit oleh tebing-tebing dengan relief bebatuan yang sangat indah dan Instagrammable banget. Air Terjun Tanggedu ini terletak di Desa Tanggedu, Kecamatan Haharu, yang berjarak 45 km dari pusat kota Wangaipu, Sumba Timur.

 

NET.CJ ABDUL AZIZ ISWAHYUDI| AHMAD RIDWAN NASUTION| DWIANA JATI SETIAJI

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments