hero
(BRIGHTSIDE)

EDITOR : RIKHA INDRIASWARI

19 April 2018, 07:50 WIB

JAKARTA, INDONESIA

Dalam hal berolahraga, ada begitu banyak mitos tentang hal yang boleh dan enggak boleh dilakukan. Terkadang, kamu mungkin dibuat bingung, saran mana yang harus diikuti dan mana yang sebaiknya diabaikan. Seringkali, saran yang kamu dengar dari satu orang bisa jadi  bertentangan dengan saran dari orang lainnya. Enggak mau dong terjebak dalam mitos yang berujung membahayakan kondisi tubuhmu sendiri? Berikut beberapa mitos soal fitness yang mungkin kerap kamu dengar. Beserta fakta sebenarnya untuk diketahui, seperti dilansir Brightside berikut ini.

1Latihan terbaik untuk otak adalah permainan dan teka-teki silang

Latihan terbaik untuk otak adalah permainan dan teka-teki silang, mitos atau fakta? (BRIGHTSIDE)

Teka-teki silang, puzzle, dan permainan otak lainnya bukan satu-satunya cara untuk mengembangkan otak. Enggak hanya untuk tubuh, latihan fisik juga berguna untuk otak.

Latihan fisik membuat aliran darah lebih cepat dan ini lebih baik daripada menghabiskan waktu untuk memecahkan teka-teki. Olahraga terbukti meningkatkan suasana hati, fungsi memori, dan melindungi dari potensi demensia secara signifikan.

2Tubuh tetap bugar meski enggak olahraga beberapa minggu

 

Sayang

Tubuh tetap bugar meski enggak olahraga beberapa minggu, mitos atau fakta? (BRIGHTSIDE)

nya, ini hanyalah sebuah mitos belaka. Yang terjadi adalah kamu akan kehilangan otot kalau melewatkan olahraga selama berminggu-minggu. Jadi, kalaupun kamu sudah mencapai hasil yang diperjuangkan, kamu tidak boleh berhenti berolahraga begitu saja.

3Lari jarak jauh yang paling efektif

Lari jarak jauh yang paling efektif, mitos atau fakta? (BRIGHTSIDE)

Ini enggak benar. Orang-orang yang lebih suka berlari jarak pendek memiliki kondisi jantung yang sama saja dengan mereka yang berlari maraton. Selain itu, latihan ringan seperti jogging atau bahkan berjalan juga lebih baik untuk tubuh. Tenang saja, jantung dan sistem vaskular dapat menyesuaikan dengan apapun pilihan latihan kamu.

4Minuman energi adalah pilihan hidrasi terbaik selama berolahraga

Minuman energi adalah pilihan hidrasi terbaik selama berolahraga, mitos atau fakta? (BRIGHTSIDE)

Minuman energi sejatinya enggak lebih dari campuran gula dan air. Sebagai gantinya, para ahli justru merekomendasikan minum air murni untuk memulihkan energi, disertai dengan makanan penuh protein setelah berolahraga.

5Berlari di treadmill lebih baik daripada di taman

Berlari di treadmill lebih baik daripada di taman, mitos atau fakta? (BRIGHTSIDE)

Jika dibandingkan, berlari di tengah udara segar dan di atas treadmill tidaklah sama. Bahkan, jika kamu menempuh jarak yang sama sekali pun. Berlari melawan angin membuat kerja otot lebih keras dan membakar 10% lebih banyak kalori daripada berlari di atas treadmill.

6Olahraga membuat kamu lebih ingin makan

Olahraga membuat kamu lebih ingin makan, mitos atau fakta? (BRIGHTSIDE)

Jika kamu merasa benar-benar lapar setelah berolahraga, itu berarti ada yang salah. Sebab, latihan fisik seharusnya bisa menekan rasa lapar. Dampak olahraga berpengaruh pada tingkat hormonal, seperti produksi ghrelin atau hormon kelaparan yang melambat.

7Protein bar adalah substitusi yang bagus untuk oatmeal

Protein bar adalah substitusi yang bagus untuk oatmeal, mitos atau fakta? (BRIGHTSIDE)

Protein bar adalah makanan olahan yang membutuhkan lebih sedikit kalori untuk dicerna, jadi sebenarnya makanan ini kurang bermanfaat. Bar hanya bisa menjadi camilan tetapi bukan substitusi untuk oatmeal atau sereal lainnya.

8Hanya produk susu yang mengandung kalsium

Hanya produk susu yang mengandung kalsium, mitos atau fakta? (BRIGHTSIDE)

Mitos bahwa produk susu memiliki banyak kalsium itu bisa dibilang sangat ketinggalan zaman. Masih ada makanan lain yang mengandung kalsium. Brokoli, biji wijen, dan bayam adalah substitusi yang bagus untuk produk susu yang belum tentu selalu sehat seperti yang selama ini banyak orang yakini.

9Yoga dapat menyembuhkan sakit punggung

Yoga dapat menyembuhkan sakit punggung, mitos atau fakta? (BRIGHTSIDE)

Yoga enggak dapat menyembuhkan sakit punggung. Jika rasa sakit itu disebabkan oleh masalah otot, peregangan dan beberapa pose bisa sangat berguna karena mereka akan membuat otot lebih kuat dan meredakan rasa nyeri.

Tetapi, jika kamu memiliki masalah yang lebih serius, seperti hernia atau tonjolan, maka yoga justru bisa jadi lebih berbahaya. Dalam hal apapun, sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter sebelum kamu mulai melakukan yoga dalam keadaan sakit punggung.

10Berlari dapat merusak lutut dan pergelangan kaki

Berlari dapat merusak lutut dan pergelangan kaki, mitos atau fakta? (BRIGHTSIDE)

Enggak ada bukti yang dapat mendukung mitos satu ini. Menurut penelitian terbaru, berlari enggak membahayakan kaki. Justru, olahraga lari dapat benar-benar membuat kaki lebih kuat dan enggak rentan terhadap cedera.

11Waktu olahraga terbaik adalah pagi hari

Waktu olahraga terbaik adalah pagi hari, mitos atau fakta? (BRIGHTSIDE)

Pernyataan ini bisa dipastikan enggak benar. Jam terbaik untuk berolahraga adalah saat kamu merasa siap untuk berolahraga. Enggak masalah jika kamu lebih suka berolahraga di gym pada sore hari atau jika kamu lebih suka berlari sebelum berangkat bekerja di pagi hari. Yang penting adalah konsistensi. Studi menunjukkan bahwa enggak ada perbedaan nyata antara olahraga pagi dan sore.

 

BRIGHTSIDE| NCBI| HEALTH.HARVARD

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments