hero
(DAVID WOLFE)

EDITOR : RIKHA INDRIASWARI

20 April 2018, 07:50 WIB

JAKARTA, INDONESIA

Mau tubuh bugar dan seksi? Siapa sih yang enggak mau punya bikini-body. Masalahnya, effort-nya itu lho yang bikin tekad jadi surut duluan. Membayangkan harus pergi ke gym, seringnya orang enggak punya cukup waktu.

Nah, tenang aja, ada kok solusi untuk masalah ini. Bukan enggak mungkin kamu berolahraga dengan rutin demi bentuk badan impain hanya dengan melakukannya sambil duduk di kursi. Yup, simak beberapa gerakannya berikut ini.

1Pemanasan

Gerakan pemanasan. (BRIGHTSIDE)

Meski cuma olahraga singkat, pemanasan tetap penting. Pertama, duduk di ujung kursi dengan kedua tangan di atas lutut.

Perlahan, sandarkan punggung ke belakang sambil menahan kontraksi di area otot perut. Pastikan posisi punggung tetap lurus dan jangan bertumpu padanya. Ulangi gerakan 10-12 kali.

2Putaran sumbu tubuh

Gerakan putaran sumbu tubuh. (BRIGHTSIDE)

Latihan yang satu ini melibatkan otot pada sumbu tengah tubuhmu. Masih dengan posisi awal yang sama, sekarang letakan kedua lengan di belakang kepala.

Putar tubuhmu ke kanan, tapi pertahankan posisi pinggang dan kaki lurus ke depan. Tahan selama 3 detik, lalu ganti putar ke kiri. Lakukan 10 kali untuk masing-masing sisi.

3Bungkung ke depan

Gerakan bungkung ke depan. (BRIGHTSIDE)

Gerakan ini bagus untuk melatih otot perut. Letakkan kedua lengan di belakang kepala, pastikan jari-jari kedua tangan saling terkait. Perlahan bungkukkan badan ke depan dengan posisi bahu tetap lurus, ulangi sebanyak 15 kali.

4Tarik lutut ke dada

Tarik lutut ke dada. (BRIGHTSIDE)

Ambil posisi duduk senyaman mungkin, lalu tekuk dan angkat satu kaki ke arah dada. Pegang lutut dengan kedua tanganmu dan tahan posisi ini selama 3 detik. Ulangi gerakan ini 15 kali untuk setiap kaki untuk melatih otot perut dan pinggang sekaligus.

5Tekuk dan luruskan kaki

Tekuk dan luruskan kaki. (BRIGHTSIDE)

Buat bentuk perut ‘roti sobek’, latihan pada area kaki itu penting. Pastikan kursimu cukup kuat dan seimbang sebelum memulai gerakan ini. Pertama, bersandarlah pada kursi, lalu rapatkan kedua kaki.

 Perlahan angkat lutut mendekati dada dan tahan selama 3 detik. Lalu, luruskan kembali kaki ke depan, dan tahan selama 3 detik. Lakukan gerakan serupa berulang sebanyak 10 kali.

6Tekuk dan putar lutut

Gerakan tekuk dan putar lutut. (BRIGHTSIDE)

Gerakan ini juga salah satu yang paling efektif buat bentuk perut. Dengan posisi awal duduk tegak, angkat kedua lutut dengan rapat ke arah dada. Mulailah memutar kedua kaki ke kanan dan ke kiri secara bergantian. Lakukan gerakan ini 10 kali untuk masing-masing sisi.

7Gerakan gunting

Gerakan gunting. (BRIGHTSIDE)

Bersandarlah dan berpeganganlah pada kursi dengan kedua tanganmu. Angkat kedua kaki dan mulailah membuka ke arah luar secara bergantian, sehingga menyilang antara satu sama lain. Gerakan kakimu akan tampak persis seperti menggunting.

8Lakukan gerakan ini selama 1 menit

Lakukan gerakan ini selama 1 menit secara rutin untuk mendapatkan bentuk tubuh idaman. (BRIGHTSIDE)

Supaya olahraga sederhana ini efektif dan memberi dampak maksimal, jangan lupa untuk tetap mengatur pola makan. Konsumsilah kalori harian secukupnya, yaitu sekitar 2.000 kalori untuk kamu cewek-cewek berusia di kisaran 25 tahun.

Bisa juga perbanyak mengasup makanan yang kaya akan omega-9. Seperti alpukat dan olive oil yang bermanfaat membuat kamu merasa kenyang lebih lama. Selamat mencoba!

 

BRIGHTSIDE| WIKIHOW| NCBI

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments