hero

EDITOR : DIAN KENCANA DEWI

20 April 2018, 08:45 WIB

KOREA SELATAN

Setiap negara punya mitos yang dipercaya bisa membawa keuntungan maupun kesialan. Indonesia punya banyak banget mitos! Mulai dari soal angka 13 yang identik dengan kesialan, duduk di atas meja akan membuat kamu banyak utang hingga susah jodoh kalau kamu duduk di depan pintu.

Nah, di Korea Selatan, mitos-mitos juga bertebaran, bahkan beberapa diantaranya terkesan aneh. Dari sekian banyak mitos, ada 10 yang paling unik. Ini dia daftarnya.

 

1. Makan Makanan Licin Sebelum Ujian

RM makan Jjajjangmyeon. (DISPACTH)"

Makanan licin seperti sup rumput laut atau mi perlu dihindari saat kamu akan ujian. Karena menurut kepercayaan orang Korea, kalau kamu makan makanan licin begitu ilmu kamu akan hilang/tergelincir dari otak kamu. Bahkan ketika akan ujian kamu disarankan memakan makanan yang lengket seperti nasi yang lengket.

2. Memotong Kuku di Malam Hari

Ilistrasi potong kuku. (AMAZON)

Di Korea Selatan kamu dilarang keras memotong kuku di malam hari. Alasannya bukan karena gelap atau khawatir salah potong. Tapi kalau kamu memotong kuku malam hari, dikhawatirkan potongan kuku itu dimakan tikus. Kalau hal itu terjadi tikus itu akan menjelma jadi kamu atau akan mengambil jiwa kamu. Serem juga ya!

 

3.Bersiul

Dilarang bersiul malam hari. 

Jangan bersiul malam-malam! Siulan dipercaya bisa mengundang ular atau hantu. Orang Korea, terutama para orangtua, pada dasarnya tidak suka suara orang bersiul dan suara goresan kuku pada papan tulis.

4. Mitos Angka 4

Angka 4 dipercaya membawa sial. 

Seperti kepercayaan orang Indonesia bahwa angka 13 merupakan angka sial. Di Korea, angka 4 adalah angka sial. Pengucapan angka 4 dalam bahasa Korea hampir sama dengan kata “kematian”. Makanya banyak gedung di Korea Selatan enggak punya lantai 4. Bahkan beberapa gedung mengganti angka empat menjadi huruf “F”. Bukan cuma lantai, angka 4 sering kali dihindari dalam kegiatan sehari-hari. Kamu juga enggak boleh mengetuk pintu orang sebanyak empat kali loh!

5. Pindahan

Ilustrasi pindahan.

Banyak orang Korea percaya kalau pindah rumah atau apartemen harus dilakukan di hari tertentu dalam satu bulan. Perusahaan besar juga mempercayai hal ini loh! Bahkan penyedia jasa pindahan sampai membuat postingan hari baik dan hari buruk untuk pindahan di website mereka. Mitos ini muncul karena kepercayaan bahwa ada roh jahat atau ‘tamu tak diundang’ yang mungkin mengikuti kamu saat pindahan di hari tertentu. Untungnya  banyak jasa pindahan yang membantu kamu untuk menentukan hari pindahan.

Orang Korea juga percaya kalau turun hujan saat kamu pindahan, berarti kamu bisa mendapat berkah. Bahkan bisa jadi kaya.

6. Berikan Sepatu Sebagai Hadiah

Jangan hadiahkan sepatu untuk pasangan. 

Kalau kamu punya pacar atau teman orang Korea jangan sekali-kali memberikan sepatu sebagai hadiah. Warga Korea percaya kalau kamu memberikan sepatu pada orang yang kamu sayang, orang itu akan menjauh dari kamu. Jika kamu menerima sepatu sebagai hadiah, lebih baik kamu memberikan sedikit uang. Jadi secara teknis itu bukan hadiah.

 

7. Kipas Angin Membawa Kematian

Jangan pasang kipas angin semalaman.

Menyalakan kipas angin semalaman saat kamu tidur adalah hal paling dilarang di Korea Selatan. Masyarakat Korea percaya kipas angin yang menyala semalaman saat kamu tidur bisa membunuhmu. Makanya kebanyakan kipas angin di Korea pasti punya timer, sehingga mereka enggak khawatir jika kipas anginnya akan menyala semalaman.

8. Menggoyangkan Kaki Saat Duduk

Jaga gerakan kaki saat duduk ya. 

Kamu punya kebiasaan menggoyangkan atau menggerakan kaki saat duduk? Sebaiknya kamu mengurangi kebiasaan ini ketika berkunjung ke Korea Selatan. Orang Korea percaya kalau kamu menggoyangkan kaki ketika duduk berarti kamu menjauhkan keberuntunganmu dan mengundang kesialan. Jadi sebaiknya kamu hindari ya.

 

9. Melompat di Dekat Bayi/Balita

Mau peluk balita di Korsel, harus ingat mitos ini, ya.

Gemas melihat bayi atau balita? Saking gemasnya kamu ingin melompat dan memeluk balita tersebut? Jangan sekali-kali melakukan hal ini di depan orang Korea ya. Selain alasan keamanan, mereka percaya jika kamu melompat dan mengagetkannya bisa menghalangi pertumbuhan bayi tersebut.

10. Makan Sayap Ayam

Jangan biarkan pasangan makan sayap ayam.

Enggak cuma perilaku, orang Korea juga percaya dengan mitos soal makanan yang enggak masuk akal ini. Seorang perempuan tidak boleh membiarkan pacar atau suaminya makan sayap ayam. Karena kalau sampai si doi makan sayap ayam, dia bisa ‘terbang’ pergi meninggalkanmu.

KOREABOO | DRAMA FEVER

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments